Sukses

4 Keistimewaan Air Zamzam yang Harus Diketahui

Air zamzam adalah suatu keajaiban dunia yang sudah mengalir ribuan tahun tak pernah berhenti dan telah digunakan jutaan manusia setiap bulannya.

Liputan6.com, Jakarta - Air zamzam adalah suatu keajaiban dunia yang sudah mengalir ribuan tahun tak pernah berhenti dan telah digunakan jutaan manusia setiap bulannya.

Kata zamzam berasal dari perkataan malaikat Jibril atau zamzamah Jibril. Dikatakan pula kata zamzam berasal dari suara jauh yang menggema dan berkesinambungan layaknya petir.

Dilansir dari buku Rujukan Utama Haji & Umrah karya Ablah Muhammad al-Kahlawi bahwa Jibrillah yang pertama memperlihatkan zamzam saat menolong Nabi Ismail kecil yang hampir saja meninggal karena kehausan.

Telaga zamzam ini berada sekitar 20 meter ke kiri dari Masjidil Haram, ada semacam terowongan yang didalamnya terdapat sumur air zamzam yang sudah ditutup dengan pagar kaca tebal dan di dalamnya sudah dipasang instalasi pipa modern untuk mengalirkan air zamzam.

Air zamzam memiliki tiga sumber mata air yaitu di bawah Hajar Aswad, di bawah gunung Abu Qubays dan Shafa, dan di bawah bukit Marwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. 12 Nama Lain Air Zamzam

Dilansir dari buku Sejarah Haji & Manasik karya Halimi Zuhdy, bahwa selain memiliki banyak manfaat, air zamzam juga memiliki banyak nama lain. berikut adalah nama nama lain dari air zamzam.

Syaba'ah yang memiliki arti kenyang, Murwiyah yang memiliki arti segar, Nafi'ah yang memiliki arti bermanfaat, Afi'ah yang artinya sehat, Maimunah yang memiliki arti berkah dan Barrah memiliki arti kebaikan.

Selain itu, air zamzam juga memiliki nama lain seperti Madhmunah yang memiliki arti bagus, Kafiyah yang memiliki arti mencukupi, Mud'zibah yang artinya mencegah rasa dahaga, Syifa saqamin yang memili arti menyembuhkan penyakit, Hamzatu jibril artinya injakan atau tekanan turun Malaikan Jibril, dan Maghfurah artinya ampunan.

3 dari 5 halaman

2. Kandungan Kimiawi Air Zamzam.

Melihat kandungan unsur unsur kimiawi air zamzam yang tidak dimiliki oleh air selainnya, bisa dikatakan bahwa air zamzam ialah air mineral yang sehat dan menyehatkan.

Air zamzam tidak memiliki kandungan Amonia dan Nitrit di dalamnya. Selain itu, kandungan nitrit air zamzam sekitar 160 sampai 180 miligram per liternya.

Kalsium pada air zamzam sebesar 130mg sampai 160mg per liternya. Air zamzam juga memiliki kandungan Chlorine 250 sampai 290 mg per liternya.

Kandungan sulfat air zamzam sekitar 500mg sampai 510mg per liternya dengan kandungan hidrogen sekitar 8mg per liter.

Oleh sebab itu, air zamzam memiliki kelebihan kelebihan yang tidak dimiliki oleh air selainnya.

4 dari 5 halaman

3. 8 Khasiat Air Zamzam

Keutamaan air zamzam telah disebutkan dibanyak hadist. Berikut ini 8 keutamaan manfaat air zamzam yang jarang diketahui.

Keutamaan yang pertama yaitu merupakan air terbaik di Bumi, air zamzam dapat mengampuni dosa-dosa yang meminumnya, dapat mewujudkan segala sesuatu sesuai niat peminumnya.

Selanjutnya, air zamzam dapat mengobati segala macam penyakit, dapat menghilangkan kemunafikan, dapat membedakan muslim dengan orang munafik, terdapat banyak berkah didalamnya, dan meminumnya merupakan sebagian dari ibadah.

5 dari 5 halaman

4. 12 Rahasia Air Zamzam

Dilansir dari buku Perjalanan Ruhani Sepanjang Masa karya Ablah Muhammad al-Kahlawi, berikut ini adalah 12 rahasia air zamzam yang jarang diketahui.

Air zamzam merupakan air yang mulia dan paling dimati oleh setiap orang, minuman orang-orang mulia, bisa menghilangkan kemunafikan, melihat dan menelitinya termasuk ibadah.

Selanjutnya Air zamzam juga digunakan untuk mencuci dada (hati) Rasullah SAW, agar hatinya kuat dalam melihat malaikat langit dan bumi, surga dan neraka, Bisa menghapus dosa dan kesalahan, Penghilang rasa haus dan obat dari segala macam penyakit, dan Tidak bisa dirasakan oleh selain orang mukmin.

Selain itu, air zamzam juga dapat menguatkan hati, mecegah pikiran, dan memadamkan api kesedihan, membuat kenyang peminumnya, mengandung berkah dan kebaikan bagi setiap peminumnya, dan menghilangkan rasa dahaga dan lapar.

 

Reporter : Nabila Bilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.