Sukses

12 Minuman Penurun Kolesterol Paling Efektif, Nikmat dan Sehat

Ada banyak jenis minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif. Salah satunya adalah teh hijau.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengatur pola makan dan mengonsumsi minuman penurun kolesterol.

Ada banyak jenis minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif. Salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga memiliki kafein yang aman bagi tubuh.

Dalam mengonsumsi minuman penurun kolesterol, penting juga untuk tetap menjaga pola makan sehat dan mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Jadi, tidak hanya minuman penurun kolesterol yang menjadi kunci dalam menjaga kesehatan kita, tetapi juga pola makan dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan. Dengan mengatur nutrisi dan mengonsumsi minuman penurun kolesterol yang efektif, kita dapat menjaga kadar kolesterol dalam batas normal dan memperbaiki kesehatan jantung kita.

Berikut adalah sejumlah minuman penurun kolesterol yang efektif, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jus Tomat

Jus tomat telah lama dikenal sebagai minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat dalam tomat, terutama likopen, vitamin C, dan serat.

Likopen adalah antioksidan kuat yang memberikan warna merah pada tomat. Antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Selain itu, likopen juga dikenal memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melawan peradangan dalam arteri.

Vitamin C yang terdapat dalam jus tomat juga berperan penting dalam menurunkan tingkat kolesterol. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sementara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, jus tomat juga mengandung serat yang tinggi. Serat tidak hanya dapat membantu meningkatkan pencernaan, tetapi juga dapat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui sistem pencernaan.

Dalam penelitian, diketahui bahwa mengonsumsi satu gelas jus tomat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Namun, perlu diingat bahwa jus tomat sebaiknya dikonsumsi secara teratur dan tidak diganti dengan obat-obatan atau pengobatan medis lainnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, diet seimbang dan gaya hidup sehat lainnya juga merupakan kunci penting dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

2. Jus Wortel

Jus wortel merupakan salah satu minuman yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan jus wortel kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang mampu membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Serat yang terdapat dalam wortel dapat membantu mengurangi absorbsi kolesterol dalam pencernaan, sehingga mencegah jumlah kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah. Selain itu, serat juga dapat meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Vitamin A yang tinggi dalam wortel juga berperan penting dalam mengurangi oksidasi kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mencegah pembentukan plak di arteri.

Antioksidan yang terdapat dalam wortel, seperti beta-karoten, juga dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel arteri dan menyebabkan pembentukan plak kolesterol. Dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan arteri dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jus wortel, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar dan tanpa bahan tambahan pemanis atau pengawet. Selain itu, olahraga dan pola makan seimbang juga perlu diterapkan untuk mendukung penurunan kadar kolesterol yang efektif.

 

3 dari 7 halaman

3. Jus Timun

Jus timun adalah minuman yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Mengapa demikian? Mari kita jelaskan.

Timun mengandung senyawa yang diketahui sebagai sterol. Sterol adalah komponen alami yang dapat memblokir penyerapan kolesterol di usus kita. Dengan mengonsumsi jus timun secara teratur, kita dapat mengurangi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah kita, sehingga menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Selain itu, jus timun rendah lemak dan rendah kalori. Lemak jenuh dan kalori berlebih dalam makanan adalah faktor risiko utama dalam peningkatan kadar kolesterol. Dengan memilih jus timun sebagai minuman sehat, kita dapat mengurangi asupan lemak jenuh dan kalori, membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Jus timun juga mengandung banyak serat. Serat larut dalam jus timun dapat membantu mengikat kolesterol di dalam tubuh dan membuangnya secara alami. Hal ini memungkinkan penurunan kolesterol yang lebih efektif.

Dalam rangka mempertahankan tingkat kolesterol yang sehat, penting untuk mencoba berbagai minuman penurun kolesterol yang efektif, dan jus timun adalah salah satu pilihan yang sangat baik. Tambahkan jus timun dalam rutinitas minuman sehat Anda untuk mendukung kesehatan jantung Anda dan menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

4. Teh Hijau

Teh hijau telah dikenal secara luas sebagai minuman yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang paling disoroti adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Teh hijau mengandung senyawa bernama polifenol, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki efek positif dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

