Sukses

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Begini Perhitungannya

Malam Lailatul Qadar 2024 diperkirakan jatuh pada salah satu malam dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan pada tanggal ganjil.

Liputan6.com, Jakarta - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang amat istimewa dalam agama Islam, dipercayai sebagai malam di mana keutamaan dan kemuliaan Allah SWT diturunkan kepada umat-Nya. Keagungan malam ini melebihi ribuan bulan, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran QS. al-Qadr ayat 1-5.

Bagi umat Islam, mengetahui kapan malam Lailatul Qadar terjadi merupakan hal yang sangat penting untuk memaksimalkan ibadah dan mendapatkan pahala yang besar. Oleh karena itu, pertanyaan "kapan malam Lailatul Qadar 2024" menjadi perhatian utama bagi umat Islam di seluruh dunia.

Menurut berbagai sumber yang merujuk pada hasil sidang isbat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), malam Lailatul Qadar 2024 diperkirakan jatuh pada salah satu malam dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan pada tanggal ganjil.

Meskipun terdapat perbedaan dalam hasil perhitungan antara kedua lembaga tersebut, namun kedua lembaga memberikan pedoman yang digunakan oleh umat Islam dalam menentukan ibadah-ibadah khusus di Malam Lailatul Qadar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kapan malam Lailatul Qadar terjadi dan perhitungannya, Senin (25/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Malam Lailatul Qadar Pertama (1 April 2024)

Pada tanggal 1 April 2024, diprediksikan sebagai Malam Lailatul Qadar pertama. Malam ini menjadi awal dari serangkaian malam yang sangat istimewa di bulan Ramadan.

Di malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa, membaca Al-Quran, dan melakukan amal kebajikan lainnya.

Malam Lailatul Qadar dipercaya memiliki keutamaan yang sangat besar, di mana setiap kebaikan yang dilakukan pada malam ini akan mendapat pahala yang berlipat-lipat.

2. Malam Lailatul Qadar Kedua (3 April 2024)

Pada tanggal 3 April 2024, diprediksikan sebagai Malam Lailatul Qadar kedua. Malam ini juga merupakan kesempatan yang langka bagi umat Muslim untuk mendapatkan ampunan dan rahmat Allah SWT. Di malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, beristighfar, serta memperbanyak amal ibadah lainnya.

Meskipun tanggal pasti Malam Lailatul Qadar tidak dapat dipastikan secara pasti, umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan setiap malam terakhir Ramadan dengan beribadah dengan sungguh-sungguh.

3. Malam Lailatul Qadar Ketiga (5 April 2024)

Pada tanggal 5 April 2024, diprediksikan sebagai Malam Lailatul Qadar ketiga. Malam ini menjadi momen yang sangat berharga bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai ibadah dan doa.

Menurut ajaran Islam, Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana ditetapkan segala urusan manusia untuk tahun yang akan datang. Oleh karena itu, umat Muslim sangat dianjurkan untuk memanfaatkan malam ini dengan melakukan ibadah yang benar dan baik.

4. Malam Lailatul Qadar Keempat (7 April 2024)

Pada tanggal 7 April 2024, diprediksikan sebagai Malam Lailatul Qadar keempat. Malam ini merupakan kesempatan terakhir dalam sepuluh hari terakhir Ramadan untuk meraih berkah dan ampunan Allah SWT.

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah dan berdoa dengan sungguh-sungguh agar mendapat berkah dan ampunan pada malam yang amat istimewa ini.

Tanggal-tanggal perkiraan Malam Lailatul Qadar 2024 berasal dari hasil perhitungan yang dilakukan oleh dua lembaga yang berwenang dalam menentukan awal bulan Ramadan, yaitu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah).

Kemenag RI dan PP Muhammadiyah menggunakan metode perhitungan yang berbeda untuk menentukan awal bulan Ramadan dan 10 hari terakhir bulan tersebut, yang juga merupakan masa di mana Malam Lailatul Qadar diperkirakan terjadi.

 

 

3 dari 3 halaman

Perhitungan Malam Lailatul Qadar 2024

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dalam agama Islam, dipercayai sebagai malam di mana keutamaan dan kemuliaan Allah SWT diturunkan kepada umat-Nya. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran QS. al-Qadr ayat 1-5), malam ini lebih utama daripada seribu bulan di hari-hari selain Lailatul Qadar.

Dalam buku "Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan" oleh Abu Maryam Kautsar Amru, ditegaskan bahwa Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan bernilai lebih baik dari 1000 bulan. Karenanya, ibadah dan amal kebaikan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar memiliki nilai pahala yang sangat besar, melebihi jika dilakukan selama 1000 bulan di hari-hari biasa.

Untuk mengetahui kapan Malam Lailatul Qadar terjadi pada tahun 2024, umat Islam mengacu pada perhitungan yang didasarkan pada Al-Quran dan Sunnah. Dalam buku "Mukjizat Lailatur Qadar" karya Arif M. Riswanto, disebutkan beberapa versi mengenai waktu terjadinya Malam Lailatul Qadar.

Pendapat yang diberikan bervariasi merujuk kitab Syarh Al-Nawawi 'ala Shahih Muslim, Imam Al-Nawawi termasuk pendapat dari Ubay ibn Ka'b yang menyatakan bahwa Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ke-27 bulan Ramadhan. Selain itu, banyak ulama berpendapat bahwa Malam Lailatul Qadar adalah malam yang samar dan tidak bisa dipastikan, namun terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Selain itu, ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil bulan Ramadan, serta pendapat lain yang menyatakan terjadinya pada malam ke 27, 25, 23, dan 21 Ramadhan. Semua pendapat tersebut mengindikasikan bahwa Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar, sehingga umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal kebaikan pada malam-malam tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.