Sukses

Niat dan Doa Sedekah di Bulan Ramadhan, Ketahui Keistimewaannya

Sedekah membuat orang lebih bersyukur.

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan merupakan bulan untuk berlomba-lomba mencari kebaikan. Salah satu amalan yang bisa dilakukan di bulan suci ini adalah bersedekah. Amalan ini bahkan menjadi salah satu yang disunahkan Rasulullah SAW.

Melalui sedekah di bulan Ramadhan, umat Islam bisa merasakan bahwa tidak semua orang mendapat kemudahan seperti yang ia miliki. Sedekah membuat orang lebih dapat bersyukur atas apa yang telah dimilikinya.

Ketika bersedekah, ada niat dan doa yang bisa dipanjatkan. Doa dan niat ini akan menambah keberkahan bersedekah di bulan Ramadhan. Berikut doa dan niat bersedekah di bulan Ramadhan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(5/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Anjuran sedekah di bulan Ramadhan

Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Rasulullah bahkan pernah mengatakan bahwa waktu terbaik untuk bersedekah adalah di bulan Ramadhan. Anjuran untuk bersedekah di bulan Ramadhan tertuang dalam hadis yang berbunyi:

Dalam shahihain, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar bersedekah. Semangat beliau dalam bersedekah lebih membara lagi ketika bulan Ramadhan tatkala itu Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau setiap malamnya di bulan Ramadhan. Jibril mengajarkan Al Qur’an kala itu. Dan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang paling semangat dalam melakukan kebaikan bagai angin yang bertiup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3 dari 7 halaman

Niat sedekah

Sebelum memberi sedekah, alangkah baiknya melakukan niat terlebih dahulu. Niat menjadi awal dari segala macam bentuk ibadah. Berikut niat sebelum bersedekah:

Nawaitut taqoruba ilallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya:

" Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturrahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

4 dari 7 halaman

Doa setelah bersedekah

Ketika selesai bersedekah, tak perlu diingat-ingat lagi. Lebih bauk membaca doa agar sedekah bisa diterima Allah SWT. Berikut doa setelah bersedekah:

Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, terimalah dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

5 dari 7 halaman

Doa saat bersedekah di jalan

Tidak jarang ketika sedang dalam perjalanan, keinginan bersedekah muncul. Tanpa pikir panjang, sebagian harta akan dikeluarkan untuk bersedekah. Nah, ketika bersedekah di tengah perjalanan, iringi dengan doa ini. Semata agar sedekah semakin berkah. Berikut doanya:

Isytaraitu salamati wa salamata man ma'iya wa ma ma'iya wa mukhollifi bi hadza minallahi 'azza wa jalla.

Artinya:

" Aku membeli keselamatanku dan keselamatan orang yang bersamaku dan barang yang ada bersamaku serta orang-orang yang aku tinggalkan dengan sedekah ini dari Allah."

6 dari 7 halaman

Doa saat tidak bisa bersedekah di bulan Ramadhan

Di kondisi tertentu, seseorang mungkin tidak dapat bersedekah. Ini bisa karena kondisi ekonomi, masalah kesehatan, dan kesulitan lainnya. Pada saat seperti ini, cara untuk tetap mendekatkan diri pada Allah adalah melalui panjatan doa. Doa ini bisa menjadi pengganti sedekah. Berikut doa saat tidak bisa bersedekah di bulan Ramadhan:

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati.

Artinya:

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

7 dari 7 halaman

Bentuk sedekah

Sedekah tidak hanya berupa uang atau makanan. Sedekah bisa berupa hal-hal kecil yang bisa membantu sesama manusia atau makhluk hidup lainnya. Berikut bentuk-bentuk sedekah:

Senyuman

Sedekah juga bisa dilakukan dengan sangat sederhana yakni dengan memberikan senyuman kepada sesama manusia. Memberikan senyum kepada sesama dapat mempererat tali silaturahmi antar saudara, sanak, kerabat dan juga orang baru.

Memberikan Salam

Salam juga bagian dari sedekah. Ini karena salam merupakan suatu doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT setiap bertemu dengan orang lain.

Membangun Masjid

Mendirikan masjid atau memberikan sebagian tanah yang dimiliki untuk diwakafkan menjadi masjid merupakan salah satu jenis sedekah. Sedekah ini akan menjadi pahala yang mengalir selama masjid yang telah dibangun aktif digunakan untuk beribadah.

Menyingkirkan Hal-hal yang Mengganggu di Jalan

Sedekah juga bisa berbentuk perbuatan seperti menyingkirkan hal-hal yang menggangu di jalanan. Bisa dengan menyingkirkan batu di jalan, memotong ranting pohon, dan lain sebagainya. Selain itu, seseorang juga dapat menolong orang lain agar terhindar dari berbagai hal buruk yang akan menimpanya.

Berbagi Ilmu

Mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada orang lain juga menjadi salah satu jenis sedekah yang dapat dilakukan secara sederhana. Hal ini disebabkan, dengan berbagi ilmu kepada sesama akan membuat orang tersebut membagikan ilmu mereka juga kepada setiap orang.

Memberikan Makanan dan Minuman

Bentuk sedekah selanjutnya adalah membagikan makanan dan minuman kepada setiap orang yang membutuhkan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Muslim yang berbunyi.

"Sebaik-baiknya sedekah adalah memberi air minum." (HR. Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.