EGCG bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan, sehingga mengurangi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau juga membantu melindungi partikel kolesterol dari kerusakan oksidatif, yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, teh hijau juga diketahui dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol HDL memiliki peran penting dalam membersihkan peredaran darah dari kolesterol LDL yang tidak diinginkan, sehingga membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin dengan dosis yang tepat. Tentu saja, penting untuk tetap menjaga gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur. Dengan kombinasi yang tepat, teh hijau dapat menjadi minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

 

4 dari 7 halaman

5. Minuman Cocoa

Minuman cocoa, terutama cokelat hitam yang rendah lemak, diketahui memiliki efek yang menguntungkan dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ada beberapa alasan mengapa minuman ini efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Pertama-tama, cocoa mengandung senyawa bernama flavonoid. Flavonoid adalah jenis antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (High-Density Lipoprotein) dan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein). Flavonoid yang terkandung dalam cocoa juga dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL, yang dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri.

Selain itu, cocoa juga mengandung komponen polifenol, terutama jenis polifenol bernama procyanidin. Procyanidin juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan pada arteri.

Minuman cocoa juga rendah lemak jenuh dan bebas kolesterol, yang berarti mereka tidak akan menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Dalam kombinasi dengan gaya hidup sehat, minuman cocoa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif.

Namun, penting untuk diketahui bahwa hanya mengonsumsi minuman cocoa saja tidak akan cukup untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Hal ini harus dikombinasikan dengan diet seimbang, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

6. Jahe

Jahe sering kali digunakan sebagai rempah dalam masakan maupun minuman karena memiliki rasa yang pedas dan aroma yang khas. Namun, tahukah Anda bahwa jahe juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh?

Jahe mengandung senyawa aktif bernama gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kedua sifat ini berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian tahun 2021 yang dilakukan pada hewan dengan kadar kolesterol tinggi, ditemukan bahwa pemberian ekstrak jahe secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Kolesterol HDL berperan dalam membersihkan kolesterol jahat dari arteri dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa cara mengonsumsi jahe untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda bisa mengolahnya menjadi teh jahe, menambahkannya sebagai bumbu dalam masakan, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen jahe. Tetapi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi jahe secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Secara keseluruhan, jahe bisa menjadi minuman penurun kolesterol yang efektif. Senyawa aktif yang terkandung dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

 

5 dari 7 halaman

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan utama dalam pembuatan minuman kedelai yang kaya akan protein nabati dan serat yang tinggi. Kandungan lemak dalam kacang kedelai juga cukup rendah, sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman yang efektif menurunkan kadar kolesterol.

Kacang kedelai mengandung senyawa bernama isoflavon, yang memiliki sifat menyerupai hormon estrogen. Isoflavon ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yaitu low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kadar kolestero baik, yaitu high-density lipoprotein (HDL).

Selain itu, kandungan serat dalam kacang kedelai juga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi sehingga dapat mempengaruhi penurunan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi minuman kedelai secara rutin, baik dalam bentuk susu kedelai, tahu, atau tempe, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun, penting juga untuk menjaga pola makan yang seimbang dan menghindari konsumsi makanan yang tinggi kolesterol, serta tetap aktif berolahraga secara rutin untuk memperoleh manfaat maksimal dalam menurunkan kadar kolesterol.

8. Smoothie Berry

Smoothie berry merupakan minuman yang terbuat dari campuran buah berry seperti raspberry, blueberry, dan strawberry yang dihasilkan melalui proses blending. Minuman ini sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Hal tersebut dikarenakan buah berry mengandung senyawa flavonoid yang tinggi, yaitu jenis senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Flavonoid juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, yang berfungsi untuk membersihkan kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah.

Selain itu, buah berry juga mengandung serat larut, seperti pektin, yang dapat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi smoothie berry secara teratur, kolesterol jahat di dalam tubuh dapat terkontrol dan risiko penyakit jantung dan stroke dapat diminimalisir.

Selain efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, smoothie berry juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, antioksidan, dan serat. Minuman ini juga rendah kalori, sehingga cocok dikonsumsi sebagai alternatif sehat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau menjalani program diet.

