Sukses

Survei SMRC: Pasangan Jokowi-Mahfud Kalahkan Prabowo-Aher

Jika wakil Jokowi Ahok efeknya kurang kuat. Bahkan jika wakilnya Ryamizard Ryacudu efeknya akan negatif pada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan calon wakil presiden akan menentukan elektabilitas pasangan calon presiden dan cawapres tersebut dalam Pemilu Presiden 9 Juli mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (4/5/2014), hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) memperlihatkan, cawapres bisa memperkuat atau memperlemah bakal capres tertentu.

Dari 3 nama calon presiden yang mungkin maju pada pilpres mendatang, jika pemilihan diadakan pada periode 20 - 24 April 2014 dengan margin error plus minus 2,2%, maka 47,1 persen responden memilih Joko Widodo. Sementara 32,1 persen memilih Prabowo Subianto dan 9,2 persen memilih Aburizal Bakrie.

Untuk Joko Widodo, bila wakilnya Mahfud MD, selisih antara Jokowi dan Prabowo Subianto membesar. Prabowo akan melemah. Dengan kata lain, Mahfud punya efek positif dalam mengalahkan Prabowo.

Sementara bila wakil Jokowi adalah Jusuf Kalla efeknya kurang signifikan. Kemudian bila wakil Jokowi adalah Dahlan Iskan atau Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, efeknya juga tidak signifikan. Dan bila wakilnya Ryamizard Ryacudu, dukungan pada Jokowi akan melemah.

Bagaimana efek wakil presiden untuk Jokowi dan Prabowo, jika Ahmad Heryawan menjadi wakil Prabowo? Efek Mahfud MD, Jusuf Kalla maupun Dahlan Iskan ternyata tetap memperkuat Jokowi. Dan membuka peluang lebih baik untuk Jokowi mengalahkan Prabowo.

Sementara jika wakil Jokowi Ahok efeknya kurang kuat. Bahkan jika wakilnya Ryamizard Ryacudu efeknya akan negatif pada Jokowi, jika dibandingkan dengan Prabowo-Aher.

Namun siapa pun wakilnya, jika pilpres digelar pada saat survei dan pasanganya yang bertarung lebih dari 2 orang, kemungkinan pilpres akan berlangsung 2 putaran. (SR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.