Sukses

15 Manfaat Daun Sirih Hijau Bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet dan Penderita Asma

Daun sirih yang disebut dengan piper betle ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, seperti bantu menurunkan berat badan hingga baik untuk penderita asma.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sirih hijau bagi kesehatan penting untuk diketahui. Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan di Indonesia. Tanaman ini lazim ditemukan di kebun-kebun rumah yang sengaja dibudidaya untuk keperluan obat rumahan.

Manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan bisa kita peroleh dengan berbagai cara. Mulai dari menggulung daunnya untuk pengobatan pendarahan hidung atau mimisan, merebusnya untuk menghasilkan rebusan daun sirih, atau menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

Daun sirih atau piper betle adalah jenis tumbuhan merambat yang bersandar pada batang pohon, tembok, atau permukaan lainnya. Tanaman ini bisa tumbuh hingga puluhan meter. Batangnya berkayu, bulat, berbuku-buku, beralur, dan berwarna hijau. Sementara daun sirih umumnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal berbentuk mirip jantung dan ujungnya meruncing.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun sirih hijau dan cara mengolahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Meringankan Sembelit dan Turunkan Berat Badan

1. Meringankan Sembelit

Manfaat daun sirih hijau yang pertama adalah sumber antioksidan yang membersihkan radikal bebas dari tubuh. Ia juga mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Dikuti dari Ayurveda, mengonsumsi air campuran daun sirih dapat meringankan sembelit. Caranya hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut masih kosong.

2. Menurunkan Berat Badan

Banyak wanita ingin mendapatkan tubuh cantik dan ideal. Anda bisa mendapatkan hasil itu menggunakan daun sirih hijau. Dengan mengonsumsi daun sirih hijau, dapat bermanfaat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga sistem sekresi pencernaan akan lancar, buang air besar pun juga bisa setiap hari. Dengan begitu, racun yang ada di dalam tubuh akan hilang, badan pun akan lebih langsing.

3 dari 8 halaman

Kurangi Masalah Pernapasan dan Punya Antiseptik

3. Mengurangi Masalah Pernapasan

Daun sirih hijau sangat membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita sakit dada, paru-paru tersumbat dan asma. Caranya oleskan sedikit minyak mustard pada daunnya, panaskan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan masalah pernapasan. Anda juga bisa merebus beberapa daun dalam air, tambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air. Konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah pernapasan.

4. Memiliki Sifat Antiseptik dan Anti Jamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Itu juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Baik untuk Penderita Kanker

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun sirih hijau yang tak kalah penting, dilansir dari Lybrate, yaitu memiliki eugenol di dalamnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di hati dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus. Ini sangat bagus untuk tubuh.

6. Baik untuk Penderita Kanker

Daun sirih hijau memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih hijau juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

5 dari 8 halaman

Baik untuk Penderita Asma dan Bantu Obati Diabetes

7. Baik untuk Penderita Asma

Meskipun banyak orang yang mengetahui bahwa asma adalah masalah yang berhubungan dengan pernapasan, tidak banyak orang yang tahu bahwa asma sebenarnya juga merupakan masalah peradangan. Karena daun sirih hijau memiliki sifat anti-inflamasi, mereka dapat membantu pasien yang menderita asma. Asma biasanya dipicu oleh histamin dalam sistem. Ini karena histamin menyebabkan bronkokonstriksi yang merupakan bagian utama dari asma. Daun sirih hijau memiliki khasiat anti histamin di dalamnya, yang membantu mencegah dan mengendalikan asma. Minyak sirih juga bisa digunakan untuk tujuan yang sama.

8. Membantu Mengobati Diabetes

Manfaat daun sirih hijau yang selanjutnya adalah dapat membantu mengobati diabetes. Beberapa komponen dan kandungan yang terdapat di daun sirih hijau yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Karena itu daun sirih hijau dipercaya mujarab untuk mengatasi penyakit diabetes. Cukup rebus beberapa lembar daun sirih hijau, lalu konsumsi air rebusan secara teratur.

6 dari 8 halaman

Percepat Penyembuhan Luka Bakar dan Bantu Turunkan Depresi

9. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat daun sirih hijau lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka. Daun sirih hijau adalah antiseptik yang luar biasa, yang juga mampu memberikan perlindungan ganda dari infeksi kuman karena tinggi kandungan polifenolnya.

10. Membantu Menurunkan Depresi

Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih hijau bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih hijau atau meminum air rebusan daun sirih hijau dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

7 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Mulut dan Lancarkan Sistem Pencernaan

11. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih hijau juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri. Mengunyah daun sirih hijau dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.

12. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirih hijau yang berikutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Sifat karminatif, usus, anti perut kembung dan untuk sifat-sifat daun sirih lainnya dapat membantu melindungi usus. Daun sirih hijau bekerja untuk meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

8 dari 8 halaman

Meningkatkan Energi dan Obati Mimisan

13. Meningkatkan Energi

Mengunyah daun sirih hijau dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.

14. Mengobati Mimisan

Anda pasti sudah sangat akrab dengan manfaat daun sirih hijau yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih hijau menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar. Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung. Tak hanya itu. Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal menemukan daun sirih hijau juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat daya tubuh Anda, maka akan semakin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.15. Mengobati BatukJangan pernah remehkan sakit batuk, karena penyakit ini dapat juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat dari daun sirih ialah untuk mengurangi masalah batuk. Caranya, cuci bersih 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan 300 ml air. Tunggu beberapa menit sampai air mendidih. Setelah itu minum air rebusan saat hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.