Sukses

Quraish Shihab: Allah Merahmati Orang yang Tahu Kadar Dirinya

Siapa yang mengenal dirinya, dia akan mengenal Tuhannya.

Liputan6.com, Jakarta - Renungan Islam bersama cendikiawan muslim Quraish Shihab kali ini mengangkat tema tentang manusia.

Dari sekian banyak uraian Alquran menyangkut manusia dan tuntunannya, menurut Quraish Shihab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya mengenal dirinya sendiri. 

Sejak dulu, sebelum hadirnya agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, sudah dikenal ugkapan siapa yang mengenal dirinya, dia akan mengenal Tuhannya.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda,"Allah merahmati orang yang mengenal dirinya. Bahkan Allah merahmati orang yang tahu kadar dirinya."

Siapakah kita manusia? Menurut pakar tafsir Quraish Shihab, banyak definisi tentang manusia. Ada beberapa hal yang hendaknya bisa disepakati bersama dalam konteks memahami siapa kita dan siapa manusia.

Pertama, manusia adalah makhluk sosial. Dimana manusia masih membutuhkan orang lain.

Kedua, kita insan. Kata ini memiliki tiga makna. Diambil dari kata nisi, lupa. Manusia makhluk yang bisa lupa. Tidak hanya lupa, manusia juga makhluk yang bisa salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.