Sukses

Gadai Mobil Demi Lebaran

Biasanya, kebutuhan rumah tangga akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, kebutuhan rumah tangga akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Otomatis, pengeluaran juga ikut terkerek.

Salah satu cara yang kerap dilakukan keluarga rumah tangga Indonesia untuk menambah uang adalah menggadai barang-barang berharganya. Selain perhiasan, satu barang lain yang paling kerap digadai adalah kendaraan bermotor seperti mobil.

Untungnya, di sini banyak lembaga-lembaga yang memang menyediakan layanan tersebut. Pada produk otomotif, salah satu yang menyediakan itu adalah Adira Finance.

Marketing officer Axi Adira Finance Depok, Sukma Dinata, mengakui adanya peningkatan gadai di bulan ini. Biasanya, hal tersebut terjadi di minggu kedua puasa.

"Trennya sudah empat tahun terakhir selalu ada kenaikan. Tetapi belum terasa kalau sekarang. Karena baru menginjak hari ketiga. Biasanya peningkatan baru minggu kedua," ujar Sukma, kepada Liputan6.com, Selasa (30/5).

Menurut Sukma, peningkatannya memang disebabkan karena orang butuh uang lebih guna menyambut hari lebaran. Namun pada momen-momen tertentu, peningkatan juga terjadi, misalnya di akhir tahun.

"Yang pasti kalau dibanding bulan sebelumnya puasa naik 20 persen. Bulan puasa dengan Desember sama jumlahnya. Biasanya seperti itu," terang Sukma. Sayang ia tidak bisa memberikan data persis berapa orang yang melakukan gadai mobil.

Adapun lembaga keuangan seperti Adira Finance memberikan layanan gadai berdasarkan aturan yang ditetapkan Bank Indonesia. Dalam hal ini, fasilitas pembiayaan hanya boleh diberikan pada mereka yang telah berusia 21 sampai 55 tahun. "Pasar kami di antara itu usianya," tutup Sukma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.