Sukses

16 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Begini Pengolahannya

Sirih Cina adalah tanaman, yang telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan dan perawatan tubuh seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sirih Cina telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya di Asia, terutama di Indonesia, India, dan Tiongkok. Daun sirih Cina memiliki rasa yang khas, agak pedas, dan aroma yang kuat. Biasanya Anda bisa memperoleh manfaat daun sirih Cina yang digunakan dalam bentuk ekstrak, atau minyak esensial untuk pengobatan dan perawatan kesehatan.

Manfaat sirih Cina memiliki kandungan senyawa aktif seperti polifenol, flavonoid, eugenol, chavicol, dan senyawa lainnya. Senyawa-senyawa ini memberikan tanaman obat ini sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, antijamur, dan sifat-sifat kesehatan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Sirih Cina digunakan dalam berbagai bentuk, seperti dikunyah secara langsung, dibuat dalam bentuk obat kumur, minuman herbal, salep, atau digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut. Manfaat daun sirih Cina berkhasiat menjaga kesehatan mulut, merawat kulit, meredakan peradangan, dan mengatasi infeksi. 

Berikut ini manfaat sirih Cina yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/8/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat daun sirih Cina untuk kesehatan

1. Antioksidan yang Kuat

Manfaat siri cina mengandung senyawa aktif seperti polifenol dan flavonoid, yang berperan sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif, yang disebabkan oleh radikal bebas d mana akan menyebabkan penuaan dini, dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi sirih Cina, Anda dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

2. Efek Antiinflamasi

Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa sirih Cina memiliki efek antiinflamasi yang signifikan. Kandungan senyawa aktif dalam tanaman ini, bisa mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko perkembangan penyakit inflamasi seperti arthritis, radang usus, dan kondisi peradangan lainnya. Dengan mengonsumsi sirih Cina secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko peradangan.

3. Sifat Antibakteri dan Antijamur

Sirih Cina telah digunakan secara tradisional, sebagai antiseptik dan pengobatan alami untuk infeksi bakteri dan jamur. Senyawa seperti eugenol dan chavicol yang terkandung dalam tanaman ini, memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menerapkan ekstrak sirih Cina atau menggunakan daun sirih Cina sebagai obat kumur, dapat membantu melawan infeksi mulut, sariawan, dan masalah kesehatan gigi lainnya. Selain itu, sirih Cina juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit, seperti kurap dan ruam.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Sirih Cina telah digunakan secara luas dalam perawatan kesehatan mulut. Sifat antibakteri dan antijamur tanaman ini membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan menjaga kebersihan gigi dan gusi. Kandungan senyawa aktif dalam sirih Cina juga dapat membantu mengurangi pembentukan plak gigi dan mengurangi risiko penyakit gusi seperti periodontitis. Guna mendapatkan manfaat kesehatan mulut, Anda dapat menggunakan ekstrak sirih Cina atau mengunyah daun sirih secara langsung.

5. Kegunaan dalam Kecantikan

Sirih Cina juga memiliki manfaat dalam perawatan kecantikan. Kandungan antioksidan dalam tanaman ini, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Sirih Cina juga dapat membantu mengurangi jerawat dan noda hitam pada wajah. Banyak produk perawatan kulit mengandung ekstrak sirih Cina sebagai bahan aktif, untuk membantu memperbaiki kondisi kulit.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat sirih Cina dapat memberikan manfaat untuk fungsi otak dan kognisi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa aktif dalam sirih Cina, mampu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki daya ingat, dan melindungi otak dari kerusakan oksidatif. Konsumsi sirih Cina secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

7. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa sirih Cina dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa aktif dalam sirih Cina membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan, dan meningkatkan pemecahan kolesterol di dalam tubuh. Dengan mengontrol kadar kolesterol, sirih Cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

 

3 dari 4 halaman

8. Mengatasi Gejala Menopause

Sirih Cina telah digunakan secara tradisional untuk mengurangi gejala menopause pada wanita. Senyawa aktif yang terkandung bisa membantu mengatur hormon, dan meredakan gejala seperti hot flash, berkeringat berlebihan, dan gangguan tidur yang sering terjadi selama masa transisi menopause.

9. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat sirih Cina mengandung senyawa aktif seperti chavicol, estragol, dan eugenol yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Senyawa-senyawa ini membantu melawan pertumbuhan sel-sel kanker, dan mengurangi risiko terjadinya kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak sirih Cina dapat menghambat pertumbuhan sel kanker mulut, payudara, dan hati.