Dalam menyajikan smoothie berry, disarankan untuk menggunakan buah berry segar atau beku yang tidak ditambahkan gula tambahan atau sirup buah. Dengan begitu, manfaat kesehatan dari buah berry dapat terjaga dan smoothie berry menjadi salah satu minuman yang aman dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

 

6 dari 7 halaman

9. Minuman Gandum

Minuman gandum merupakan minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum menjadi alasan utama mengapa minuman ini dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Serat yang terkandung dalam gandum, terutama serat larut, dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh. Serat larut dalam gandum berikatan dengan kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh melalui sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi minuman gandum secara teratur, kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat dengan efektif dikurangi dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, minuman gandum juga mengandung fitosterol, senyawa alami yang dapat menurunkan kolesterol. Fitosterol bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari makanan ke dalam sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi minuman gandum yang mengandung fitosterol, tubuh dapat menyerap lebih sedikit kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

Selain memberikan manfaat penurunan kolesterol, minuman gandum juga diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B kompleks, vitamin E, magnesium, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam rangka menjaga kolesterol tetap terkontrol, minuman gandum bisa menjadi pilihan yang baik sebagai bagian dari pola makan sehat. Namun, tetap perlu diingat bahwa konsumsi minuman gandum sebaiknya diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup aktif lainnya untuk memastikan penurunan kadar kolesterol yang efektif.

10. Smoothie Susu Nabati

Smoothie Susu Nabati telah dikenal sebagai salah satu minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Minuman ini terbuat dari berbagai bahan nabati seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan susu nabati yang kaya akan serat, antioksidan, dan lemak sehat.

Salah satu alasan mengapa Smoothie Susu Nabati efektif dalam menurunkan kadar kolesterola adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat larut yang terdapat dalam sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu mengurangi absorpsi kolesterol dari makanan yang kita konsumsi. Dengan mengonsumsi Smoothie Susu Nabati secara rutin, kita dapat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membuangnya melalui proses pembuangan limbah.

Selain itu, Smoothie Susu Nabati juga mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan E, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi Smoothie Susu Nabati, kita dapat memberikan perlindungan alami bagi tubuh dan mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Lemak sehat dari susu nabati juga turut berperan dalam menurunkan kadar kolesterola. Lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 yang terdapat dalam susu nabati dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan mengonsumsi Smoothie Susu Nabati, kita dapat memberikan asupan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam kesimpulannya, Smoothie Susu Nabati adalah minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi karena mengandung serat tinggi, antioksidan, dan lemak sehat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kita dapat membantu mengikat dan mengeluarkan kolesterol berlebih dalam tubuh, serta memberikan perlindungan alami bagi tubuh kita.

 

7 dari 7 halaman

11. Teh Jahe

Teh Jahe telah lama digunakan sebagai minuman herbal yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Teh Jahe mengandung senyawa aktif yang disebut gingerol, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Kandungan gingerol dalam Teh Jahe dapat membantu menghambat proses oksidasi kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein) serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (High-Density Lipoprotein). Oleh karena itu, minum Teh Jahe secara teratur dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol total dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, Teh Jahe juga memiliki efek positif pada penurunan trigliserida, yaitu jenis lemak darah lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi Teh Jahe, dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Selain manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol, Teh Jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan, meningkatkan fungsi pencernaan, dan membantu mengurangi gejala mual. Minuman sehat ini dapat disajikan dalam bentuk teh panas atau dingin, tergantung selera dan preferensi pribadi.

Dengan memasukkan Teh Jahe ke dalam gaya hidup sehat, tentunya akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tetapi, tetap diingat bahwa konsultasikan dengan tenaga medis atau dokter sebelum mengonsumsi Teh Jahe secara rutin, terutama jika sedang menjalani pengobatan untuk kondisi kesehatan tertentu.

12. Jus Delima

Jus Delima merupakan salah satu minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Khasiat jus delima ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai punicalagin. Senyawa ini memiliki kemampuan mengurangi LDL, atau kolesterol jahat, sementara meningkatkan HDL, atau kolesterol baik dalam tubuh.

Kandungan antioksidan pada jus delima sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada wine merah dan teh hijau. Antioksidan dalam jus delima melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta membantu mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri. Jus delima juga mengandung fitosterol, yang secara khusus dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam usus.

Selain itu, jus delima mengandung asam linoleat, asam lemak tak jenuh yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kesehatan jantung. Asam ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Penting untuk dicatat bahwa jus delima yang efektif menurunkan kadar kolesterol adalah jus delima murni yang tidak dicampur dengan gula tambahan. Konsumsi jus delima secara teratur dapat mengoptimalkan efek penurunan kolesterol tinggi. Namun, sebagai langkah terbaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi jus delima sebagai minuman penurun kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.