Sukses

Ini 10 Jenis Setan yang Dibelenggu pada Bulan Ramadan

Ada 10 jenis setan yang dibelenggu pada bulan Ramadan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Diriwayatkan oleh Bukhari, no1899. Muslim, no. 1079, dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Apabila bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu."

Para Ulama berbeda (pendapat) mengenai makna di belenggu nya setan-setan pada bulan Ramadhan, menjadi beberapa pendapat:

Al-Hafidz Ibnu Hajar seraya menukil dari Al-Hulaimy: " Kemungkinan maksudnya adalah para setan tidak bersungguh-sungguh menggoda kaum muslimin, sebagaimana yang mereka lakukan di bulan lainnya, karena kesibukan (manusia beribadah). (Atau) yang dimaksud para setan (yang dibelenggu) adalah sebagian dari mereka, yaitu dari jenis pembangkang di antara mereka, (atau yang dimaksud) dibelenggu adalah dibelenggu dengan puasa yang berfungsi menekan dorongan syahwat, atau dengan bacaan Al-Quran dan zikir.

Berikut ini 10 jenis setan yang dibelenggu pada bulan Ramadhan:

  1. Zalitun (anak Iblis), pakar dalam hal menggoda manusia ke arah sifat membazir dan bakhil.
  2. Wathiin, pendorong manusia berprasangka buruk dan putus asa terhadap Allah.
  3. A'awan, yang ditugaskan khas dalam menggoda raja / pemimpin besar supaya bersikap sombong dan takabur serta zalim terhadap rakyatnya.
  4. Haffah, yang menggoda manusia agar meminum arak/khamr (minuman yang memabukkan).

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.