Sukses

Kejar Target Pemilih, KPU DIY Ajak Orang Gila Nyoblos

Kabid Logistik Pemilu KPU DIY Guno Tri Tjahjo mengatakan, semua warga DIY akan difasilitasi hak memilihnya pada pemilu 9 April 2014.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemilu 2014 akan disambut 2.723.621 pemilih di DIY yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap per 28 Februari 2014. Kabid Logistik Pemilu KPU DIY Guno Tri Tjahjo mengatakan, semua warga DIY akan difasilitasi hak memilihnya pada pemilu 9 April 2014. Bahkan orang gila atau terganggu jiwanya akan difasilitasi oleh KPU DIY.

"Semua orang, termasuk orang gila atau tidak waras juga kita fasilitasi. Salah jika kita tidak fasilitasi mereka. Kalau dia gunakan haknya atau tidak, ya itu terserah dia. Kita salah kalau nggak fasilitasi," kata Guno di Kantor KPU DIY, Jumat (4/4/2014).

Namun Guno tidak menyebut berapa jumlah orang gila yang akan menggunakan hak pilihnya pada 9 April mendatang. Ia hanya menyatakan jumlah itu masih terhitung sedikit dari jumlah pemilih keseluruhan. Namun jumlah data riil belum diketahuinya pasti.

"Ada, tapi nggak signifikan jumlahnya. Itu tersebar di beberapa daerah kabupaten/kota, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo. Ada di beberapa daerah pelosok yang masih dipasung. Juga mereka yang ada di rumah sakit Pakem itu," kata Guno.

Walaupun jumlahnya terhitung sedikit, Guno menyebut partisipasi orang gila atau terganggu jiwanya ini juga untuk menaikkan partisipasi pemilih di DIY. Ia menargetkan partisipasi Pemilu 2014 ini mencapai 75%. Target ini naik dari partisipasi pemilih Pemilu 2009 yang mencapai 72%.

"Orang gila ini juga untuk menaikkan partisipasi pemilih 75% di DIY," tukas Guno.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Tahanan di Lingkungan Polda Metro Terancam Tak Nyoblos

Ketua DKPP Titik Paling Rawan Kecurangan Ada di PPK

KPU Klaim 99 Logistik Pemilu Selesai Didistribusikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini