Sukses

6 Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW, Mudah Semua Gaes!

Liputan6.com, Bogor - Memiliki tubuh yang sehat adalah harapan semua orang. Tubuh yang sehat dapat membuat seseorang bisa menjalani aktivitas dengan jiwa yang baik dan pikiran seimbang.

Sehat itu adalah nikmat yang Allah SWT anugerahkan kepada setiap hamba-Nya. Tentu kenikmatan ini wajib kita syukuri, jangan sampai setelah sakit baru sadar kenikmatan hidup sehat.

Rasulullah SAW sebagai sosok teladan umat manusia telah mengajarkan tentang cara hidup sehat. Tips hidup sehat ala Rasulullah SAW ini memang sederhana, tapi manfaatnya luar biasa.

Berikut beberapa tips hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Makan Secukupnya

Rasulullah SAW menganjurkan makan secukupnya, tidak berlebihan. Makan yang berlebihan khawatirnya bisa menimbulkan kerugian, seperti makan tidak habis karena kekenyangan hingga mual.

Dari Aisyah RA, “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Tips sehat ala Rasulullah SAW berikutnya adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal ini berdasarkan hadis berikut.

Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.”(HR Bukhari Musim). 

Menurut Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, hadis tersebut dhaif, namun maknanya benar.

3 dari 5 halaman

3. Makan Makanan Halal

Rasulullah SAW melarang makan makanan haram, yang boleh adalah makan makanan halal. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah meminta Sa’ad bin Abi Waqash memperbaiki makanannya. Kala itu Sa’ad bin Abi Waqash meminta Rasulullah SAW mendoakan dirinya agar menjadi orang yang dikabulkan doanya.

"Wahai Sa'ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amal-amalnya selama 40 hari, dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba maka neraka lebih layak baginya." (HR At-Thabrani).

Larangan makan makanan haram juga sudah jelas dalam surah Al-Maidah ayat 3. Ayat Al-Qur’an terkait dapat dilihat di siniDalam ayat tersebut disebutkan beberapa makanan yang diharamkan.

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala...

4 dari 5 halaman

4. Tidak Minum Khamar

Tips hidup sehat ala Rasulullah SAW berikutnya adalah tidak minum khamar. Larangan minum khamar sudah jelas ditegaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 90-91. Ayat Al-Qur’an terkait dapat dilihat di sini.

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.”

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti?”

5 dari 5 halaman

5. Puasa

Rasulullah SAW sering menjalankan ibadah puasa. Sampai saat ini puasa-puasa sunah Rasulullah SAW sering diamalkan oleh umat Islam, seperti puasa yaumul bidh, Senin-Kamis, dan lainnya.

Banyak manfaat yang diperoleh orang puasa, baik dari segi agama maupun kesehatan. Sebuah hadis menyatakan bahwa dengan berpuasa hidup akan sehat.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, 'Berpuasalah niscaya kalian akan sehat'.” (Hadis diriwayatkan Ath Thabrani dalam Mu’jam al Awsath)

6. Rutin Olahraga

Rasulullah SAW juga sering melakukan olahraga. Ada tiga jenis olahraga favorit Rasulullah SAW, antara lain berenang, memanah, dan berkuda. Seperti diketahui bahwa olahraga termasuk cara agar hidup sehat dan kuat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS