Sukses

Surat Yusuf Dibaca saat Ibu Hamil Membuat Bayi Terlahir Tampan, Benarkah?

Selamatan ibu hamil diisi dengan pembacaan surat-surat Al-Qur'an. Dan surat yang menjadi favorit lazimnya adalah Surat Yusuf dan Surat Maryam

Liputan6.com, Jakarta - Anak yang tampan dan cantik tentu menjadi dambaan orangtua, terlebih ibu hamil. Begitu pula dengan pasangan baru menikah, yang tentu menginginkan anak yang lahir kelak rupawan, baik jasmani maupun rokhaninya.

Di berbagai daerah, kehamilan ibu disambut dengan berbagai tradisi selamatan. Salah satunya yakni ketika kehamilan menginjak bulan keempat. Di wilayah Jawa, momen itu disebut sebagai ngupati atau ngapati.

Biasanya, selamatan diisi dengan pembacaan surat-surat Al-Qur'an. Dan surat yang menjadi favorit lazimnya adalah Surat Yusuf dan Surat Maryam.

Surat Yusuf dipercaya akan membuat anak terlahir tampan jika laki-laki. Begitu pula, Surat Maryam akan membuat bayi perempuan terlahir cantik.

Lantas, benarkah pembacaan surat ini membuat anak menjadi tampan dan cantik?

Mengutip berbagai sumber, ulama menganjurkan untuk amalan doa saat ibu hamil. Tentu tujuannya agar bayi yang terlahir kelak saleh atau salihah.

Saat hamil, wanita dan suaminya disarankan banyak berdoa dan berdzikir untuk menjaga diri selain salat lima waktu. Nash-nash Al-Qur'an dan hadis banyak menjelaskan tentang keutamaan doa dan dzikir ini.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun."

Artinya: "Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faedah Doa Ketika Ibu Hamil

Dalam buku Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui ada sebuah hadis yang menyebutkan,

"Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk 'alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah," (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Lalu, apakah membaca Surat Yusuf selama kehamilan bisa menjamin keturunan kita menjadi tampan? Ternyata dalam penjelasan dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil, ternyata keyakinan terhadap khasiat dari dua doa itu tidaklah benar.

"Karena tidak ada dalil yang menganjurkan bagi Bunda hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik," tulis Ana Syafaratin, dikutip dari Haibunda.com.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tegasnya.

Membaca bacaan Al-Qur'an di sepanjang kehamilan memang hal yang bagus. Harapannya, hal itu bisa membekali si kecil dengan doa-doa terbaik dari Al-Qur'an sejak dirinya masih dalam kandungan.

Namun, sebaiknya jangan meyakini bahwa doa-doa ini menjadi jaminan bahwa putra-putri yang sedang dikandung akan memiliki wajah yang tampan seperti Nabi Yusuf. Lebih baik berdoa agar anak yang terlahir kelak, sehat jasmani dan rokhaninya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.