Sukses

7 Tips Nikmati Lebaran Seru tapi Hemat di Kantong

Banyak yang mengeluh lebaran justru membuat boros. Namun dengan tips-tips berikut ini Anda tak perlu khawatir tekor setelah Lebaran usai.

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara Lebaran, tentunya tidak jauh-jauh dari yang namanya belanja. Bahkan, kalau kita tidak mengontrol diri, ambles dah semua uang THR dan gaji. Padahal, hari-hari setelah Lebaran juga masih panjang. Terlebih golongan orang-orang seperti saya yang mengandalkan gaji bulanan. Haruslah pandai-pandai mengeposkan uang agar tidak habis dalam sekali waktu.

Nah, berikut ini, saya bagikan tip mudah untuk tetap berhemat dalam merayakan lebaran.

1. Belanja kebutuhan dapur di pasar tradisional

Mungkin bagi teman-teman yang suka belanja di mal karena harga sudah pasti dan kemasan yang cantik akan sangat kaget kalau harus belanja ke pasar tradisional. Namun, percaya deh, di pasar tradisional harga masih stabil, kalau pun naik masih dalam taraf wajar. Untuk harga barang-barang pun masih bisa ditawar (tapi jangan terlalu menawarnya ya, kasihan mereka juga sedang mencari rezeki).

Adapun keuntungan belanja di pasar tradisional:

  • Harga terjangkau
  • Mendapatkan daging/ikan dan atau sayuran yang segar (harus datang pagi ya, biar dapat sayuran segar)
  • Memberikan rezeki kepada pedagang pasar (karena kita membelinya, berarti kita juga memberikan rezeki bagi mereka)


Itu hal yang baik dari belanja pasar tradisional, memang kita harus capek mengantre dan masuk ke tempat yang tidak sebersih mal. Tapi, kita juga bisa berinteraksi dengan pedagang dan memberi kebahagiaan mereka.

2. Membeli pakaian baru bukan mereknya

Nah, sering nih terjadi, termasuk pada diriku. Seringkali kita membeli pakaian itu berdasarkan merek bukan karena fungsi. Memang benar, harga membawa rupa, yang artinya sesuatu barang yang mahal pasti kualitasnya bagus. Namun, dalam momen Lebaran, jika hendak membeli pakaian hendaknya diperhitungkan lagi, apakah harus bermerek semua? Jika budget menipis dan masih banyak yang direncanakan, lebih baik membeli pakaian yang sesuai dengan budget, nyaman dipakai dan santun.

3. Hati-hati dengan promo diskon

Buat perempuan, seringnya langsung melotot kalau melihat promo diskon besar-besaran. Sebelum terjebak, sebaiknya cek dulu apakah benar harga yang dipromosikan itu? Kadang kala, hanya sebuah jebakan dari suatu toko/penjual untuk mencari pembeli. Jadi, hati-hati ya dengan promo diskon yang terpampang di beberapa toko.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Penulis : Eri Udiyawati

Akun facebook : www.facebook.com/espania

Akun Twitter : www.twitter.com/espaniaudya

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini