Sukses

Bagaimana Cara Melestarikan Karya Seni Daerah? Pelajari dan Perkenalkan

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah adalah dengan mempelajarinya.

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah perlu dipahami setiap orang. Karya seni daerah merupakan bagian dari suatu budaya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), budaya adalah pikiran, akal budi, adat istiadat, dan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah.

Secara umum, pengertian budaya adalah cara hidup sekelompok orang, yang berarti cara mereka melakukan sesuatu. Kebudayaan adalah karakteristik dan pengetahuan sekelompok orang tertentu, yang meliputi bahasa, agama, masakan, kebiasaan sosial, musik, dan seni.

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah adalah dengan mempelajarinya. Karya seni sebagai bagian dari budaya tentunya berbeda pada setiap kelompoknya. Suatu karya seni atau budaya diturunkan ke generasi berikutnya dengan pembelajaran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/11/2023) tentang bagaimana cara melestarikan karya seni daerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Karya Seni Daerah

Sebelum mengetahui bagaimana cara melestarikan karya seni daerah, kamu perlu memahami tentang karya seni daerah terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karya seni adalah ciptaan yang dapat menimbulkan rasa indah bagi orang yang melihat, mendengar, atau merasakannya.

Karya seni adalah ciptaan artistik atau benda estetik. Meskipun demikian, karya seni mungkin juga digunakan untuk menyebut karya apa pun yang dianggap berseni dalam artian paling luasnya, sehingga karya seni juga melingkupi karya-karya sastra dan musik. Istilah karya seni ini bertalian erat dengan seni rupa, meskipun bidang lain seperti musik dan sastra memiliki persoalan dan falsafah yang mirip. Contoh karya seni daerah di antaranya seni lukis Bali yang terkenal dengan gaya Kamasan, seni pahat yaitu patung-patung Asmat, seni kriya yaitu kain tenun, seni lukis kaca Cirebon yang terkenal di Jawa Barat, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Melestarikan Karya Seni Daerah?

1. Mengenali Karya Seni Daerah

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah yang pertama tentunya dengan mengenalinya. Kamu harus turun langsung untuk belajar dan berusaha untuk mempertahankan karya seni asli daerahmu. Contoh culture experience adalah dengan mengikuti dan mempelajari kegiatan budaya secara langsung, salah satunya menari. Dengan terjun dan menyentuh budaya atau karya seni secara langsung, akan memperkuat rasa dan ikatan antara diri kamu dan budaya itu sendiri.

Dalam mengenali dan praktik karya seni daerah, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas. Hal ini dapat memperluas jaringan pelestarian karya seni, sehingga kebudayaan daerah tetap berkembang di tengah modernisasi. Dalam satu komunitas, seseorang akan bertemu dengan orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mempertahankan budaya. Tak hanya itu, di komunitas seseorang juga bisa berdiskusi tentang karya seni daerah masing-masing.

2. Mempelajari Karya Seni Daerah

Mempelajari budaya merupakan bagaimana cara melestarikan karya seni daerah yang merupakan kelanjutan dari mengenali dan praktik. Mempelajari budaya daerah merupakan cara melestarikan karya seni daerah sekitar yang sangat ampuh.

Mempelajari karya seni daerah berarti menambah pengetahuan tentang kebudayaan dan mengembangkannya. Jadi, dalam hal ini bagaimana cara melestarikan karya seni daerah adalah dengan melakukan dan mempelejarinya, sehingga kamu dapat berperan dalam melestarikannya.

4 dari 4 halaman

3. Memperkenalkan Karya Seni Daerah Melalui Sosial Media

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah berikutnya yaitu dengan memperkenalkan karya seni daerah ke khalayak yang lebih luas. Memperkenalkan karya seni ke ruang yang lebih luas juga merupakan salah satu cara melestarikan budaya daerah. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui sosial media.

Jangkauan sosial media sangat luas, sehingga budaya yang dikenalkan pun akan lebih cepat tersebar ke semua kalangan hingga ke mancanegara. Selain itu, melalui hal ini, budaya daerah juga akan berkembang mengikuti modernisasi.

4. Menggunakan Produk Lokal Daerah

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk lokal daerah. Karya seni tentunya ada juga yang berbentuk produk, dan menggunakan produk lokal daerah membantu dalam melestarikannya.

Kamu harus mengurangi penggunakan produk-produk impor, karena kualitas produk lokal daerah tidak kalah bagus. Jadi, menggunakan produk asli Indonesia juga merupakan bentuk melestarikan karya seni daerah dan memperkenalkannya. Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk Indonesia untuk menarik perhatian warga setempat saat sedang pergi ke luar negeri.

5. Ekspor Barang Hasil Kerajinan Daerah

Ekspor barang hasil kerajinan daerah juga merupakan bentuk dari bagaimana cara melestarikan karya seni daerah. Cara melestarikan budaya daerah yang satu ini bisa dilakukan oleh pengusaha. Mempromosikan produk budaya atau kesenian lokal ke luar negeri juga merupakan bentuk menjaga eksistensi budaya.

Barang-barang tersebut dapat diekspor ke luar negeri, sehingga akan memperluas pasar. Melalui hal ini, budaya atau karya seni daerah akan tetap terjaga kelestariannya sekaligus dapat berkembang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.