Sukses

7 Keutamaan Membaca Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari-hari, Muslim Wajib Tahu

Membaca Asmaul Husna adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Liputan6.com, Jakarta Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang indah dan sempurna. Terdapat 99 Asmaul Husna yang setiap nama ini memiliki makna mendalam dan menggambarkan sifat-sifat Allah yang Maha Kuasa. Membaca Asmaul Husna memiliki banyak keutamaan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang tidak boleh diabaikan.

Membaca Asmaul Husna adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan mengenal dan memahami setiap nama, kamu dapat mengapresiasi betapa Agung, Maha Kuasa, dan Maha Penyayang Allah. Orang yang menghayati dan sering membaca Asmaul Husna akan merasakan kehadiran Allah yang lebih dekat dalam setiap langkah hidupnya.

Selain itu, membaca Asmaul Husna juga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Saat menghadapi masalah atau kesusahan, kamu bisa merenungkan nama Allah yang relevan dengan situasi kamu. Misalnya, jika merasa cemas, kamu dapat mengingat nama Al-Wadud yang berarti Maha Pengasih. Merenungkan nama ini akan memberikan kedamaian dan meyakinkan kita bahwa Allah selalu menyayangi dan mengasihi hamba-Nya.

Membaca Asmaul Husna juga memiliki keutamaan dalam menjaga hubungan sosial. Dengan mengamalkan dan mengingat nama-nama Allah yang memiliki sifat-sifat kasih sayang, keadilan, dan kebijaksanaan, kecenderungan kamu untuk bersikap sabar, toleran, dan penuh pengertian terhadap sesama Muslim akan menjadi lebih besar. Keutamaan ini akan mendukung terciptanya hubungan yang harmonis dan penuh kasih sayang dalam masyarakat Muslim.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/3/2024) tentang keutamaan membaca Asmaul Husna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mendapatkan Surga

Keutamaan membaca Asmaul Husna yang pertama yaitu mendapatkan surga. Allah menjanjikan setiap orang yang mengamalkan Asmaul Husna dalam perkataan dan juga kepribadian atau tingkah lakunya akan dimasukkan ke dalam surga di hari pembalasan kelak.

"Allah mempunyai 99 nama, 100 kurang satu, barang siapa memahaminya akan masuk surga," (HR Imam Bukhari dan Muslim)

Asmaul husna dapat dibaca kapan saja. Sama seperti zikir, membaca asmaul husna juga dapat mengingat Allah dan mendekatkan diri pada Allah.

 

2. Doa Dikabulkan

Keutamaan membaca asmaul husna juga dapat membuat doa lebih mudah dikabulkan. Allah memerintahkan setiap hamba untuk berdoa dengan menyebut asmaul husna, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 180,

"Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohon lah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkan lah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam [menyebut] nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan," (Q.S. Al-Araf ayat 180)

3 dari 4 halaman

3. Mendapatkan Ketenangan Hati

Keutamaan membaca Asmaul Husna juga dapat menenangkan hati. Orang-orang yang mengingat Allah atau melalukan dzikir menyebut asma Allah, maka akan mendapatkan ketenangan hati. Dalam surat Ar Rad ayat 28, Allah berfirman:

Allaziina aamanu wa tatma'innu qulubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tatma'innul-qulub

Artinya:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

 

4. Membuka Pintu Rezeki 

Keutamaan membaca Asmaul Husna juga dapat membuka pintu rezeki. Ada beberapa nama yang menunjukkan betapa Maha Kaya Allah Swt., seperti Al-Ghanniyu (Allah Maha Kaya) dan Al-Mughni (Allah yang memberikan kecukupan pada hamba-hamba-Nya).

Allah akan memberikan rezeki kepada hamba-hamba-nya. Oleh karena itu, saat berusaha mencari rezeki, harus dibarengi dengan doa yang tulus kepada Allah. Satu di antaranya dengan rajin mengamalkan ibadah-ibadah sunah, seperti salat duha dan rutin membaca asmaul husna. 

4 dari 4 halaman

5. Takut Kepada Allah

Selain lebih mengenal Allah SWT, keutamaan membaca Asmaul Husna juga membuat kamu akan memahami betapa Allah benar-benar Maha Kuasa, sehingga kamu akan takut kepada-Nya dan lebih rajin beribadah. Seorang muslim akan takut untuk melanggar segala perintah Allah SWT. Hal ini disampaikan Allah melalui firman-Nya dalam surat Ali Imran ayat 191:

Allaziina yazkurunallaaha qiyaamaw wa qu'udaw wa 'alaa junubihim wa yatafakkaruna fii khalqis-samaawaati wal-ard, rabbanaa maa khalaqta haazaa baatilaa, sub-haanaka fa qinaa 'azaaban-naar

Artinya:

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

 

6. Dosa Diampuni

Keutamaan membaca Asmaul Husna juga dapat membuat dosa kamu diampuni Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Ar-Ra'd ayat 28 yang artinya:

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.”

 

7. Mendapat Kemudahan Urusan 

Kehidupan tak pernah luput dari ujian dan cobaan. Untuk itu, berserah diri kepada Allah adalah jalan terbaik agar dapat melaluinya. Keutamaan membaca Asmaul Husna biasanya dilakukan dengan penuh pengharapan, sehingga Allah akan memberikan kemudahan di setiap jalan yang dilalui. Meski terasa sulit, umat Islam harus terus merasa optimistis dengan apa yang dilakukannya. Hal ini karena ia yakin, Allah selalu membersamainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.