Sukses

100 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa, Petunjuk Baik Jalani Hidup

Kumpulan Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa

Liputan6.com, Jakarta Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa merupakan kumpulan dari pernyataan-pernyataan bijak dan nasehat dari Rasulullah SAW yang dapat memberikan ketenangan dan ketentraman bagi jiwa dan hati kita. Hadits-hadits ini memiliki makna mendalam yang bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Kumpulan Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa ini mengandung berbagai macam pesan-pesan kebijaksanaan, petuah, dan nasihat dari Rasulullah yang dapat menjadi panduan bagi umat Muslim dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Hadits-hadits tersebut juga mengandung nilai-nilai moral dan etika yang dapat memperbaiki akhlak dan budi pekerti umat Muslim serta mendorong mereka untuk selalu berbuat kebaikan.

Dengan menyimak dan merenungkan kumpulan Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa, kita bisa menjadi lebih bijaksana dalam bertindak dan bersikap. Hadits-hadits tersebut juga dapat menjadi penyejuk dan penyembuh hati bagi umat Muslim yang sedang mengalami kesulitan atau kegundahan. 

Untuk itu, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kumpulan Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa, pada Rabu (13/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa Part 1

Hadits adalah sejumlah ucapan, perbuatan, atau ketetetapan Rasulullah SAW. yang merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. Hadits juga sering mengandung kata mutiara Islami yang bisa menyejukkan hati dan jiwa. Berikut ini adalah kumpulan 20 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa beserta sumbernya:

1. "Sesungguhnya orang yang kuat bukanlah yang mampu menjatuhkan orang lain, tetapi orang yang kuat adalah yang mampu menahan amarahnya." - HR. Bukhari

2. "Janganlah kamu mendustakan doa saudaramu, meskipun dia berdosa." - HR. Abu Dawud

3. "Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian, hingga ia mencintai bagi saudaranya apa yang ia cintai bagi dirinya sendiri." - HR. Bukhari dan Muslim

4. "Allah tidak memandang pada wajahmu dan harta benda, tetapi Dia memandang pada hati dan amalmu." - HR. Muslim

5. "Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menahan diri terhadap perkataan yang buruk dan tidak mengucapkan salam." - HR. Tirmidzi

6. "Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling berguna bagi manusia." - HR. Ahmad

7. "Bersegeralah berbuat kebaikan, sebelum datang keadaan yang menghalanginya." - HR. Thabrani

8. "Tidak ada orang yang beriman, sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri." - HR. Muslim

9. "Sesungguhnya di dalam jasad itu terdapat segumpal daging, jika baik maka baik pula seluruh jasadnya, jika rusak maka rusak pula seluruh jasadnya, itulah hati." - HR. Bukhari dan Muslim

10. "Janganlah kamu melupakan shalat malam, karena itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kamu." - HR. Tirmidzi

11. "Tidak lah beriman salah seorang diantara kalian, hingga ia mencintai bagi saudaranya (sesama muslim) apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri." (HR. Al-Bukhari)

12. "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR. Muslim)

13. "Orang yang sebaik-baiknya kamu adalah yang paling baik terhadap keluarganya, dan aku sebaik-baiknya kamu terhadap keluargaku." (HR. At-Tirmidzi)

14. "Sungguh, setiap umatku akan masuk surga kecuali orang yang enggan." (HR. Al-Bukhari)

15. "Sungguh, Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya." (HR. Muslim)

16. "Janganlah kamu membenci seorang muslim, janganlah kamu iri hati kepada sesama muslim, janganlah kamu saling membelakangi dan janganlah kamu saling menjual di antara diri kalian." (HR. Muslim)

17. "Siapa yang menyukai untuk menjadi orang yang kuat dan kokoh dalam segala urusannya serta untuk dikasihi dan dicintai oleh semua orang, hendaklah ia memperbanyak membaca; "La Ilaha Illallah." (HR. Tirmidzi)

18. "Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya, dan seseorang hanya mendapat apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya; dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang diinginkannya atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya karena apa yang dihidupkan" (HR. Bukhari dan Muslim)

