Sukses

Sambut Sultan HB X, Petugas TPS Yogyakarta Berpakaian Adat Jawa

Sultan Hamengkubuwono X menggunakan hak pilihnya di Ndalem Joyokusuman.

Liputan6.com, Yogyakarta - TPS 09 tempat Sultan Hamengkubuwono X menggunakan haknya terbilang unik. Selain bangunannya yang megah, para petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) pun menggunakan pakian Surjan Mataraman atau adat keraton.

Menurut petugas Linmas TPS 09 Ariyadi mengatakan, pakaian Surjan Mataraman ini hanya ada di TPS 09. Hal ini karena adanya raja kraton Yogyakarta yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS 09 Magangan Wetan Panembahan Keraton Yogyakarta.

"Cuma ada di sini, di Yogya karena ada Sultan. Surjan dengan lirik coklat dipadu jarik dan blangkon khas Yogya," kata Ariyadi di lokasi, Rabu (9/7/2014).

Ariyadi mengatakan, penggunaan baju Surjan Mataram sesuai kesepakatan bersama para panitia. Khusus petugas keamanan menggunakan batik.

"Ada 7 orang petugas semuanya pakai Surjan Mataraman. Khusus Linmas pakai batik," ujar Ariyadi.

Sementara Sultan Hamengkubuwono X menggunakan hak pilihnya di Ndalem Joyokusuman. Bangunan megah ini menurut Ariyadi sebelumnya tidak seperti saat ini, namun setelah direhab tampilannya menjadi terlihat megah.

"Pembangunnya selama 4,5 tahun. Makanya bagus sekarang," ujar Ariyadi.

Sultan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan nomor  265, sementara GKR Hemas nomor 263. Jumlah DPT di TPS 09 Panembahan 549 pemilih Daftar Pemilih Khusus 2 orang dan Daftar Pemilih Tambahan (DPtb) 3 orang.  (Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.