Sukses

Bangsa Adalah Kelompok Masyarakat yang Bersatu pada Satu Wilayah, Ini Ciri-Cirinya

Bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, budaya, sejarah, dan tujuan. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama. Dengan kata lain, bangsa adalah sekelompok masyarakat yang bersatu dalam satu wilayah tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Sebuah bangsa didefinisikan juga sebagai komunitas politik-budaya yang telah sadar akan Otonomi, persatuan, dan kesamaan kepentingan. Dalam Hukum internasional, bangsa adalah terminologi dari Negara berdaulat.

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian bangsa dan ciri-cirinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bangsa Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Sedangkan dalam Kamus Hukum Black, pengertian bangsa adalah sekelompok  manusia yang berjumlah banyak yang mempunyai kesamaan asal, bahasa dan tradisi yang kemudian mengkonstitusikan entitas politik.

Secara umum, bangsa dalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok orang yang memiliki karakteristik bersama, seperti budaya, bahasa, sejarah, dan seringkali asal geografis yang sama. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama.

Sebagian dari bangsa disebut setara dengan grup etnis (lihat Nasionalisme etnis dan Negara kebangsaan) dan beberapa juga dianggap setara dengan sebuah afiliasi konstitusi sosial dan politik (lihat Nasionalisme sipil dan Multikulturalisme).

Sebuah bangsa didefinisikan juga sebagai komunitas politik-budaya yang telah sadar akan Otonomi, persatuan, dan kesamaan kepentingan. Dalam Hukum internasional, bangsa adalah terminologi dari Negara berdaulat.

3 dari 5 halaman

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Selain pengertian bangsa secara umum, berikut ini terdapat pendapat para ahli mengenai pengertian bangsa adalah:

1. Ernest Renan (Prancis)

Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

2. Otto Bauer (Jerman)

Bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

3. Ben Anderson

Bangsa adalah komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

4. Hans Kohn

Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Bangsa

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri bangsa yang bisa anda kenali, yakni:

1. Bahasa Bersama

Salah satu ciri utama sebuah bangsa adalah penggunaan bahasa yang sama atau serupa oleh sebagian besar anggotanya. Bahasa seringkali menjadi salah satu aspek yang paling kuat dalam membedakan satu bangsa dari yang lain.

2. Budaya Bersama

Bangsa seringkali memiliki unsur budaya bersama, seperti tradisi, adat istiadat, norma sosial, seni, musik, dan kesenian yang sama atau serupa. Budaya ini membentuk dasar dari identitas bangsa dan membedakannya dari kelompok lain.

3. Sejarah Bersama

Sebagian besar bangsa memiliki sejarah bersama yang mencakup peristiwa-peristiwa penting atau pengalaman bersama, seperti perjuangan politik atau peristiwa bersejarah yang membentuk identitas bangsa.

4. Wilayah Geografis

Beberapa bangsa terkait dengan wilayah geografis tertentu atau merupakan penduduk negara tertentu. Bangsa bisa juga memiliki klaim atas wilayah tertentu yang menjadi pusat identitas mereka.

5. Identitas Nasional

Anggota bangsa merasa memiliki identitas nasional yang kuat dan merasa terikat secara emosional pada bangsa tersebut. Identitas nasional bisa mencakup rasa kebanggaan, solidaritas, dan afiliasi dengan bangsa.

6. Pemerintahan dan Politik Bersama

Sebagian besar bangsa memiliki bentuk pemerintahan atau struktur politik bersama yang mengatur hubungan antar-anggota bangsa dan dengan negara-negara lain.

7. Kewarganegaraan Bersama

Biasanya, anggota bangsa juga memiliki kewarganegaraan yang sama atau serupa, yang mengatur hak dan kewajiban mereka.

8. Simbol-Simbol Nasional

Banyak bangsa memiliki simbol-simbol nasional, seperti bendera, lambang, lagu kebangsaan, atau motto, yang mencerminkan identitas dan kebanggaan nasional mereka.

9. Kewarganegaraan dan Hukum Bersama

Hukum, aturan, dan regulasi sering diatur oleh pemerintah bangsa yang mencakup seluruh populasi.

5 dari 5 halaman

Faktor-Faktor Pembentuk Bangsa

Suatu bangsa tidak bisa terbentuk dengan sendirinya, ada faktor-faktor pembentuk bangsa yang memengaruhinya. Faktor tersebut antara lain:

  1. Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat.
  2. Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.
  3. Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  4. Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah dan pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  5. Perkembangan ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin beragam pula kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.