19. "Akan halnya diriku dan dirimu, sesungguhnya keberuntungan itu berada pada orang-orang yang bertakwa." (HR. Ibnu Majah)

20. "Barangsiapa yang menjaga dua air matanya dari api neraka, maka dia akan dia akan masuk surga." (HR. Tirmidzi)

 
3 dari 6 halaman

Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa Part 2

Berikut adalah 20 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa beserta sumbernya:

1. "Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya" (HR. Bukhari no.1)

2. "Sesungguhnya setiap kebaikan itu adalah sedekah" (HR. Muslim no.1004)

3. "Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya" (HR. Bukhari no.6035)

4. "Janganlah kamu saling mendengki, saling hasad, saling membeli barang saudaranya" (HR. Muslim no. 2564)

5. "Siapa yang tidak meminta, niscaya tidak diberi" (HR. Bukhari no. 5335)

6. "Takutlah kepada Allah, dimanapun kamu berada, ikutilah keburukan dengan kebaikan" (HR. Tirmidzi no. 1987)

7. "Tidak sempurna iman seseorang diantara kamu, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri" (HR. Bukhari no. 13)

8. "Tidak ada kemudahan kecuali ada kesulitan, tidak ada kesulitan kecuali ada kemudahan" (HR. Bukhari no. 4942)

9. "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik pada wanita" (HR. Tirmidzi no. 1162)

10. "Sesungguhnya cinta itu tak akan hilang" (HR. Ahmad 5:336)

11. "Seseorang akan bersama orang yang dicintainya" (HR. Bukhari no. 6162)

12. "Sesungguhnya setiap rupa kebaikan adalah sedekah" (HR. Muslim no. 1004)

13. "Sungguh, perumpamaan orang yang ingat kepada Tuhannya dan orang yang tidak ingat kepada Tuhannya, seumpama hidup dan mati" (HR. Bukhari no. 6406)

14. "Jauhilah sifat hasad, karena sifat hasad memakan amal-amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar" (HR. Abu Daud no. 4903)

15. "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa dan harta kamu, tetapi Allah melihat kepada hati dan amalan kamu" (HR. Muslim no. 2564)

16. "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan berwudhu maka malaikat akan memohonkan ampunan bagi orang itu sepanjang ia tidur" (HR. Bukhari no. 123)

17. "Sesungguhnya pahala amal akan terlalu besar dihadapan besarnya ujian yang diberikan" (HR. Ibnu Majah no. 2111)

18. "Sesungguhnya sabar itu pada pertama kali musibah" (HR. Bukhari no. 1302)

19. "Demi Allah, aku tidak takut kepada kemiskinan, melainkan aku takut bahwa hartaku menyebabkan aku lalai" (HR. Bukhari no. 23)

20. "Barangsiapa yang meniti jalan dalam mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga" (HR. Muslim no. 2699) 

 
4 dari 6 halaman

Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa Part 3

Dengan mengingat dan merenungkan Hadits-hadits di atas, semoga dapat menjadi penyejuk hati dan jiwa bagi umat Islam dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah 20 Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa beserta sumbernya:

1. "Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi kecil dari kesombongan." (HR. Muslim)

2. "Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Hujurat: 1)

3. "Sedekah itu dapat meredakan murka Tuhan dan bisa menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi)

4. "Sesungguhnya setiap amal tergantung pada niatnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. "Kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan hati." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. "Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, jika baik maka baik pula seluruh tubuhnya. Namun jika rusak, maka rusak pula seluruh tubuhnya, itulah hati." (HR. Bukhari)

7. "Sungguh, hanya kebaikan yang dibalas dengan kebaikan." (HR. Al-Turmudzi)

8. "Janganlah kalian iri hati, saling bermusuhan, saling menyusahkan, dan janganlah kalian menjual satu sama lain, janganlah kalian berpaling muka." (HR. Muslim)

9. "Takutlah pada doa orang yang terdzolimi, karena tidak ada hijab antara doanya dengan Allah." (HR. Bukhari)

10. "Janganlah kalian berlebih-lebihan dalam memuji diriku sebagaimana orang Nasrani berlebih-lebihan memuji Al-Masih bin Maryam, sesungguhnya aku hanyalah hamba, maka sebutlah aku hamba Allah dan Rasul-Nya." (HR. Bukhari)

