Sukses

Sungai Anggur Merah Muncul di Portugal Usai Tangki Berisi 2,2 Juta Liter Jebol

Penampakan Sungai Anggur mengalir deras di Portugal.

Liputan6.com, Jakarta Wine menjadi salah satu olahan dari anggur yang menjadi komoditas mewah di Eropa. Tak heran jika banyak pabrik wine atau yang kerap dikenal sebagai anggur merah berdiri. Bahkan bisa memproduksi sampai berjuta liter. Siapa sangka, tangki penyulingan anggur merah di Portugal baru-baru ini jebol.

Warga sebuah desa kecil di pantai Portugal diserbu oleh kejutan besar pada hari Minggu (10/9/2023) lalu, ketika tiba-tiba jalan di desa mereka berubah menjadi aliran sungai anggur merah.

Peristiwa yang sangat tidak biasa ini terjadi setelah dua tangki besar milik Pabrik Penyulingan Levira mengalami kebocoran. Sedikitnya sekitar 600.000 galon (2.2 juta liter) minuman keras berjenis wine mengalir di pedesaan yang menimbulkan penampakan bak sungai anggur.

Video amatir yang diunggah secara online dengan cepat menjadi viral. Lewat video tersebut aliran cairan merah yang mengalir deras menuruni bukit curam di Desa São Lorenco de Bairro. Desa kecil ini memiliki sekitar 2.000 penduduk yang tercengang menyaksikan tumpahan besar ini.

Berikut Liputan6.com merangkum fenomena sungai anggur merah di Portugal melansir dari nypost.com, Selasa (12/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Volume Anggur Setara Kolam Renang Olimpiade

Tumpahan anggur tersebut begitu masif sehingga jumlah anggur yang keluar cukup untuk memenuhi kolam renang ukuran Olimpiade. Jumlah minuman anggur merah yang banyak memicu peringatan dari para ahli lingkungan terkait dampak pencemaran pada ekosistem sungai.

Media lokal melaporkan, pihak berwenang segera mengambil tindakan untuk mencegah situasi semakin parah dan menghindari risiko perubahan Sungai Certima menjadi sungai anggur permanen. 

Departemen Pemadam Kebakaran Anadia melakukan tindakan cepat dengan memblokir banjir anggur. Pihaknya mengalihkannya dari aliran sungai ke ladang terdekat. 

Selain itu, petugas pemadam kebakaran juga melaporkan bahwa ruang bawah tanah di sebuah rumah yang berdekatan dengan tempat penyulingan terendam oleh air anggur.

 

 

3 dari 4 halaman

Pabrik Penyulingan Bertanggung Jawab

Pabrik Penyulingan Levira segera merilis pernyataan resmi permintaan maaf atas kejadian ini. Mereka menyatakan komitmen penuh untuk menanggung semua biaya yang terkait dengan pembersihan dan perbaikan kerusakan yang diakibatkan oleh tumpahan anggur tersebut.

"Dalam situasi ini, kami mengambil tanggung jawab penuh atas kejadian yang tidak terduga ini. Tim kami akan segera memulai upaya membersihkan lahan yang terkena dampak dan memperbaiki segala kerusakan yang timbul," kata juru bicara Pabrik Penyulingan Levira dalam pernyataan mereka.

Peristiwa yang luar biasa ini akan tetap menjadi topik pembicaraan di São Lorenco de Bairro, sementara penduduk dan pihak berwenang berusaha memulihkan kondisi normal dan menjaga ekosistem sungai yang berharga.

4 dari 4 halaman

Simak Video Sungai Anggur Merah di Spanyol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini