Sukses

Cara Download WhatsApp Desktop Terbaru, Begini Langkah-Langkahnya

WhatsApp desktop memberikan kemudahan untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega langsung dari komputer Anda.

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp desktop memberikan kemudahan untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega langsung dari komputer Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua fitur WhatsApp, termasuk pesan, panggilan suara, dan video, dengan layar yang lebih besar dan pengalaman mengetik yang lebih nyaman. Ini adalah solusi ideal bagi mereka yang bekerja di depan komputer sepanjang hari dan ingin menjaga komunikasi tanpa terganggu oleh ponsel.

Download WhatsApp desktop sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dari situs resmi WhatsApp dan mengikuti beberapa langkah instalasi yang sederhana. Setelah terpasang, Anda dapat menyinkronkan akun WhatsApp Anda dengan memindai kode QR menggunakan ponsel, memastikan semua percakapan dan kontak tersedia di desktop.

Dengan WhatsApp desktop, mengirim dokumen, foto, dan video menjadi lebih efisien karena Anda dapat langsung mengakses file dari komputer Anda. Selain itu, notifikasi desktop memastikan Anda tidak pernah melewatkan pesan penting. Aplikasi ini juga mendukung enkripsi end-to-end, memberikan keamanan dan privasi yang sama seperti versi selulernya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara download WhatsApp desktop yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Syarat Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop

Menurut penjelasan yang terdapat di situs resmi WhatsApp, tidak semua perangkat dapat mengunduh dan menginstal versi terbaru WhatsApp Web untuk desktop. Ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk menggunakan aplikasi ini dengan optimal. WhatsApp Desktop hanya dapat dijalankan pada komputer yang memenuhi persyaratan sistem operasi berikut:

  1. Untuk pengguna Windows, komputer harus menjalankan Windows 8.1 atau versi yang lebih baru.
  2. Untuk pengguna macOS, komputer harus menjalankan macOS 10.11 atau versi yang lebih baru.

Pastikan perangkat Anda memenuhi kriteria ini agar dapat menikmati semua fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh WhatsApp Desktop tanpa masalah kompatibilitas atau kinerja.

3 dari 7 halaman

Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop di Windows

Berikut ini terdapat beberapa langkah untuk download WhatsApp desktop terbaru di Windows, yakni:

  1. Buka browser di laptop atau komputer Anda, boleh Google Chrome, Safari, atau Mozilla Firefox.
  2. Masuk ke situs whatsapp.com/download/.
  3. Pada halaman awal situs tersebut, klik "Unduh untuk Windows".
  4. Tunggu beberapa saat hingga file aplikasi WhatsApp Desktop untuk Windows berformat ".exe" berhasil terunduh.
  5. Buka file tersebut di folder unduhan dan lanjutkan dengan proses instalasi.
4 dari 7 halaman

Cara Download WhatsApp Web Terbaru untuk Desktop di Mac

Berikut ini terdapat beberapa langkah untuk download WhatsApp desktop terbaru di Mac, yakni:

  1. Lagkah pertama adalah membuka browser di Mac.
  2. Kunjungi situs whatsapp.com/download/, lalu pilih "Unduh untuk MacOS".
  3. Tunggu proses download selesai dengan format file ".dmg".
  4. Setelah itu, buka file di folder unduhan dan lakukan pemasangan WhatsApp Desktop pada perangkat Anda.
5 dari 7 halaman

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Untuk membuka WhatsApp melalui WhatsApp Web, Anda memerlukan akses ke browser, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  1. Buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, atau yang lainnya
  2. Kunjungi situs web.whatsapp.com
  3. Buka aplikasi WhatsApp di HP, lalu klik ikon titik tiga pada Android atau setting pada iOS
  4. Pilih "tautkan perangkat" atau "link device"
  5. Arahkan kamera smartphone ke QR code yang ada di layar website WhatsApp Web
  6. Tunggu hingga proses pindai QR code selesai dan muncul keterangan "end-to-encryption" di perangkat
  7. Jika proses sinkronisasi sudah selesai, halaman utama WhatsApp akan muncul di komputer Anda.
6 dari 7 halaman

Cara Menggunakan WhatsApp Desktop

Apabila perangkat Anda memenuhi syarat untuk menginstal WhatsApp Desktop, silahkan download terlebih dahulu aplikasinya dengan mengikuti panduan yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah terinstal, aplikasi WhatsApp Desktop akan tampil di desktop perangkat Anda.
  2. Buka aplikasinya dan pindai QR code, caranya sama seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.
  3. Setelah proses pindai QR code dan sinkronisasi selesai, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp Desktop.
7 dari 7 halaman

Fitur WhatsApp Web yang Tersembunyi

Banyak pengguna WhatsApp Web yang mungkin belum mengetahui berbagai fitur tersembunyi yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan aktivitas chatting mereka. Berikut ini adalah deretan fitur tersembunyi WhatsApp Web yang patut Anda coba, yakni:

1. Membaca Pesan Tanpa Ketahuan

WhatsApp memiliki fitur centang dua biru untuk menandai pesan yang telah dibaca. Meskipun fitur ini bisa dimatikan, ada cara lain untuk melakukannya di WhatsApp Web. Anda bisa membuka chat di WhatsApp Web, lalu membuka file Notepad atau jendela lain dan mengubah ukurannya. Dengan cara ini, Anda dapat melihat chat di latar belakang. Selanjutnya, klik pada Notepad dan pastikan kursor berada di sana sehingga komputer mengira Anda sedang bekerja di jendela yang berbeda. Pesan akan tetap berada di jendela latar belakang dan dapat dibaca tanpa diketahui oleh pengirim.

2. Menggunakan Beberapa Akun di Komputer yang Sama

WhatsApp Web memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa akun pada komputer yang sama. Caranya adalah dengan membuka jendela penyamaran (incognito) atau menggunakan browser yang berbeda untuk setiap akun. Anda juga dapat membuka tab baru dan mengetik dyb.web.whatsapp.com untuk mengakses akun kedua atau ketiga.

3. Mengatur Volume dan Kecepatan Pemutaran Audio

WhatsApp Web menyediakan fitur tersembunyi untuk mengatur audio pesan suara. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan ekstensi Chrome bernama Zapp. Dengan ekstensi ini, Anda bisa menyesuaikan volume pesan audio serta mengubah kecepatan pemutaran sesuai keinginan Anda.

4. Tak Perlu Online di HP dan Bisa Multi Device

WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan akun tetap digunakan di komputer meskipun tidak terhubung dengan smartphone utama. Akun yang sama dapat digunakan di empat perangkat non-ponsel lain secara bersamaan. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, kemudian menuju ke menu opsi dan klik "Linked Devices". Selanjutnya, pilih menu "Multi-device beta" dan klik "Join now" untuk memulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.