Sukses

Potret Jalan Terlurus di Dunia Panjangnya 240 kilometer, Awalnya Dipakai Mantan Raja Arab Saudi

Penampakan jalan raya terlurus di dunia ini awalnya hanya dipakai untuk mantan Raja Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Jalan raya merupakan jalur darat yang menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya. Jalan raya biasanya digunakan oleh berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil, bus, dan banyak kendaraan darat lainnya. Jalan raya juga menjadi jalur utama yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Rute ini biasanya menggunakan batuan seperti ter dan campuran bahan kimia pada suhu tinggi sebelum diaspal di jalan. Dengan dibangunnya jalan raya, semua kendaraan tidak perlu menggunakan 'jalan dalam' untuk mencapai tujuan yang direncanakan.

Sebagian besar jalan raya seperti tol yang dilalui pengendara sering berkelok-kelok, menanjak atau berbelok (flyover), berbukit dan melalui terowongan. Namun, ada jalan raya terpanjang dan terlurus di dunia yang dinamakan Highway 10, seperti dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli, Rabu (28/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Highway 10 atau Jalan Paling Lurus di Dunia

Menurut laporan Guinness World Record, Highway 10 adalah jalan paling lurus di dunia. Jalan raya ini dimulai dari kawasan kota Haradh hingga Al Batha dengan panjang 240 kilometer (149 mil).

Rute ini juga berbatasan dengan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Namun, ada yang mengklaim panjang jalan tol ini mencapai 256 kilometer (km). Highway 10 terletak di barat Arab Saudi dan menghubungkan 75 jalan raya lainnya di Haradh.

Jalur lurus ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk dijelajahi sepenuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Awalnya jalan pribadi mantan Raja Arab Saudi

Pada awalnya, jalan ini merupakan jalan pribadi mantan Raja Arab Saudi, Raja Fahd sebelum dibuka untuk umum. Highway 10 menyajikan pemandangan gurun Rub Al-Khali yang tak ada habisnya.

Untuk diketahui, jalan tol ini mungkin bukan menjadi pilihan karena suhu di kawasan tersebut sekitar 50 derajat Celcius dan membeku di malam hari. Selain itu, jalan ini juga menjadi sepi karena hampir tidak ada kehidupan akibat bentuk bumi yang gersang.

Sebelumnya, Eyre Highway Australia merupakan jalan raya terlurus di dunia dengan panjang sekitar 146 kilometer. Kini menjadi milik Highway 10 dengan panjang 240 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.