Sukses

Lampu Indikator Mobil Menyala saat Ngabuburit, Pahami Artinya

Ketika Anda sedang ngabuburit menggunakan kendaraan bermotor, lalu lampu indikator pada instrumen panel menyala, maka Anda sebaiknya waspada. Lampu indikator ini berfungsi untuk memberikan peringatan jika ada komponen yang bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda sedang ngabuburit menggunakan kendaraan bermotor, lalu lampu indikator pada instrumen panel menyala, maka Anda sebaiknya waspada. Lampu indikator ini berfungsi untuk memberikan peringatan jika ada komponen yang bermasalah.

Oleh karenanya, setiap pengendara diwajibkan untuk memahami beberapa tanda lampu indikator tersebut. Dikutip dari laman resmi Nissan Indonesia, berikut beberapa indikator yang harus Otolovers pahami.

1. Tanda Seru (Peringatan Rem)

Di dalam indikator rem ini dilambangkan dengan lingkaran berwarna merah dan tanda seru di bagian tengahnya. Indikator ini mengisyaratkan bahwa ada permasalahan di bagian rem Otolovers.

Disarankan untuk Otolovers agar mengetes dengan cara menjalankan mobil dengan sedikit di rem perlahan, jika mengalami masalah segera bawa pada bengkel terdekat.

2. Mesin Berwarna Kuning (Mesin)

Tentunya indikator ini sudah tidak asing bagi kalian yang telah sering mengendarai mobil. Pasalnya jika indikator ini menyala terdapat gangguan di bagian mesin.

3. Cawan Menyala (Ganti Oli)

Saat mobil meminta untuk ganti oli, biasanya indikator dengan lambang cawan meneteskan oli akan menyala.

Saat indikator ini menyala dalam perjalanan, disarankan untuk mencari bengkel dan mengganti oli, karena jika terus dipaksakan akan mengakibatkan kerusakan pada mesin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Sistem Pendingin Mobil

Bila indikator yang ini menyala, berarti mobil mengisyaratkan kondisi mesin yang overheat. Hal yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi air radiator, apabila telah habis sebaiknya secepatnya untuk mengisi dengan air yang berkualitas.

Perlu diperhatikan, jangan membuka air radiator dalam kondisi mesin panas, karena bisa saja Otolovers tersembur air panas dalam radiator.

5. Kegagalan Listrik

Jika suatu mobil mengalami kegagalan listrik maka akan ditandai dengan indikator baterai. Saat indikator ini terus menyala, sebaiknya Otolovers disarankan untuk mengecek sabuk alternatornya.

Namun, jika masih tetap menyala, sebaiknya mobil segera dibawa menuju bengkel terdekat.

Demikian, beberapa indikator dalam mobil yang dapat Otolovers ketahui lebih dalam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semuanya.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.