11. "Sesungguhnya setiap umatku masuk surga kecuali orang yang menolak." (HR. Bukhari)

12. "Setiap perbuatan yang tidak dimulai dengan menyebut nama Allah, maka ia adalah terputus (tidak mendapat keberkahan)." (HR. Bukhari dan Muslim)

13. "Yang paling aku cintai dari dunia adalah wanita yang shalihah." (HR. Muslim)

14. "Orang yang mengingat Allah adalah orang yang hidup, sedangkan orang yang lupa kepada-Nya adalah orang yang mati." (HR. Tirmidzi)

15. "Sungguh anugerah sebaik-baiknya adalah sabar." (HR. Bukhari)

16. "Aku diperintahkan untuk bersikap ramah." (HR. Muslim)

17. "Janganlah kamu menyerupai wanita." (HR. Bukhari)

18. "Tanamkanlah kebaikan dalam diri kalian, karena tidak ada seorang pun yang masuk surga kecuali dengan rahmat Allah." (HR. Bukhari)

19. "Sesungguhnya saudara seimanmu itu sebagai seorang prajurit yang membantu." (HR. Muslim)

20. "Sungguh, Allah itu Maha Pemaaf dan Maha Penyayang." (HR. Bukhari)

 
5 dari 6 halaman

Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa Part 4

Hadits dan kata-kata mutiara Islami memiliki kekuatan yang mampu menyejukkan hati dan jiwa. Berikut adalah 20 hadits kata mutiara Islami penyejuk hati dan jiwa beserta sumbernya:

1. "Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah saat ia bermanfaat bagi orang lain." (HR Bukhari)

2. "Sesungguhnya setiap amal tergantung niatnya." (HR Bukhari)

3. "Bersegeralah melakukan amal shalih. Karena akan ada fitnah-fitnah seperti bagian malam gelap yang gelap gulit." (HR Bukhari)

4. "Demi Allah, sesungguhnya aku tidak takut akan kemiskinan yang menimpa kalian. Akan tetapi aku khawatir bahwa harta dunia akan diperlihatkan padamu sebagaimana telah diperlihatkan kepada orang-orang sebelummu, kemudian kamu akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya sebagaimana mereka berlomba-lomba bertarung." (HR Bukhari)

5. "Di antara jiwa yang baik adalah berbakti kepada orang tua." (HR Muslim)

6. "Ketahuilah bahwa di dalam badan ada segumpal daging. Jika baik, baik pula seluruh badan. dan jika rusak, rusak pula seluruh badan. Ketahuilah, itulah hati." (HR Bukhari)

7. "Allah senang jika seorang hamba mengerjakan suatu pekerjaan, maka diakhirkan daripadanya tiga hal: melakukan dengan sempurna, menjauhkan kesempitan, dan berpikir tentang akhirat." (HR Tirmidzi)

8. "Orang yang sabar mendapatkan yang paling baik." (HR Muslim)

9. "Setiap ciptaan memiliki sifat yang kuat, dan sifat kuatnya manusia ialah iri hati." (HR Ahmad)

10. "Sesungguhnya orang yang sabar, akan mendapatkan pahala tanpa hisab." (HR Tirmidzi)

11. "Baiklah dalam pergaulanmu dengan manusia." (HR. Tirmidzi)

12. "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari)

13. "Janganlah kalian membenci satu sama lain, janganlah saling hasad, janganlah saling menjauhi dan hendaklah kalian senasib dengan sesama muslim." (HR. Bukhari)

14. "Bersegera dalam beramal, sebab bencana akan datang seperti hitamnya malam." (HR. Tirmidzi)

15. "Tinggalkan apa yang meragukan kamu kepada apa yang tidak meragukan kamu." (HR. Tirmidzi)

16. "Sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging, jika baik maka baik pula seluruh tubuh, dan jika rusak maka rusak pulalah seluruh tubuh. Itulah hati." (HR. Bukhari)

17. "Allah akan menolong hamba selama hamba menolong saudaranya." (HR. Muslim)

18. "Tidaklah sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga ia mencintai (sesama) muslim sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhari)

