Sukses

Jelang Ramadan, Ormas di Bogor Bersih-bersih Masjid

Bersih-bersih masjid untuk mengubah citra Pemuda Pancasila.

Liputan6.com, Bogor - Puluhan orang dari organisasi masyarakat (Ormas) yang mengatasnamakan Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bogor mendatangi Masjid Baitul Faizin, Cibinong, Bogor, Jawa Tengah.

Bukan untuk tawuran, mereka sengaja bersih-bersih di area masjid terbesar di Bumi Tegar Beriman tersebut menjelang Ramadan pada Selasa (16/6/2015) kemarin.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih, anggota PP yang berjumlah 50 orang ini menggelar salat Zuhur berjamaah. Setelah itu mereka melakukan tradisi makan bersama sebelum puasa atau biasa dikenal dengan istilah 'cucurak'.

Setelah itu barulah mereka bergerak ke areal masjid sambil membawa alat kebersihan seperti sapu, sikat, kemoceng, dan vacum cleaner. Beberapa lokasi yang jadi target mereka adalah tempat wudhu, toilet laki-laki, serta areal dalam masjid.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bogor, Dede Faizher Yahya mengatakan, kegiatan ini murni kegiatan sosial dan momennya sangat tepat dalam menyambut bulan puasa. "Ini sebagai bentuk kepedulian kani dalam menyambut bulan suci Ramadan," ujar dia.

Dede mengatakan, dalam kegiatan ini, mereka menggandeng masyarakat. Selain ingin mendekatkan diri dengan terjun langsung ke masyarakat, kegiatan ini untuk mengubah citra Pemuda Pancasila yang keras.

"Kami ingin imej dalam tanda kutip selama ini mungkin negatif menjadi positif dan bisa menjadi mitra masyarakat," ujar dia.

Selain melakukan aksi bersih-bersih, pihaknya juga menyumbang kelengkapan masjid seperti mukena 1 kodi, sarung 2 kodi, 50 Alquran, serta 1 unit vacum cleaner.

Dede menyatakan, kegiatan kemanusiaan tersebut ke depan akan menjadi agenda rutin, bukan sebatas seremonial semata. "Perlahan kita akan ubah citra PP menjadi ormas yang dicintai masyarakat, Aamiin," pungkas Dede. (Mvi/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.