Sukses

Doa Sholat Lailatul Qadar Lengkap dengan Tata Cara dan Bacaan yang Dianjurkan

Sebagaimana sholat sunnah lainnya, sholat lailatul qadar harus didahului dengan doa sholat lailatul qadar, yang membedakan sholat sunnah ini dengan sholat sunnah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Malam Lailatul Qadar adalah malam teristimewa dalam bulan Ramadan yang dipercaya menjadi malam turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad Saw. Malam ini memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pahala dan keberkahan. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di malam ini, termasuk melakukan sholat Lailatul Qadar.

Sholat Lailatul Qadar merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pada malam lailatul qadar. Sholat ini dilakukan pada tengah malam hingga sebelum matahari terbit. Dalam sholat ini, umat Muslim diajarkan untuk memanjatkan doa-doa khusus, sebagai bentuk penghormatan dan dekat dengan Allah Swt.

Sebagaimana sholat sunnah lainnya, sholat lailatul qadar harus didahului dengan doa sholat lailatul qadar, yang membedakan sholat sunnah ini dengan sholat sunnah lainnya. Lalu bagaimana bacaan doa sholat lailatul qadar? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Sholat Lailatul Qadar

Doa Sholat Lailatul Qadar adalah ibadah sunah yang dilakukan pada malam-malam terakhir bulan Ramadan. Sholat ini memiliki keutamaan yang besar, karena dalam malam tersebut terdapat Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Untuk melakukan sholat Lailatul Qadar, kita perlu mengetahui waktu-waktu pentingnya. Sholat ini dilakukan setelah sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh. Pada waktu tersebut, kita bisa melaksanakan sholat sunah tarawih dan sholat witir sebanyak tujuh atau sepuluh rakaat.

Dalam sholat malam ini, kita perlu membaca doa-doa khusus yang dapat meningkatkan keutamaannya. Beberapa doa yang harus dibaca adalah doa Qunut Nazilah, doa Kamilah, dan doa-ketika-sujud-inti. Selain itu, kita juga bisa membaca dzikir, istighfar, dan membaca Al-Quran.

Meski demikian ada doa yang sangat penting, yakni doa sholat lailatul qadar. Adapun bacaan doa sholat lailatul qadar adalah sebagai berikut:

أُصَلَّ سُنَّةٌ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ أكْبَرْ

"Ushallî sunnatan fî lailatil qadri rak''taini mustaqbilal qiblati lill'hi ta''l'. All'hu Akbar."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Taala. Allah Maha Besar."

Dengan menjalankan sholat Lailatul Qadar, kita bisa mendapatkan berbagai keutamaan dan kemuliaan. Oleh karena itu, manfaatkan malam-malam terakhir bulan Ramadan dengan melaksanakan sholat malam ini. Jangan lupa membaca doa-doa yang disebutkan, beristighfar, dan berdoa agar kita mendapatkan keberkahan dalam hidup kita.

 

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Sholat Lailatul Qadar adalah ibadah sunnah yang dikerjakan ketika malam-malam terakhir bulan Ramadan. Ibadah ini memiliki nilai keutamaan yang sangat tinggi karena dalam malam tersebut terdapat kemungkinan besar mendapatkan pengampunan dosa dan rahmat Allah SWT. Berikut ini tata cara melaksanakan sholat Lailatul Qadar.

Pertama, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat Lailatul Qadar sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Kemudian, berdirilah menghadap kiblat dan mengucap Takbiratul Ihram sebagai tanda dimulainya sholat.

Setelah itu, bacalah doa Iftitah untuk memulai sholat, diikuti dengan membaca surat Al-Fatihah. Selanjutnya, bacalah surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, atau surat-surat lain yang diketahui dengan baik. Setelah itu dilanjutkan dengan ruku, sujud, sebagaimana sholat sunnah lainnya.

