Sukses

3 Cara Menentukan Pilihan Jodoh Menurut Ustaz Hanan Attaki, Cekidot!

Dalam memilih pasangan atau jodoh, tentu kita sudah memiliki gambaran akan memilih tipe seperti apa nantinya, baik itu karakter, kepribadian, keimanan, penampilan fisik, ataupun kategori lainnya.

Liputan6.com, Kulonprogo - Setiap apa yang diciptakan oleh Allah SWT itu selalu berpasang-pasangan, seperti kanan dan kiri, atas dan bawah, maju dan mundur. Sama halnya dengan manusia, manusia sejatinya diciptakan oleh Allah SWT secara berpasang-pasangan. Hanya saja, pasangan atau jodoh itu adalah sebuah rahasia dan hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya.

Memang benar, Allah SWT menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Namun, bukan berarti kita terus pasrah dan tidak berusaha untuk menjemputnya. Karena sudah sewajarnya manusia turut berusaha mencari untuk menemukannya.

Dalam memilih pasangan atau jodoh, tentu kita sudah memiliki gambaran akan memilih tipe seperti apa nantinya, baik itu karakter, kepribadian, keimanan, penampilan fisik, ataupun kategori lainnya. Akan tetapi, terkadang apa yang kita impikan dan apa yang telah Allah SWT tetapkan tidaklah sama.

Beruntung apabila jodoh yang kita temui sesuai dengan keinginan kita, tapi bukan berarti apabila tidak sesuai dengan apa yang diinginkan lalu kita menolaknya begitu saja, karena Allah SWT memberikan jodoh sesuai dengan kebutuhan sebagai pasangan untuk saling melengkapi, bukan hanya memenuhi keinginan hamba-Nya.

فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Artinya: “…mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (Q.S An-Nisa: 19).

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S Al-Baqarah: 216)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menentukan Pilihan Jodoh

Bisa jadi pasangan yang kita temui kelak tidak sesuai dengan tipe atau keinginan kita, tapi sebisa mungkin kita juga harus ingat bahwa apa yang kita inginkan belum tentu itu baik untuk kita, dan apa yang terlihat tidak sesuai keinginan boleh jadi itu adalah yang terbaik.

Dalam sebuah tausyiah yang disampaikan oleh Ustaz Hanan Attaki dalam kanal YouTube-nya, ada tiga tips atau cara untuk membantu menentukan pilihan dalam memilih jodoh.

Pertama adalah dengan cara beristikharah kepada Allah SWT, meminta petunjuk agar mendapatkan pasangan yang baik dan bisa saling melengkapi dalam hal kebaikan. Kedua, meminta nasihat kepada ulama atau ustaz (istifta’). Dan yang ketiga adalah meminta nasihat kepada orang yang lebih bijak dari kita (istisyarah).

Untuk menentukan pasangan, meminta petunjuk kepada Allah SWT dan melibatkan orang yang bijak di dalamnya merupakan sebuah langkah yang harus diambil dan dilakukan. Karena dengan melibatkan Allah SWT, apa yang kita lakukan semoga selalu dalam mendapat ridho-Nya. Allahu A’lam

Penulis: Hamzah Setia Al Muhandisyi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.