Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 15 Mei 2020 dan Olahraga Ringan untuk Ngabuburit

Jangan lewatkan jadwal berbuka hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Jumat 15 Mei 2020 banyak dicari agar umat muslim yang menjalankan puasa Ramadan lebih tepat. Jadwal buka puasa juga digunakan sebagai patokan untuk waktu berbuka yang jatuh pada waktu salat Maghrib.

Jadwal buka puasa hari ini Jumat 15 Mei 2020 berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Oleh sebab itu orang harus mencari jadwal buka puasa hari ini Jumat 15 Mei 2020 sesuai dengan daerah tempat tinggalnya. Puasa Ramadan juga merupakan satu dari lima rukun Islam.

Puasa memiliki manfaat tak terhingga bagi umat Islam yang menjalaninya. Di bulan Ramadan, banyak orang yang mengurangi kegiatan fisik seperti olahraga. Padahal olahraga saat puasa juga bisa dilakukan pada waktu tertentu dengan pilihan latihan fisik yang tepat.

Olahraga ringan selama puasa ini bisa dilakukan pada sore hari sambil ngabuburit. Berikut olahraga ringan selama puasa dan jadwal buka puasa hari ini Jumat 15 Mei 2020, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 15 Mei 2020 di Beberapa Kota Besar

Berikut Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 15 Mei 2020 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.31 WIB

Banda Aceh: 18.50 WIB

Medan: 18.33 WIB

Padang: 18.20 WIB

Pekanbaru: 18.18 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Semarang: 17.32 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Banjarmasin: 18.20 WITA

Denpasar: 18.10 WITA

Makassar: 17.58 WITA

Palu: 18.02 WITA

Mataram: 18.07 WITA

Kupang: 17.35 WIT

Ambon: 18.25 WIT

Sorong: 18.17 WIT

Jayapura: 17.37 WIT

3 dari 5 halaman

Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa

Jogging

Jogging adalah pilihan olahraga sore menjelang berbuka yang dapat Anda pilih. Anda bisa melakukan jogging di taman kota atau kompleks perumahan dengan 1 atau 2 putaran. Anda juga bisa sekalian ngabuburit menunggu buka puasa tiba. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit pada sore hari. Hindari Jogging berlebihan yang membuat Anda dehidrasi. Lakukan jogging dengan intensitas santai dan ringan, atur ritme lari yang ringan dan santai.

Jalan cepat

Selain jogging, jalan cepat adalah alternatif tepat yang dapat dilakukan menjelang berbuka. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Selain itu jalan cepat juga lebih sedikit memakan energi tubuh, jadi Anda tak mudah merasa lelah.

Bersepeda

Olahraga yang dapat dilakukan untuk sekalian ngabuburit adalah bersepeda. Olahraga sederhana satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama 45 menit juga dapatmembakar kalori yang dapat menurunkan berat badan,lho. Anda dapat bersepeda di sore hari dengan santai sambil menunggu waktu berbuka.

4 dari 5 halaman

Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa

Yoga

Ketika puasa mungkin Anda akan merasa malas untuk berolahraga. Tapi Anda bisa mencoba yoga, olahraga santai dan tidak memerlukan banyak energi untuk melakukannya sehingga cocok dilakukan saat puasa Ramadan.

Selain itu Anda tak perlu keluar rumah untuk melakukan yoga. Anda bisa beryoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Persiapkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Renang

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Aktivitas fisik ini membakar kalori cukup besar tanpa rasa berkeringat yang membuat Anda tidak nyaman selama puasa. Namun ingat, jangan menelan air saat berenang agar puasa tidak batal.

Taici

Jenis olahraga ini juga dapat menjadi pilihan selama berpuasa. Taici merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

5 dari 5 halaman

Manfaat olahraga selama puasa

Tubuh Lebih Kuat

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa otot dan sistem tubuh lebih kuat pada sore hari dibandingkan dengan pagi hari, itulah sebabnya berolahraga di sore hari dapat meningkatkan metabolisme dan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat daripada berolahraga di pagi hari.

Semua fungsi tubuh telah berjalan seperti suhu atau tekanan darah. Tingkat hormon dan denyut jantung juga telah dilemaskan. Itulah sebabnya olahraga di sore hari akan memberikan manfaat yang maksimal.

Menghilangkan Stres

Studi telah menunjukkan bahwa berolahraga melepaskan endorfin di otak yang merupakan hormon rasa-baik tubuh. Itu sebabnya, berolahraga di malam atau sore hari sangat bagus untuk kesehatan mental. Hal ini karena sistem otak dibanjiri oleh endorfin yang mengurangi tekanan pada hari itu.

Hormon-hormon ini memungkinkan Anda untuk menikmati tidur yang tenang di malam hari. Ditambah lagi, rutinitas olahraga sore hari memperkuat kemampuan untuk menahan emosi dan kepenatan mental.

Lebih Menikmati Olahraga

Mereka yang berolahraga di pagi hari sering mendapati diri mereka mengamati jam, sehingga mereka tidak terlambat untuk bekerja atau sekolah. Ini mengalihkan mereka dari rutinitas dan mencegah mereka menikmati latihan mereka.

Di situlah olahraga di sore hari memiliki keunggulan, karena memungkinkan Anda untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam latihan Anda dan menuai setiap manfaat dari itu. Saat berpuasa olahraga di pagi hari juga tidak disarankan karena energi akan mudah terkuras. Berbeda dengan olahraga di sore hari yang mendekati waktu berbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini