Sukses

Meski Cuaca Ekstrem, WNI di Dubai Antusias Gunakan Hak Suaranya

Sebanyak 1.659 warga Indonesia menggunakan hak suaranya dalam pemungutan suara Pilpres 2014 di Dubai.

Liputan6.com, London - Sebanyak 1.659 warga Indonesia menggunakan hak suaranya dalam pemungutan suara Pilpres 2014 di Dubai, meski suhu udara di negara tersebut cukup ekstrem, yakni 45 Derajat Celcius. Padahal mereka umumnya sedang menjalankan ibabah puasa Ramadan.

Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya mengatakan
panasnya udara di Dubai tidak mengurangi antusiasme warga, untuk menyalurkan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilpres 2014 yang berada di KJRI Dubai.

"Sebanyak 1.659 orang WNI telah menyalurkan hak suara mereka secara langsung di TPS dalam Pilpres tahun ini, dibandingkan dengan 1.072 orang pada Pileg yang lalu," ujar Adiguna, London, Inggris, Minggu (6/7/2014).

Adiguna mengatakan, terdapat lonjakan signifikan jumlah masyarakat Indonesia yang datang ke 3 TPS, dibandingkan dengan pelaksanaan Pileg 4 April lalu.

Menurut Adiguna, tigginya minat masyarakat ini karena mereka lebih mengenal para capres, serta didorong pula upaya sosialisasi penyebarluasan informasi seputar Pemilu 2014 yang gencar dilakukan PPLN Dubai dan KJRI Dubai sejak 2013.

Kegiatan Pilpres juga dimanfaatkan sebagai forum silaturahim sesama warga Indonesia yang hadir di TPS. "Para WNI yang memilih berasal dari 6 wilayah kerja KJRI Dubai, yaitu Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Fujairah," ujar Adiguna.

Beragam upaya dilakukan, kata Adiguna, baik secara langsung dalam forum pertemuan masyarakat dan pelayanan kekonsuleran KJRI Dubai, maupun pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal. Antara lain melalui laman PPLN Dubai, surat elektronik, jejaring sosial dan SMS yang menjangkau WNI yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Dubai.

Layanan Push-SMS PPLN Dubai ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di antara PPLN lain di seluruh dunia.

Tercatat sejumlah 8.041 orang terdaftar dalam DPTLN Dubai untuk Pilpres 2014 kali ini, yang terdiri dari 2.874 orang laki-laki dan 5.167 orang perempuan. Namun, sebanyak 883 orang pria dan 776 orang wanita yang hadir di TPS menyalurkan hak suaranya.

Menurut Adiguna, proses penyaluran suara berlangsung lancar, tertib dan sistematis. Kelancaran proses pemungutan suara turut didukung kinerja masyarakat Indonesia yang menjadi anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dubai, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), relawan, dan dipantau langsung Panwaslu Dubai.

Adiguna menambahkan, proses penghitungan suara akan dilakukan serentak dengan 130 PPLN lainnya di 96 negara pada 9 Juli 2014, atau pada hari yang sama dengan perhitungan suara di Indonesia. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini