Sukses

Ukurannya 9 Kali Bundaran HI, Begini Penampakan Bundaran Putrajaya Terbesar di Dunia

Setidaknya, panjang keliling bundaran Putrajaya 9 kali keliling bundaran HI di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis jalan lalu lintas yang menjadi kebutuhan dan kelancaran berkendara. Salah satunya bundaran menghubungkan beberapa cabang jalan. Di banyak kota besar, bundaran kerap menjadi ikon tersendiri. Bundaran kerap ditemui berada di pusat kota yang banyak kendaraan. Siapa sangka, ada bundaran lalu lintas yang disebut terbesar di dunia. 

Ialah Bundaran Putrajaya di ibu kota administratif Malaysia. Menariknya, bundaran ini memegang rekor Guinness untuk bundaran terbesar di dunia. Tercatat, bundaran Putrajaya punya keliling 3,4 km dan memiliki 15 titik jalan masuk atau keluar. Setidaknya, panjang keliling bundaran Putrajaya 9 kali keliling bundaran HI di Jakarta dengan keliling 400 meter. 

Setiap bundaran lalu lintas punya keunikan tersendiri. Selain sebagai pusat kota, bundaran dibuat untuk memperlancar lajur lalu lintas. Sedangkan bundaran Putrajaya sendiri punya keunikan dengan diameternya yang sangat luas. Kendati demikian, bundaran yang terletak di di jantung Putrajaya, ibu kota administratif Malaysia ini menjadi perdebatan.

Pasalnya bentuknya bukan bulat utuh melainkan oval dan dijuluki bundaran fungsional. Berikut Liputan6.com merangkum selengkapnya bundaran unik di Malaysia melansir dari Oddity Central, Jumat (30/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencari Pengakuan Jadi Bundaran Terbesar di Dunia

Bundaran Putrajaya juga dikenal sebagai Bundaran Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Persiaran. Bundaran ini merupakan salah satu daya tarik yang sangat unik di Asia Tenggara. Desainnya dibuat oleh arsitek ternama Malaysia, Hijjas Kasturi, dan diresmikan pada tahun 2003.

Merupakan sebuah prestasi dalam rekayasa infrastruktur modern, bundaran terbesar di dunia ini dibangun di sekitar Istana Melawati, istana kedua terbesar Malaysia yang dihuni oleh Yang di-Pertuan Agong, serta Landmark Putra Perdana dan hotel bintang lima yang mewah. 

Bundaran ini juga menjadi pintu gerbang utama ke atraksi utama di Putrajaya, termasuk kompleks perkantoran Perdana Menteri yang berbentuk kubah hijau dan masjid kota yang sangat besar.

Dengan keliling lebih dari 2 mil (3,4 km), Bundaran Putrajaya memiliki ukuran yang sangat besar untuk sebuah bundaran. Bentuknya oval dan lalu lintas yang hanya mengalir dalam satu arah, bundaran ini  disebut bundaran fungsional. Hal ini tidak dapat disamakan dengan saingan utamanya, bundaran yang sedikit lebih besar di Pelabuhan Spanyol, Trinidad dan Tobago.

Dengan keliling sekitar 2,3 mil (3,7 km), Queen's Park Savannah secara teknis merupakan bundaran terbesar di dunia, tetapi belum diakui secara resmi karena bentuknya yang tidak biasa.

Bundaran raksasa ini tidak memiliki bentuk yang bulat. Untuk melintasinya, seseorang harus melewati tidak kurang dari lima tikungan 90 derajat. Meskipun lalu lintas mengalir dalam satu arah sejak akhir tahun 1970-an, Queen's Park Savannah belum diakui secara resmi sebagai bundaran terbesar.

3 dari 3 halaman

Keluarga Tinggal di Tengah Bundaran Lalu Lintas

Sejak tahun 1960, sebuah keluarga Wales telah tinggal di tengah bundaran selama lebih dari empat dekade setelah mereka menolak untuk pindah ketika jalan melingkar dibangun di sekitar rumah mereka. Awalnya, David John dan Eirian Howatson pindah ke bungalo mereka di Denbighshire, Wales, dan daerah tersebut hanya merupakan lingkungan biasa.

Selama sekitar dua puluh tahun, semuanya berjalan normal sampai pihak berwenang datang dan memberitahu mereka bahwa properti mereka berada di jalur pembangunan bundaran baru. Meskipun diminta untuk pindah, keluarga Howatson menolak, sehingga bundaran akhirnya dibangun di sekitar rumah mereka, dan mereka telah tinggal di sana sejak saat itu.

"Selama lebih dari 40 tahun, saya telah tinggal di dalam bundaran, jadi ini adalah satu-satunya kehidupan yang saya kenal," kata Clwyd Howatson kepada North Wales Live.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.