Sukses

10 Contoh Kesan dan Pesan MPLS untuk Guru dan Kakak Osis, Jadi Referensi Siswa Baru

Simak beberapa contoh kalimat kesan dan pesan MPLS yang bisa diberikan untuk guru pembimbing dan kakak osis.

Liputan6.com, Jakarta MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau biasa dikenal dengan istilah masa orientasi siswa. Kegiatan MPLS sendiri harus dilalui oleh siswa baru SMP, SMA dan SMK.

Pada umumnya, kegiatan MPLS ini berisi pengenalan lingkungan sekolah serta program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.

Untuk kegiatannya sendiri telah diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Bahkan Kemdikbud RI telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah agar tidak ada stigma negatif terkait kegiatan ini.

Biasanya pada hari terakhir pelaksanaan MPLS, siswa baru diminta untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti MPLS. Kesan dan pesan tersebut bisa berupa program atau kegiatan yang dilaksanakan, untuk kaka osis, hingga untuk guru pembimbing.

Bagi siswa baru yang bingung untuk merangkai kata-kata kesan dan pesan selama MPLS, anda bisa melihat referensi di bawah ini. Yang terpenting selama membuat kesan dan pesan MPLS usahakan menyusun kata-kata yang baik dan tidak lupa dibuat dengan sejujur-jujurnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kesan dan pesan MPLS baik tentang kegiatan yang dilaksanakan, untuk kakak osis, hingga untuk guru pembimbing yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Contoh Pertama

Kesan: Selama mengikuti MPLS ini, saya merasa sangat senang karena bisa berkenalan dengan teman baru, guru serta kakak senior dan kakak osis yang membimbing acara MPLS tahun ini. 

Pesan: Semoga MPLS di sekolah ini tahun depan bisa lebih kreatif dan penuh dengan kegiatan yang seru dan juga bermanfaat.

2. Contoh Kedua

Kesan: Saya sangat senang sekali menjalani MPLS di sekolah ini. Guru dan mentor yang memberikan materi serta semua informasi mengenai sekolah ini sangat jelas dan juga menyenangkan. Saya pun mendapatkan pengalaman yang berharga saat MPLS selama beberapa hari ini.

Pesan: Saya berharap MPLS sekolah ini tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini. Konsep acara MPLS sudah baik, tapi akan lebih baik lagi jika diselingi dengan kuis atau games agar suasana menjadi lebih seru.

3. Contoh Ketiga

Kesan: Setelah mengikuti MPLS saya menjadi lebih banyak tahu tentang lingkungan serta peraturan di sekolah ini. Saya juga mendapatkan teman-teman baru yang seru. Saya jadi tak sabar untuk mulai sekolah di sekolah ini.  

Pesan: Semoga sekolah ini semakin maju dan untuk kakak senior di sekolah ini semoga dapat terus membuat kegiatan yang positif untuk sekolah. 

3 dari 4 halaman

4. Contoh Keempat:

Kesan: Selama mengikuti MPLS beberapa hari ini saya merasa sangat senang dan juga bangga. Saya senang karena ada aneka kegiatan yang seru dan menghibur. Saya juga bangga karena ternyata sekolah yang bakal menjadi tempat saya menimba ilmu ini kaya dengan prestasi dan punya misi yang besar.

Pesan: Saya ingin berpesan kepada Kakak OSIS dan panitia MPLS semoga bisa lebih bersabar dalam kegiatan MPLS.

5. Contoh Kelima

Kesan: Saya sangat terkesan dengan konsep serta kekompakan kakak-kakak osis selama kegiatan MPLS ini, selain itu kakak-kakak osis juga sangat sabar meski peserta terkadang tidak tertib. 

Pesan: Semoga kedepannya kakak osis bisa memberikan teladan yang baik untuk adik-adik kelasnya ini.

6. Contoh Keenam

Kesan: Kesan saya usai mengikuti MPLS yaitu sangat senang karena bisa bertemu teman baru serta kakak-kakak senior yang baik dan lucu. 

Pesan: Saya sangat berterima kasih kepada semua kakak senior yang telah membimbing kami. Semoga semua kayak osis semakin semangat dan lebih baik lagi.

7. Contoh Ketujuh

Kesan: Kegiatan MPLS ini sangat keren dan edukatif. Perjuangan para panitia dalam menyukseskan acara MPLS di sekolah ini sungguh tak ternilai harganya.

Pesan: Dengan selesainya MPLS pada hari ini bukan berarti telah menyelesaikan segalanya. Silaturahmi mari tetap kita jaga dan kita kuatkan. Motivasi mari terus kita tingkatkan agar bisa sukses di masa depan.

4 dari 4 halaman

8. Contoh Kedelapan:

Kesan: Tidak terasa, kegiatan MPLS akan segara berakhir. Percayalah Kak, aku akan merindukan kenangan bersama teman baru ini dan semua kakak OSIS yang baik. Jangan lupakan aku ya Kak.

Pesan: Semoga dari kegiatan MPLS ini, kita bisa kenal sampai seterusnya. Jangan sungkan untuk sapa aku ketika bertemu di kantin atau toilet sekolah.

9. Contoh Kesembilan

Kesan: Tidak terasa kegiatan MPLS akan segera berakhir, saya merasa lebih mudah beradaptasi dengan teman baru, lingkungan sekolah, kakak osis, dan guru pembimbing. Kakak osis dan guru pembimbing sangat sabar dan ramah, meskipun beberapa dari kami berbicara saat seminar.

Pesan: Semoga panitia baik kaka osis dan guru pembimbing selanjutnya bisa mempertahankan sikap ramah dan sabar. Selain itu, semoga tahun depan lebih banyak kegiatan yang menguji kekompakan dan solidaritas satu angkatan.

10. Contoh Kesepuluh

Kesan: Kegiatan MPLS selama beberapa hari ini sangat seru sekali. Saya merasa diperkenalkan dengan teman-teman baru yang membuat saya menjadi pemberani dan mempunyai banyak cerita dari teman-teman baru dari luar daerah. Kakak osis dan guru pembimbing sangat sabar dan ramah menjelaskan semua hal yang perlu kami ketahui tentang sekolah. Oh iya, kegiatan tur sekolah menarik sekali karena kami bisa melihat semua ruangan kelas, lapangan, perpustakaan, hingga kantin yang luas!

Pesan: Semoga kegiatan MPLS tahun depan mempunyai banyak kegiatan yang lebih seru dan di luar ruangan selama sehari penuh seperti tur sekolah. Pihak sekolah juga perlu menambah ekskul baru agar lebih banyak pilihan dan penampilan saat sesi promosi ekskul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.