19. "Orang yang paling berbahagia adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain." (HR. Ahmad)

20. "Barangsiapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka, maka baginya pahala yang sama seperti orang yang berbuka itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berbuka." (HR. Tirmidzi)

 
6 dari 6 halaman

Hadits Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati Dan Jiwa Part 5

Hadits adalah sumber ajaran agama Islam yang sangat bernilai. Hadits juga sering kali berisi kata-kata mutiara yang dapat menyejukkan hati dan jiwa. Berikut ini adalah kumpulan 20 hadits kata mutiara Islami penyejuk hati dan jiwa beserta sumbernya:

1. "Janganlah saling mendengki, jangan saling membenci, janganlah saling memutar belakangkan, dan janganlah saling menjual barang dagangan di atas jual belinya." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. "Sesungguhnya di dalam jasad itu ada segumpal daging, jika baik maka baik pula seluruh jasadnya, jika rusak maka rusak pula seluruh jasadnya, ingatlah, itulah hati." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. "Allah tidak memandang kepada bentuk tubuh dan harta kalian, tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian." (HR. Muslim)

4. "Cintai orangtua dan hargailah mereka, karena sesungguhnya surga terletak di bawah telapak kaki ibu" (HR. Tirmidzi)

5. "Barangsiapa yang menunjukkan kesabaran, niscaya Allah akan memberinya kesabaran. Dan barangsiapa yang menutupi aib, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat." (HR. Muslim)

6. "Hendaklah engkau berlaku lemah lembut terhadap orang yang ada di bawahmu, niscaya Tuhan Yang Mahaesa berlaku lemah lembut kepadamu." (HR. Muslim)

7. "Sungguh, di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging, jika baik maka baik pula seluruh tubuh, jika rusak maka rusak pula seluruh tubuh, itulah hati." (HR. Bukhari dan Muslim)

8. "Sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik (suci), maka baiklah seluruh tubuh. Jika segumpal daging itu rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Karena segumpal daging itu adalah hati." (HR. Bukhari)

9. "Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang jika bekerja, bekerja dengan bagus." (HR. Ad-Dailami)

10. "Orang yang penuh kepercayaan, akalnya akan dipenuhi cahaya." (Riwayat An-Nasa'i)

11. "Tak pernahlah seseorang memiliki sifat kasih sayang, melainkan dia akan dimuliakan dan tak pernahlah seseorang menjauhkan sifat kasar kecuali pada dirinya dipermudah segala urusannya." (HR. Muslim)

12. "Sesungguhnya Anda semua tidak akan masuk surga kecuali dengan Rahmat Allah." (HR. Bukhari)

13. "Orang beriman yang paling sempurna imannya ialah sebaik-baik akhlaknya, dan orang yang terbaik di antara kalian ialah sebaik-baik kalian pada istrinya." (HR. Tirmidzi)

14. "Janganlah kalian berlaku sombong dan bertingkah laku seperti orang sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong-sombong." (HR. Muslim)

15. "Barangsiapa yang tidak meminta, maka Allah tidak akan memberikan pertolongan kepadanya." (HR. Tirmidzi)

16. "Sebaik-baik amal adalah yang paling istiqamahnya, walau sedikit." - HR. Muslim

17. "Sesungguhnya hati itu akan merasa hampa hingga di sore hari, jika dikenyangkan dengan dunia, niscaya tetaplah ia hampa." - HR. Tirmidzi

18. "Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat." - HR. Muslim

19. "Barangsiapa yang berjalan menurut suatu sunnah yang baik, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun." - HR. Muslim

20. "Dari Abu Hurairah ra. dia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa memerdekakan seorang budak, maka akan menjadi jaminannya dari api neraka baginya." - HR. Bukhari dan Muslim

Semoga kumpulan hadits di atas dapat menjadi penyejuk hati dan jiwa bagi kita umat Islam. Sumbernya banyak diambil dari kitab Shahih Bukhari dan Muslim serta kitab-kitab hadits lainnya. Selalu diingatkan untuk tidak hanya membaca hadits, tetapi juga mengamalkan dan menghayatinya dalam kehidupan sehari-hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.