10. Melawan Infeksi Saluran Kemih

Sirih Cina memiliki sifat diuretik, yang dapat meningkatkan produksi urine dan membantu membersihkan saluran kemih. Selain itu, sifat antimikroba dan antibakteri sirih Cina membantu melawan infeksi saluran kemih seperti infeksi kandung kemih dan sistitis. Mengonsumsi sirih Cina secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih.

11. Menyembuhkan Luka Operasi dan Luka Bakar

Ekstrak sirih Cina telah digunakan secara tradisional, untuk merawat luka operasi dan luka bakar. Senyawa-senyawa aktif dalam sirih Cina memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang membantu mencegah infeksi dan merangsang penyembuhan luka. Penggunaan ekstrak sirih Cina pada luka operasi atau luka bakar, akan mempercepat proses penyembuhan.

12. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Sirih Cina memiliki sifat ekspektoran, yang membantu mengencerkan dahak dan mengatasi masalah pernapasan seperti batuk, bronkitis, dan asma. Kandungan senyawa aktif dalam sirih Cina, dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan, dan membantu membersihkan lendir.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Sirih Cina memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Senyawa-senyawa seperti karotenoid dan vitamin C, bisa melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi sirih Cina dapat membantu menjaga kesehatan mata, dan mencegah masalah seperti degenerasi makula dan katarak.

14. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirih Cina dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa aktif dalam sirih Cina memiliki efek hipoglikemik, yang membantu mengurangi penyerapan glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, perlu diingat bahwa ini bukan pengganti pengobatan diabetes yang diresepkan oleh dokter, dan konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi sirih Cina.

15. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Sirih Cina telah digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi seperti nyeri haid, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan kejang. Senyawa-senyawa dalam sirih Cina membantu mengatur hormon, dan meredakan ketidaknyamanan selama menstruasi.

16. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat sirih Cina dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Sifat antimikroba dan antioksidan dalam sirih Cina, bisa membantu menjaga kebersihan kulit kepala, dan mengurangi risiko masalah kulit kepala seperti ketombe dan infeksi jamur. Sirih Cina juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

4 dari 4 halaman

Cara Mengolah Daun Sirih Cina

Bahan yang dibutuhkan: 

  1. 20-25 lembar daun sirih Cina segar atau kering
  2. 4 gelas air
  3. 2 sendok makan madu atau gula (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Siapkan daun sirih Cina yang segar atau kering. Jika Anda menggunakan daun segar, pastikan daun dalam kondisi segar tanpa kerusakan atau bercak coklat. Jika menggunakan daun kering, pastikan daun dalam keadaan utuh dan tidak ada tanda-tanda kelembaban yang berlebihan.
  2. Jika Anda menggunakan daun segar, cuci daun dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang mungkin ada. Jika menggunakan daun kering, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Selanjutnya letakkan daun sirih Cina dalam panci berukuran sedang, lalu tuangkan air ke dalam panci dengan daun sirih Cina. Pastikan daun sepenuhnya terendam dalam air.
  4. Nyalakan api di bawah panci dan panaskan air dengan daun sirih Cina di atas api sedang.
  5. Setelah air mendidih, biarkan campuran sirih Cina dan air mendidih selama sekitar 15-20 menit dengan api kecil. Hal ini akan memungkinkan zat-zat aktif dalam daun sirih Cina larut dalam air.
  6. Setelah waktu perebusan selesai, matikan api dan biarkan campuran sirih Cina dan air mendidih tersebut hingga mendingin.
  7. Setelah campuran sirih Cina dan air cukup dingin, saring larutan menggunakan saringan halus atau kain kasa bersih, untuk memisahkan air infus sirih Cina dari daun yang sudah direbus.
  8. Jika Anda menginginkan rasa manis pada infus sirih Cina, Anda dapat menambahkan madu atau gula ke dalam larutan yang sudah disaring. Aduk rata hingga madu atau gula benar-benar larut.
  9. Infus sirih Cina yang sudah jadi dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es, untuk pemakaian dalam beberapa hari.
  10. Sirih Cina dalam bentuk obat tradisional siap untuk dikonsumsi. Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali sehari, tergantung pada kebutuhan dan saran dari ahli medis atau herbalis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.