Sukses

Viral Fitur Flipside Instagram, Ini Cara Mengaktifkan dan Kegunaannya

Informasi seputar fitur dan cara menggunakan Flipside Instagram

Liputan6.com, Jakarta Instagram, sebagai salah satu platform media sosial terkemuka, terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan beragam penggunanya. Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Instagram adalah Flipside, sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi sisi alternatif dari kepribadian mereka tanpa perlu membuat akun kedua secara terpisah.

Fitur Flipside Instagram telah diluncurkan untuk sejumlah pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, setelah mengalami pengembangan selama beberapa bulan. Fenomena pengguna Gen Z yang kerap membuat akun alternatif atau yang dikenal sebagai 'second account' sepertinya menjadi inspirasi utama dalam pengembangan fitur ini. Dengan adanya Flipside, pengguna dapat merasakan pengalaman serupa tanpa harus membuat akun tambahan yang terpisah secara keseluruhan.

Sementara banyak orang menggunakan akun utama mereka untuk berbagi konten yang lebih terkurasi, akun kedua sering kali digunakan untuk membagikan konten yang lebih personal dan jujur. Dalam konteks ini, Flipside Instagram menjadi solusi yang memudahkan pengguna untuk menjelajahi sisi lain dari kepribadian mereka tanpa harus meninggalkan akun utama mereka.

Namun, apa sebenarnya fungsi dari Flipside Instagram jika sudah ada begitu banyak orang yang memiliki akun kedua? Untuk informasi lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber informasi seputar fitur dan cara menggunakan Flipside Instagram pada Jumat (26/1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengaktifkan Flipside Instagram?

Perlu dicatat bahwa Flipside bukan sekadar akun kedua, tetapi merupakan bagian integral dari akun utama. Ini berarti pengguna tidak perlu membuat akun tambahan dengan email dan identitas diri yang berbeda.

Bagaimana cara menggunakan Flipside Instagram? Pertama-tama, pastikan aplikasi Instagram Anda berjalan pada versi terbaru. Cek antarmuka profil Anda untuk melihat apakah sudah tersedia ikon bentuk 'kunci'. Instagram juga akan memberikan notifikasi jika akun Anda sudah memiliki akses ke fitur Flipside.

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Flipside Instagram:

  1. Tekan ikon 'Kunci' pada antarmuka profil Instagram.
  2. Pilih 'Add Friends' untuk menambahkan akun teman atau keluarga yang dapat melihat akun Flipside Anda.
  3. Tulis username dan lengkapi bio sesuai dengan preferensi Anda.
  4. Pilih 'Create' untuk mengunggah foto atau video yang mencerminkan sisi alternatif dari diri Anda.

Flipside Instagram dapat menjadi solusi ideal bagi mereka yang ingin memanfaatkan akun utama untuk berbagi hobi spesifik. Misalnya, pengguna dapat menggunakan akun utama untuk membagikan karya visual, portofolio musik, atau konten perjalanan, sementara konten yang lebih pribadi atau blak-blakan dapat disimpan di Flipside Instagram untuk dinikmati oleh orang-orang terdekat.

Dengan adanya fitur ini, Instagram semakin mengakomodir kebutuhan pengguna untuk mengekspresikan diri secara lebih bebas dan mendalam. Flipside Instagram tidak hanya memberikan ruang bagi kreativitas, tetapi juga memperluas pengalaman berbagi konten di platform yang terus berkembang ini.

3 dari 3 halaman

Apa Kegunaan Flipside Instagram?

Ketika Anda memutuskan untuk mengetuk ikon kunci yang baru muncul ini, sebuah dunia baru pun terbuka. Sebuah jendela muncul dengan penuh informasi mengenai fitur Flipside Instagram, yang pada hakikatnya memberikan pengguna ruang eksklusif untuk menjadi diri mereka yang sejati. Dalam ruang ini, hanya Anda dan orang-orang terdekat yang dapat dilihat konten yang Anda bagikan.

Sederhananya, Flipside Instagram memberikan kemampuan eksklusif untuk berbagi postingan, termasuk cerita (Stories), yang hanya dapat diakses oleh mereka yang telah Anda pilih untuk ditambahkan. Ini mirip dengan konsep 'second account,' namun dengan ciri khas yang membedakannya secara signifikan – semuanya terjadi di bawah payung akun yang sama, tanpa perlu repot membuat atau login dengan akun yang berbeda.

Dengan Flipside Instagram, pengguna memiliki kesempatan unik untuk menjelajahi dan mengekspresikan sisi diri mereka yang mungkin tidak cocok dengan konten di akun utama. Apakah itu kegemaran yang lebih pribadi, momen-momen keseharian yang lebih blak-blakan, atau karya-karya kreatif yang belum pernah Anda bagikan sebelumnya – semuanya dapat ditemukan di dalam Flipside.

Tidak hanya membatasi akses pada tingkat tertentu, Flipside Instagram juga menciptakan lingkungan yang lebih intim dan pribadi. Konten yang dibagikan di sini hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang telah Anda undang dan pilih untuk melihat ke dalam dunia pribadi Anda. Inilah tempat di mana kejujuran dan autentisitas bisa berkembang tanpa rasa khawatir terlalu banyak eksposur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.