Sukses

Kwetiau Wanita Ini Tiba-Tiba Berubah Hitam saat Dimasak, Curiga Ada Hal Mistis

Seorang wanita syok mengetahui kwetiau yang sedang dimasaknya berubah menjadi warna hijau kehitaman. Ia pun khawatir ada kaitannya dengan ilmu hitam.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengguna @ummiaulianaqi membagikan kejadian mengerikan di laman TikTok miliknya. Saat memasak, pemilik akun bernama Ummi itu syok melihat kwetiau yang sedang dimasaknya tiba-tiba berubah warna jadi hijau kehitaman, dan begitu pekat.

Insiden yang diceritakannya itu diduga melibatkan hal mistis, yakni ilmu hitam. Ilmu hitam memang bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng. Kekuatan-kekuatan itu selalu ada di sekitar manusia. Dalam keterangan unggahan, Ummi menceritakan keprihatinan atas kejadian yang dialaminya.

"Maaf, tapi aku benar-benar perlu tahu. Adakah di antara kalian ibu rumah tangga yang pernah memasak kwetiau dan tiba-tiba berubah warna menjadi hijau kehitaman seperti ini? Selama 34 tahun hidupku, pertama kalinya aku melihat kuey teow yang aku masak menjadi hitam pekat seperti ini. Selalu baik-baik saja setiap kali saya memasak," tulisnya, dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @ummiaulianaqi, Rabu (6/3/2024).

Melansir dari World of Buzz, Ummi menceritakan bagaimana kejadian itu terjadi saat dirinya sedang memasak. Dalam video tersebut, terlihat kwetiau memiliki rona hitam atau kehijauan menyerupai makanan yang berjamur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Curiga ada kaitannya dengan hal mistis

Ummi menjelaskan bahwa dia melakukan rutinitas memasak seperti biasanya dan tidak mendokumentasikannya karena itu hanyalah bagian dari aktivitas sehari-harinya. Memasak telah menjadi bagian kesehariannya selama 10 tahun terakhir sebagai ibu rumah tangga.

Ummi menceritakan bahwa kakak iparnya adalah orang pertama yang melihat kwetiau yang gelap gulita. Dia merasa cukup syok dengan pemandangan yang menakutkan itu, karena itu adalah pertama kalinya dia mengalami kejadian seperti itu.

Setelah diunggah dan menceritakan kecurigaannya tentang hal mistis, beberapa orang di kolom komentar justru berpendapat kalau mungkin pemilik akun sengaja menggunakan tinta cumi untuk mendapatkan warna tersebut. Namun, dia dengan tegas membantah klaim tersebut.

"Saya tahu orang-orang di internet berasumsi saya menggunakan tinta cumi. Tapi sebenarnya aku tidak melakukannya," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Membuktikan masakannya tidak pakai tinta cumi

Ummi pun merinci bahan-bahan yang digunakannya untuk membuat kuetiau, yakni hanya campuran cabai dan ayam. Dia juga menyebutkan bahwa awalnya mencoba untuk mengabaikan kejadian tersebut dan tetap optimis, mengira dia mungkin menggunakan bumbu yang salah.

Dia berharap mendapatkan jawaban dan terbuka terhadap semua kritik dan pendapat dari warganet di TikTok. Karena masih penasaran, Ummi mengungkapkan bahwa dia memasak kwetiau untuk kedua kalinya, yang ternyata normal, dan ini sangat melegakan baginya.

"Alasan saya membagikan ini di TikTok hanyalah karena saya ingin tahu apakah ada orang lain yang pernah mengalami hal serupa. Jika ya, saya ingin mendengar cerita mereka dan mungkin memahami makna di baliknya," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Komentar netizen

Netizen mulai berdatangan ke bagian komentar, bersemangat untuk berbagi pemikiran dan teori mereka mengenai situasi ini, dan beberapa orang mengklaim bahwa itu mungkin ilmu hitam.

"Makanya ada pepatah lama yang selalu menutup pintu dan jendela saat Maghrib, apalagi saat kita tidak bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri. Selalu berhati-hati."

"Saya berumur 45 tahun, dan seumur hidup saya belum pernah memasak kwetiau sampai terlihat seperti ini. Ini jelas bukan hanya kebetulan jika ternyata berjamur."

"Ini bulan suci, jadi saya tidak akan terkejut jika ilmu hitam sedang mengintai. Jika Anda kurang beruntung, Anda bisa terkena dampaknya."

Namun, beberapa pengguna percaya itu hanyalah suatu kebetulan

"Panci aluminium Anda tampak baru. Jika Anda baru pertama kali menggunakannya, mungkin itulah penyebab kwetiau Anda berubah menjadi hitam atau hijau. Itu hanya berdasarkan pengalaman saya."

"Mie kwetiau mungkin masih berkapur, mungkin karena natrium. Mungkin itu hanya reaksi dari bahan kimia dan tidak ada hubungannya dengan ilmu hitam."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.