  1. Adapun daftar surat dan bacaan yang dianjurkan untuk diamalkan dalam sholat lailatul qadar adalah sebagai berikut:
  2. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah surat Al-Fatihah pada rakaat pertama
  3. Membaca surat Al-Fatihah pada rakaat kedua
  4. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah surat Al-Fatihah pada rakaat kedua
  5. Setelah salam membaca istighfar sebanyak 70 kali.  Adapun bacaan istighfar yang dibaca usai shalat sunnah Lailatul Qadar adalah:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāha wa atūbu ilayhi

Artinya: "Aku memohon ampunan Allah dan aku bertobat kepada-Nya."

4 dari 5 halaman

Doa Malam Lailatul Qadar

Doa malam Lailatul Qadar adalah doa-doa yang dibaca pada malam yang dianggap sebagai malam terbaik dalam setahun. Pada malam Lailatul Qadar, umat muslim dianjurkan untuk beribadah dengan membaca doa-doa khusus untuk meminta ampunan, pahala, dan keberkahan.

Salah satu doa yang harus dibaca adalah sebagai berikut,

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni" 

Artinya: "Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Maha Mengasihi keampunan, maka ampunilah aku".

Doa ini mengajarkan umat muslim untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan mengikuti sifat pemaaf-Nya. Dengan membaca doa ini, umat muslim diingatkan pentingnya memaafkan kesalahan orang lain.

Selain itu, doa lain yang juga penting dibaca adalah "Allahumma inni astaghfiruka min kulli dzambin wa atubu ilaika" yang artinya "Ya Allah, aku memohon ampunan-Mu dari setiap dosa dan aku bertaubat kepada-Mu". Doa ini mengajarkan umat muslim untuk selalu bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Dengan mengikuti ajaran ini, umat muslim dapat memperoleh pahala dan berharap mendapatkan keberkahan.

Berdoa pada malam Lailatul Qadar juga memiliki hikmah yang besar. Malam ini dianggap sebagai malam yang penuh keberkahan, pahala dilipatgandakan, dan segala doa dikabulkan. Oleh karena itu, berdoa pada malam Lailatul Qadar merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

Dalam doa-doa ini, umat muslim juga diajarkan untuk tawakal dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Melalui doa, umat muslim diperintahkan untuk mengakui kesalahan dan bertaubat dengan tulus. Doa-doa ini mengajarkan umat muslim untuk hidup dalam pengharapan dan ketaatan terhadap Allah SWT.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat muslim. Dengan membaca doa-doa yang berkaitan dengan malam ini, umat muslim diajarkan untuk memohon ampunan, berdoa, dan bertaubat kepada Allah SWT. Dengan mengikuti ajaran ini, umat muslim dapat berharap mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar dari-Nya.

 

5 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar dapat dilihat melalui fenomena alam yang terjadi pada malam tersebut. Salah satu tanda yang dapat dilihat adalah ketiadaan hujan. Pada Malam Lailatul Qadar, langit biasanya cerah dan tidak ada tetes hujan yang jatuh.

Selain itu, matahari juga bersinar terang pada pagi harinya setelah Malam Lailatul Qadar. Ini menjadikan langit terang sejak fajar hingga matahari terbit. Fenomena ini menunjukkan keberkahan Malam Lailatul Qadar.

Selain itu, udara pada Malam Lailatul Qadar terasa sangat sejuk. Kelembutan dan kejernihan udaranya memberikan ketenangan dan keteduhan.

Selain itu, angin berhembus lembut pada Malam Lailatul Qadar. Angin ini memberikan kesegaran dan membawa kesan ketenangan hati.

Malam Lailatul Qadar memiliki tanda-tanda khusus yang mengindikasikan keberadaannya. Melalui ketiadaan hujan, matahari yang cerah, udara yang sejuk, dan angin yang berhembus lembut, kita dapat merasakan kehadiran Malam Lailatul Qadar. Keywords to include: Malam Lailatul Qadar, tanda-tanda, tidak ada hujan, matahari bersinar, udara sejuk, angin berhembus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.