Sukses

Mal di Shanghai Punya Kamar Mandi Umum Paling Cantik di Dunia, Desainnya Mewah

Dirancang oleh X+Living, sebuah perusahaan arsitektur berbasis di Shanghai, kamar mandi di lantai enam pusat perbelanjaan Deji Plaza, Nanjing, China, membuat para pengunjung merasa seolah-olah berada di dalam istana negeri dongeng.

Liputan6.com, Jakarta Tersembunyi di lantai enam sebuah pusat perbelanjaan di Nanjing, terletak salah satu kamar mandi umum paling mewah dan mengesankan di dunia. Menurut sebagian orang, ini adalah kamar mandi umum paling indah di dunia.

Dirancang oleh X+Living, sebuah perusahaan arsitektur berbasis di Shanghai, kamar mandi di lantai enam pusat perbelanjaan Deji Plaza, Nanjing, China, membuat para pengunjung merasa seolah-olah berada di dalam istana negeri dongeng. Pengunjung akan merasakan pengalaman yang tidak biasanya didapatkan ketika berada di besar kamar mandi umum lainnya.

Berikut potret beberapa sudut kamar mandi paling cantik di dunia yang Liputan6.com rangkum dari laman odditycentral.com, Senin (14/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamar Mandi Mewah Bak Istana

Ketika memasuki kamar mandi umum mewah ini pengunjung akan disambut koridor panjang yang dihiasi dengan tanaman yang tumbuh dari dinding. Bagian awal kamar mandi ini dirancang sebagai pengalaman berjalan melalui lorong taman di dalam ruangan. Namun, perhatian pengunjung juga mungkin akan teralihkan oleh puluhan lampu besar yang bersinar dari atas. Cahaya lampu memantul di lantai yang mengkilap.

Pada ujung koridor ini, ada area lounge yang dilengkapi dengan sofa yang terinspirasi oleh kelopak bunga. Para pengunjung yang tidak ingin menggunakan kamar mandi dapat menunggu teman-teman mereka. Fasilitas untuk pria dan wanita memiliki dekorasi khusus, termasuk wastafel yang terinspirasi oleh air mancur yang ditempatkan pada ketinggian yang berbeda agar mudah dijangkau oleh anak-anak maupun orang dewasa.

3 dari 3 halaman

Desainer Ingin Buat Kamar Mandi Umum yang Nyaman

"Sebuah kamar mandi di pusat perbelanjaan adalah ruang publik yang terbuka untuk semua orang. Ini adalah tempat di mana orang dapat beristirahat sejenak atau merapikan diri dalam kehidupan perkotaan yang sibuk," kata desainer Li Xiang.

"Selama proses perancangan, saya tidak hanya ingin merancangnya sebagai ruang fungsional semata. Oleh karena itu, kami mengusulkan untuk memberikan penekanan lebih pada desain kamar mandi ini, dengan tujuan mencerminkan perhatian terhadap aspek kemanusiaan dalam sudut-sudut yang tidak terduga di pusat perbelanjaan. Inilah mengapa kami mengusung konsep Sanctuary Garden."

Ada begitu banyak unsur yang terpadu dalam kamar mandi ini, mulai dari geometri abstrak dan bentuk-bentuk yang terinspirasi oleh bunga dan serangga, hingga kursi rias yang nyaman dan berbagai strip LED yang menarik perhatian. Semuanya terasa sangat berbeda dibandingkan dengan apa yang biasanya kita lihat di kamar mandi pusat perbelanjaan maupun kamar mandi umum pada umumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.