Sukses

Puasa Ramadan Dapat Mempercantik Kulit

Banyak keuntungan yang diperoleh dari menjalankan puasa, di antaranya adalah tidak banyak pikiran.

Liputan6.com, Bandung - Puasa selama sebulan selama Ramadan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kulit tubuh juga menjadi sehat.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Kartika Ruchiatan, saat seseorang menjalankan puasa, kulit dipastikan lebih cerah dan pola makan lebih baik serta teratur.

"Yang biasanya mengkonsumsi makanan pemicu tingginya kadar lemak penyebab jerawat, pada saat berpuasa menjadi berkurang," ujar Kartika di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Bandung, Senin 13 Juni 2016.

Dia mengatakan, kulit menjadi cerah pada saat berpuasa disebabkan karena pergantian sel mati berlangsung optimal. Pengeluaran racun dalam tubuh pun terpola secara rutin selama 30 hari.

Dia menyanggah adanya anggapan tubuh terutama kulit akan rusak akibat kekurangan cairan saat puasa.

"Setiap kita sahur dan berbuka seluruh cairan yang digunakan dalam tubuh sudah tergantikan dengan mengkonsumsi dua liter air, baik murni air putih maupun dari sayur dan buah," tutur Kartika.

Dokter spesialis yang setiap harinya berpraktik di Ruang Anggrek rumah sakit rujukan seluruh daerah di Jawa Barat tersebut menambahkan, banyak keuntungan lainnya yang diperoleh dari menjalankan puasa. Antara lain, tidak banyak pikiran.

Salah satu pemicu tertinggi penyakit kulit yang ditemui olehnya selama berpraktik, gangguan pikiran atau istilah setiap pasien saat ditanya waktu diperiksa menyebutkan sedang mengalami stres, tidak akan ditemui ketika berpuasa.

"Karena saat puasa itu, kita getol ibadah. Kegiatan kita menjalankan salat lima waktu, tentunya dengan berwudu dahulu, pengajian dan lain sebagainya. Sehingga tak sempat memikirkan sesuatu yang memicu stres. Seluruhnya ikhlas di bulan puasa ini," kata Kartika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini