Sukses

8 Manfaat Melon untuk Buka Puasa Ibu Hamil dan Cara Mengolahnya

Ketahui manfaat melon untuk buka puasa ibu hamil dan cara mengolahnya.

Liputan6.com, Jakarta Memerhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil yang sedang puasa jelas harus selalu dilakukan. Hal ini demi kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungan. Dengan mengetahui manfaat melon untuk buka puasa ibu hamil, berbagai jenis kekhawatiran saat puasa bisa sedikit berkurang.

Bahkan tanpa berpuasa, sebenarnya ibu hamil ini sudah banyak mengalami berbagai jenis gangguan kesehatan. Misalnya saja seperti masalah pencernaan, anemia, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Jadi jangan sepelekan manfaat melon untuk buka puasa ibu hamil ya.

Kandungan dalam buah melon inilah yang membuat manfaat melon untuk ibu hamil saat puasa harus lebih banyak diperhatikan. Seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, mineral, kalsium, dan zat besi. Meskipun banyak juga yang beranggapan bahwa melon berbahaya untuk janin dan ibu hamil karena bakteri listeria. Namun sebenarnya bakteri ini ada pada kulit terluar dari buah melon saja, yang perlu dilakukan hanya memerhatikan cara mengupas melonnya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat melon untuk ibu hamil saat puasa dan cara mengolahnya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil Saat Puasa

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata dengan mengonsumsi melon selama hamil dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh loh. Misalnya saja dengan mengonsumsi 500 gram melon, maka kebutuhan vitamin C harian ibu hamil dapat tercukupi dengan baik.

Nah, karena kandungan vitamin C inilah melon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil saat puasa. Tentu saja karena vitamin C sangat berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga saat berpuasa, ibu hamil dan janin tidak rentan terserang penyakit dan infeksi.

2. Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang cukup tinggi inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan selama berpuasa. Tentu saja karena asam folat ini sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Termasuk kandungan zink dalam melon yang dapat membantu menjaga perkembangan jaringan tubuh janin dalam kandungan.  

Dalam sebuah penelitian, risiko janin mengalami cacat tabung saraf dipercaya dapat berkurang hingga 50 persen jika ibu hamil mengonsumsi jumlah asam folat dan zink yang sudah disarankan.

3. Perkembangan Kognitif Janin

Buah melon ternyata juga bisa membantu menjaga perkembangan kognitif janin. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah melon. Dan perlu diketahui juga bahwa vitamin A merupakan salah satu asupan penting yang dapat menunjang pertumbuhan fungsi kognitif bayi yang sehat dan menangkal cacat bawaan. 

Vitamin A juga sangat baik untuk perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang bayi. Sehingga jika asupan vitamin A terpenuhi dengan baik, tumbuh kembang janin dalam kandungan juga akan menjadi semakin baik.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil Saat Puasa

4. Cegah Dehidrasi

Ibu hamil yang berpuasa pasti akan mengalami dehidrasi. Dan hal ini tentu akan berdampak buruk bagi ibu dan janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi melon selama puasa ternyata bisa membantu mencegah dehidrasi.

Hal ini disebabkan karena melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga asupan cairan tubuh ibu hamil saat puasa dapat tercukupi dengan lebih baik. Meski demikian, ibu hamil juga masih perlu mengonsumsi banyak cairan untuk menghindari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

5. Lancarkan Pencernaan

Ibu hamil memang sudah pasti akan mengalami gangguan pencernaan. Misalnya saja seperti sembelit. Dan ini jelas akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan juga. Aktivitas puasa juga tidak akan bisa dijalankan dengan lebih baik. Nah, untuk bisa melancarkan pencernaan ibu hamil akan lebih baik untuk mengonsumsi buah melon.

Hal ini disebabkan karena melon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat alami yang larut dalam air. Sehingga tidak heran jika melon sangat dipercaya mampu membantu mengatasi masalah pencernaan termasuk sembelit yang terjadi selama kehamilan. Selain itu kandungan serat ini juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik, sehingga metabolisme tubuh ibu hamil saat puasa akan tetap terjaga.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam melon ini ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Maka dengan mengonsumsi melon saat akan menjalani ibadah puasa, tekanan darah ibu hamil dapat terkontrol dengan lebih baik. Bahkan kalium ini juga mampu membantu mengatasi kaki kram yang kerap dikeluhakan ibu hamil.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil Saat Puasa

7. Menjaga Berat Badan

Saat menjalani puasa, berat badan ibu hamil tetap harus dijaga. Karena jika dibiarkan saja, nutrisi yang dibutuhkan oleh janin juga tidak dapat terkontrol dengan baik nantinya. Nah, dengan mengonsumsi melon saat puasa ada kandungan kalori yang cukup rendah dan fruktosa yang tidak akan membuat berat badan ibu hamil menjadi berlebihan

8. Sumber Energi

Sumber energi ini cukup penting bagi stamina ibu hamil saat puasa. Nah, dengan mengonsumsi melon maka asupan protein dan karbohidrat baik akan terpenuhi dengan lebih baik. Sehingga ketika menjalankan ibadah puasa, stamina ibu hamil akan bisa terkontrol dengan lebih baik.

5 dari 6 halaman

Cara Mengolah Melon untuk Buka Puasa

1. Es Melon Selasih

Cara mudah mengolah buah melon menjadi hidangan segar adalah dengan membuatnya menjadi es melon selasih. Hanya perlu menyiapkan buah melon, sirup melon, nata de coco, selasih, dan es batu. Kemudian kupas melon dan potong kotak-kotak.

Nah kemudian masukkan buah melon yang sudah dipotong ke dalam mangkuk besar yang sudah disiapkan. Kemudian tambahkan nata de coco, selasih, dan sirup melon. Beri air es dan es batu. Aduk rata. Siap disajikan.

2. Es Melon Serut Jeruk Nipis

Cara mudah mengolah buah melon menjadi hidangan segar adalah dengan membuatnya menjadi es melon serut jeruk nipis. Dengan memadukan melon, soda, dan jeruk nipis tentunya. Pertama bisa dengan menyerut melon jadi bentuk pipih kecil. Kemudian dalam wadah yang besar campur serutan lemon dengan air soda lemon (Sprite), sirup melon, dan es batu. Kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis. Siap disajikan.

6 dari 6 halaman

Cara Mengolah Melon untuk Buka Puasa

3. Es Jelly Melon

Cara mudah mengolah buah melon menjadi hidangan segar adalah dengan membuatnya menjadi es jelly melon. Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama, buat jelly dari jelly instan rasa melon. Setelah jelly mengeras, tinggal potong kecil-kecil. Kemudian buat susu melon dengan mencampur susu putih biasa dengan sirup melon.

Siapkan wadah besar, kemudian campur susu melon dan jelly melon. Sajikan dalam gelas atau botol kemasan. Dan dinginkan es jelly melon sebelum disajikan.

4. Sorbet Melon

Cara mudah mengolah buah melon menjadi hidangan segar adalah dengan membuatnya menjadi sorbet melon. Sorbet ini merupakan sajian dingin seperti es krim, tetapi tanpa menggunakan krim. Dibuat dari puree buah yang dibekukan lalu dilembutkan lagi dengan blender.

Pembekuan dan penghalusan bisa dilakukan berkali-kali agar didapat tekstur sorbet yang diinginkan. Agar bisa menghasilkan rasa yang lebih nikmat, bisa dengan mencampurkan sirup melon ke dalam puree buah melon yang sudah dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini