Sukses

7 Contoh Bantuan untuk Korban Gempa, Tidak Hanya Makanan dan Minuman

Contoh bantuan untuk korban gempa perlu diketahui oleh setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Contoh bantuan untuk korban gempa perlu diketahui oleh setiap orang. Seperti yang diketahui, bantuan atau pertolongan sangat dibutuhkan oleh para korban bencana alam/tragedi kemanusiaan, termasuk dalam peristiwa gempa bumi.

Peristiwa gempa bumi yang mengakibatkan banyak kerusakan dan korban selalu menjadi perhatian publik dan juga para relawan. Setiap orang berbondong-bondong untuk memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak.

Namun, pemberian bantuan ini tentu tidak diberikan secara asal-asalan. Relawan harus mengetahui apa yang paling dibutuhkan untuk membantu korban gempa bumi. Sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran dan berguna dengan baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari redcross.org, Senin (11/9/2023) tentang bantuan untuk korban gempa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bantuan SAR

Contoh bantuan untuk korban gempa yang pertama yaitu memberikan upaya pencarian dan penyelamatan (SAR). Operasi yang dilakukan oleh layanan darurat sering kali diberikan kepada sukarelawan terlatih.

Hal ini untuk menemukan seseorang yang diyakini dalam kesulitan, seperti tersesat, sakit, atau terluka, baik di daerah terpencil atau sulit diakses, seperti pegunungan, gurun atau hutan, atau di laut. SAR juga sangat diperlukan bagi penanganan korban gempa, untuk menyelamatkan warga yang terkena reruntuhan, atau membutuhkan bantuan. 

Ketika gempa terjadi pasti banyak sekali korban jiwa maupun rumah-rumah, jalanan, gedung, dan lain-lain terkena imbasnya. Di sinilah bantuan dari sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk membantu para korban mengevakuasi diri dari bencana gempa yang terjadi. 

2. Perawatan Medis dan Obat-obatan

Perawatan medis merupakan contoh bantuan untuk korban gempa yang tak kalah penting. Sepanjang sejarah, gempa bumi telah menyebabkan kehancuran dan korban jiwa. Layanan medis darurat memainkan peran penting dalam menanggapi insiden atau bencana yang menimbulkan korban massal.

Perawatan medis juga diperlukan untuk mengobati warga yang terkena dampak gempa. Obat-obatan juga sangat perlu didistribusikan untuk masyarakat. Beberapa kebutuhan medis yang diperlukan korban gempa, yakni plastik limbah medis, trashbag, ranitidin, amoxicilin, masker, obat tetes mata, dexamethasone dan beberapa obat-obatan lainnya.

3. Makanan dan Minuman

Contoh bantuan untuk korban gempa berikutnya adalah makanan dan air. Gempa biasanya menghasilkan kekurangan pangan sehingga berdampak persediaan pangan penduduk yang terkena bencana. Gempa bumi biasanya memiliki efek pada persediaan makanan jangka panjang.

Hal ini karena segala jenis bencana akan mengacaukan sistem transportasi, komunikasi, dan rutinitas sosial dan ekonomi. Jadi, meskipun toko makanan mungkin ada, penduduk mungkin tidak memiliki akses ke sana. Sehingga persediaan makanan dan air sangat dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

4. Tempat Perlindungan Darurat

Contoh untuk korban gempa selanjutnya yaitu tempat perlindungan darurat. Bantuan relokasi sementara bagi yang kehilangan tempat tinggal atau yang tidak memungkinkan tinggal di rumahnya sangat penting sebagai tempat tinggal sementara yang layak.

Membangun sebuah tempat perlindungan sangat dibutuhkan, karena pada saat gempa semua bangunan runtuh termasuk dengan rumah-rumah para warga. Warga yang terkena dampak langsung dari gempa, tidak mempunyai tempat untuk mereka tinggali. Sehingga pembangunan perlindungan darurat ini sangat dibutuhkan.

5. Pemulihan Komunikasi

Setelah terjadi gempa kebutuhan untuk berkomunikasi sangat diperlukan untuk memberikan kabar kepada orang-orang di luar sana. Gempa susulan dapat terus terjadi selama beberapa minggu setelah gempa besar. Beberapa mungkin cukup besar untuk menyebabkan kerusakan tambahan, sehingga harus selalu siap untuk bertahan dari gempa ini.

Masa pemulihan bisa memakan waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan atau bahkan lebih lama. Penanggap darurat perlu menggunakan saluran telepon untuk komunikasi yang menyelamatkan jiwa. Sehingga diharapkan para pemberi bantuan menyediakan alat komunikasi untuk para korban. Contoh bantuan untuk korban gempa satu ini tentu juga perlu diperhatikan.

4 dari 4 halaman

6. Pemulihan Persediaan Air

Pemulihan persediaan air juga sangat penting sebagai salah satu contoh bantuan untuk korban gempa. Mendirikan penampungan air di dekat pengungsian sangat dibutuhkan oleh korban gempa. Air ini nantinya bisa digunakan sebagai air minum atau bahkan digunakan untuk memasak, mandi, dan keperluan lainnya.

7. Edukasi Kesiapsiagaan Bencana

Contoh bantuan untuk korban gempa berikutnya adalah melakukan edukasi kesiapsiagaan bencana. Jika terjadi bencana alam, memiliki rencana kesiapsiagaan bisa membantu mengamankan transisi yang aman dari bahaya yang akan terjadi. 

Persiapan adalah kunci utama, tetapi penting juga untuk tetap tenang dan fokus selama keadaan bencana alam. Jika diperintahkan untuk mengungsi, lakukanlah. jika tidak mengungsi, gunakan waktu dengan bijak untuk melakukan persiapan menghadapi gempa bumi susulan.

Membangun komunitas yang tangguh juga sangat diperlukan. Komunitas ini diperlukan untuk program persiapan dan manajemen bencana yang lengkap dan nantinya akan diinfokan kepada korban gempa. Tentu saja sukarelawan diperlukan dalam pembangunan kembali komunitas untuk memberikan edukasi pemulihan kepada masyarakat pasca gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.