Sukses

4 Resep Godok Pisang Sederhana dan Mudah Dibuat, Lezat dan Nikmat

Resep godok pisang merupakan salah satu camilan berbahan pisang yang mudah dibuat dengan cita rasa yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Godok pisang merupakan salah satu hidangan tradisional yang populer di Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari pisang matang yang dihaluskan kemudian digoreng. Cita rasanya yang unik menghadirkan perpaduan rasa pisang yang lembut.

Godok pisang juga cocok dinikmati di berbagai momen. Biasanya hidangan ini sering disajikan saat acara-acara adat atau upacara tradisional di Sumatera Barat. Namun, kini godok pisang juga bisa ditemui di warung-warung makan dan pasar tradisional di daerah Sumatra Barat.

Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lewatkan untuk mencicipi godok pisang yang khas ini. Nikmati kelezatan manis dan gurih dari hidangan tradisional yang satu ini. Selamat mencoba!

Namun Anda tidak harus ke Sumatera Barat untuk menikmati godok pisang. Ini karena godok pisang merupakan makanan yang mudah dibuat. Berikut adalah sejumlah resep godok pisang yang mudah dibuat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Godok Pisang Khas Padang

Godok pisang khas Padang adalah makanan tradisional yang populer di Sumatera Barat. Godok pisang memiliki cita rasa manis dan lezat yang dihasilkan dari pisang matang yang dihaluskan kemudian di goreng. Untuk membuatnya, ikuti petunjuk resep godok pisang  berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • Pisang uli 6 buah
  • Tepung sagu Sapapua 50 gr
  • Kelapa parut 50 gr
  • Gula 1 sdm
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Haluskan pisang menggunakan garpu hingga menjadi puree. Pastikan pisang sudah matang agar mudah dihaluskan.
  2. Tambahkan gula pasir, garam, dan kelapa parut ke dalam pisang yang telah dihaluskan. Aduk rata agar semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Masukkan tepung sagu Sapapua ke dalam adonan pisang. Aduk rata hingga adonan tercampur dengan baik dan mengental.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil menggunakan sendok. Ukuran bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng bulatan adonan pisang hingga matang kecoklatan.
  6. Angkat godok pisang dari minyak panas dan tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur agar minyak berlebih terserap.
  7. Godok pisang siap disajikan. Bisa dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup.

Itulah cara lengkap dalam membuat godok pisang khas Padang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan hidangan tradisional yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

 

Resep Godok Pisang Uli

Godok pisang uli adalah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari pisang yang telah matang. Untuk membuatnya, simak petunjuk resep godok pisang berikut ini.

Bahan-Bahan:

  1. Pisang uli 6 buah
  2. Tepung sagu Sapapua 50 gr
  3. Kelapa parut 50 gr
  4. Gula 1 sdm
  5. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Haluskan pisang menggunakan garpu hingga benar-benar lembut.
  2. Tambahkan gula pasir secukupnya untuk memberikan rasa manis pada godok pisang.
  3. Masukkan sedikit garam untuk menambahkan sedikit sentuhan gurih pada camilan ini.
  4. Campurkan pula kelapa parut yang telah disangrai agar memberikan sensasi kriuk pada setiap gigitan godok pisang.
  5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  6. Tambahkan tepung sagu Sapapua sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.
  7. Bentuk adonan menggunakan sendok, lalu goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
  8. Goreng hingga matang kecoklatan pada kedua sisi godok pisang lilin.
  9. Angkat godok pisang lilin dan tiriskan minyak berlebih.
  10. Godok pisang lilin siap disajikan sebagai camilan yang lezat dan dapat dinikmati bersama keluarga tercinta.

Itulah cara membuat godok pisang lilin yang enak dan gurih. Camilan ini juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk menikmati pisang yang sudah matang. Selamat mencoba!

3 dari 3 halaman

Resep Godok Pisang Simple

Godok pisang adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari pisang yang dihaluskan. Biasanya, pisang yang digunakan adalah pisang matang atau pisang yang memiliki tekstur lebih lembut. Untuk membuatnya, ikuti petunjuk resep godok pisang berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • Pisang matang sebanyak 300 gram
  • Tepung terigu sebanyak 130 gram
  • Gula pasir sebanyak 3 sendok makan disesuaikan dengan manisnya pisang
  • Garam dapur halus sebanyak ¼ sendok teh
  • Kelapa parut setengah tua sebanyak 5 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bersihkan pisang terlebih dahulu dengan mengupas kulitnya. Pastikan pisang yang digunakan sudah matang sehingga memiliki rasa yang manis.
  2. Setelah itu, tumbuk pisang yang telah dikupas menggunakan gelas atau garpu sampai pisang menjadi lembut dan halus.
  3. Tambahkan garam dapur halus dan gula pasir ke dalam adonan pisang. Aduk hingga merata agar rasa gurih dan manis tercampur sempurna.
  4. Selanjutnya, tambahkan kelapa parut setengah tua ke dalam adonan pisang. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.
  5. Tuangkan tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk agar adonan menjadi kental dan lengket.
  6. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak hingga mendidih. Ambil adonan godok pisang menggunakan sendok, lalu masukkan ke dalam minyak panas.
  7. Goreng godok pisang hingga berwarna kuning kecoklatan atau hingga matang sempurna. Angkat dan tiriskan sementara untuk menghilangkan minyak berlebih.
  8. Letakkan godok pisang di atas piring saji dan hidangkan selagi masih hangat. Anda dapat menambahkan topping seperti keju parut atau gula pasir untuk penambahan rasa yang lebih nikmat.

Dengan resep godok pisang yang mudah dan sederhana ini, Anda dapat membuat hidangan tradisional yang lezat dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba!

 

Resep Godok Pisang Lilin

Godok pisang lilin adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal dan disukai banyak orang. Resep godok pisang lilin cukup sederhana dan mudah untuk diikuti. Pertama, pisang yang sudah matang dipilih dan dikupas kulitnya. Untuk membuatnya, simak petunjuk resep godok pisang berikut ini.

Bahan-Bahan:

  • 6 buah pisang lilin
  • 200 gr terigu
  • ½ sdt garam halus
  • 2 sdm Palmia Margarin Serbaguna
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Kupas pisang dan hancurkan dengan bantuan garpu atau sendok. Pastikan pisang benar-benar halus agar menjadi adonan yang lebih lembut dan mudah digoreng.
  2. Setelah pisang dihancurkan, masukkan tepung terigu dan garam ke dalam pisang yang sudah hancur tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Panaskan wajan dengan jumlah minyak yang cukup untuk menggoreng. Tambahkan Palmia Margarin Serbaguna untuk memberikan kelezatan ekstra pada godok pisang.
  4. Ambil secukupnya adonan pisang dan goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Pastikan godok pisang matang merata dan tidak terlalu kering.
  5. Angkat godok pisang dari wajan dan tiriskan minyaknya dengan menggunakan tisu dapur atau saringan kawat. Diamkan sejenak agar godok pisang sedikit renyah.
  6. Godok pisang lilin siap dihidangkan sebagai camilan lezat. Anda dapat menyajikannya dengan taburan gula pasir atau parutan keju untuk menambah cita rasa.

Itulah cara membuat godok pisang lilin yang mudah dan sederhana. Camilan ini cocok disantap pada saat santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.