Sukses

Momen Peserta Tes CPNS Bawa Jimat Ini Bikin Netizen Geleng Kepala

Netizen dibuat heran dengan calon peserta tes SKD CPNS yang membawa jimat.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau SKD CPNS 2023 bagi peserta tentu bukan hal mudah. Terlebih, para peserta juga harus bisa menjalani tes dengan sungguh-sungguh dan tidak diperbolehkan membawa berbagai barang ke ruang tes.

Namun, baru-baru ini Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur diketahui kembali memperketat penggeledahan peserta SKD CPNS 2023. Hal ini dikarenakan adanya penemuan peserta yang membawa jimat.

"Panitia masih menemukan beragam jimat saat dilakukan penggeledahan badan ketika peserta hendak memasuki ruang ujian," ujar Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim Saefur Rochim dikutip dari Antara, Senin (13/11/2023).

Bahkan, dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @arizalramadhannn, Selasa (14/11/2023) terdapat pula unggahan yang memperlihatkan berbagai jimat yang dibawa peserta SKD CPNS 2023. Unggahan ini pun menjadi sorotan netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap dipermudah

Video yang memperlihatkan adanya peserta SKD CPNS yang membawa jimat ini pun menarik perhatian netizen. Terlebih, jenis jimat yang dibawa cukup beragam. Mulai dari bunga kantil yang dibungkus kain putih, garam hingga rajah.

Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim Saefur Rochim menyebutkan jika tindakan peserta yang membawa jimat tersebut menjadi salah satu usaha agar dipermudah saat mengikuti tes. Namun, pihak panitia dipastikan akan memperketat penggeledahan bagi peserta tes CPNS.

"Setelah dinyatakan steril dan tidak membawa apapun selain kartu ujian dan kartu identitas barulah peserta dipersilakan untuk ke tahap berikutnya yaitu mendapatkan pin di meja pin sesi sebelum masuk ruang ujian," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Respons netizen saat mengetahui adanya peserta yang membawa jimat saat tes cpns ini cukup beragam. Bahkan, banyak pula yang dibuat geleng kepala melihat aksi dari peserta tes cpns tersebut.

"ga perlu jumat, kuncinya belajar, ga ada yang instant cuy," ujar akun @bobbydwianto.

"Lah beneran yaa orang banyak yg ke dukun pake jimat gitu? kukira film film aja gitu," tulis akun @ayasaudeknuka.

"Biasanya kyk gitu paksaan dr orang terdekat atau keluarga kak," ujar akun @manusia_dibumi.

"h-3 mau ujian gua ngubek ngubek youtube nyari soal, ternyata mereka nyari jimat," ujar akun @citraaaaaa.

"Pas ketauan bawa jimat mau ngga ya dia," tulis @iyaaiyaaiyaa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.