Sukses

Doa Menghilangkan Pikiran Kotor saat Puasa Ramadhan, Dilindungi dari Hawa Nafsu

Doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa adalah sebuah permohonan kepada Allah SWT untuk membersihkan pikiran dari segala hal yang negatif.

Liputan6.com, Jakarta Dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selama berpuasa, selain menahan lapar dan haus, juga penting untuk menjaga pikiran agar tetap bersih dan terhindar dari pikiran-pikiran kotor. Oleh karena itu, umat Islam perlu mengetahui doa yang dapat digunakan untuk menghilangkan pikiran kotor saat berpuasa di bulan Ramadhan. 

Doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa adalah sebuah permohonan kepada Allah SWT untuk membersihkan pikiran dari segala hal yang negatif. Dalam doa ini, umat Muslim meminta pertolongan-Nya agar terjaga dari godaan yang datang dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Doa tersebut dipanjatkan dengan harapan agar tetap kuat dalam menjalankan ibadah puasa dengan penuh ketakwaan serta mampu mengendalikan hawa nafsu dan emosi.

Dengan melantunkan doa ini saat menjalani ibadah puasa, kamu berharap agar pikiran dan hati tetap terlindungi dan terjaga dari pikiran kotor serta kemungkaran. Doa ini menjadi bentuk manifestasi kamu sebagai hamba yang memiliki keterbatasan dan memohon perlindungan serta petunjuk dari Sang Pencipta. Sehingga, ibadah puasa yang dilakukan tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga mengembangkan kesadaran spiritual dan pemurnian jiwa. Dengan doa ini, diharapkan umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan tulus ikhlas dan penuh penghayatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2024) tentang doa menghilangkan pikiran kotor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Agar Dilindungi dari Hawa Nafsu

Doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa Ramadhan pertama yang bisa kamu lafalkan yaitu doa agar dilindungi dari buruknya akhlak dan hawa nafsu. Berikut doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa Ramadhan:

Doa menghilangkan pikiran kotor tulisan Arab:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Doa menghilangkan pikiran kotor Latin:

Allohumma inni a’udzu bika min munkarootil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa.

Arti doa menghilangkan pikiran kotor:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek."

3 dari 4 halaman

Doa Mohon Ketakwaan dan Kesucian Jiwa

Doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa Ramadhan juga bisa dengan melafalkan doa memohon ketakwaan dan kesucian jiwa. Ketakwaan dan kesucian jiwa sangat penting untuk menjaga diri dari hal-hal yang dilarang Allah SWT, seperti berpikiran kotor.

Untuk menjaga ketakwaan dan kesucian jiwa, kamu bisa mengamalkan doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa Ramadhan berikut ini yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

Doa menghilangkan pikiran kotor tulisan Arab:

اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَن زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا

Doa menghilangkan pikiran kotor Latin:

Allaahumma aati nafsii taqwaahaa wazakkihaa, anta khairu man zakkaahaa, anta waliyyuhaa wa maulaahaa.

Arti doa menghilangkan pikiran kotor:

"Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa, dan sucikanlah ia karena Engkau-lah sebaik-baik Rabb yang menyucikannya, Engkau Pelindung dan Pemeliharanya.”

4 dari 4 halaman

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Diri, Setan, dan Bala Tentaranya

Pikiran kotor bisa datang dari mana saja, baik dari diri sendiri, setan yang ada di sekeliling, serta bala tentaranya. Oleh karena itu, agar terhindar dari bisikan setan, Islam mengajarkan kepada setiap umatnya agar selalu berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa menghilangkan pikiran kotor saat puasa Ramadhan dengan memohon perlindungan dari kejahatan diri, setan, dan bala tentaranya:

Doa menghilangkan pikiran kotor tulisan Arab:

اللَّهُمَّ عاَلِمَ الغَيْبِ والشَّهَادَةِ ، فَاطِرَ السَّمواتِ والأَرْضِ ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إلَهَ إلَّا أَنْتَ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Doa menghilangkan pikiran kotor Latin:

Allahumma ‘aalimal ghoybi wasy-syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy-syaythooni wa syirkihi.

Arti doa menghilangkan pikiran kotor:

“Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.