Sukses

Ya Fattah Artinya Maha Pembuka, Ketahui Zikir Pembuka Rezeki Lainnya

Selain Ya Fattah artinya Maha Pembuka ada beberapa zikir lain yang juga dapat dibaca untuk memohon kelancaran rezeki dari Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Rezeki adalh segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan, baik itu berupa makanan, udara, maupun tempat tinggal. Untuk mendapatkan rezeki, seorang manusia didaruskan untuk berikhtiar dan berdoa. Salah satu bentuk doa agar dimudahkan ketika mencari rezeki adalah dengan berzikir Ya Fattah artinya Maha Pembuka.

Ya Fattah artinya Maha Pembuka merupakan salah satu Asmaul Husna. Dalam zikir memohon kelancaran rezeki, Ya Fattah biasanya disertai Asmaul Husna lain, yaitu Ya Razzaq yang artinya Maha Pemberi Rizki. Zikir Ya Fattah Ya Razzaq Dianjurkan untuk dibaca 11 kali setelah salat fardu. 

Selain Ya Fattah artinya Maha Pembuka ada beberapa zikir lain yang juga dapat dibaca untuk memohon kelancaran rezeki dari Allah SWT. Berikut ulasan tentang Ya Fattah artinya Maha Pembuka beserta zikir pembuka rezeki lainnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Zikir Ya Fattah Ya Razzaq

Sebagai salah satu Asmaul Husna, Ya Fattah artinya dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Quran. Al Fattah dimaknai sebagai Allah maha pembuka segala rahmat untuk manusia. Rahmat bisa berupa kebaikan, berkah dan rezeki berlimpah untuk hamba- hambaNya. Berikut beberapa ayat yang menjelaskn tentang Ya Fattah

QS. Saba ayat 26

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّۗ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيْمُ

Artinya: Katakanlah, "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui."

QS. Fathir ayat 2

مَا يَفْتَحِ اللّٰهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۚوَمَا يُمْسِكْۙ فَلَا مُرْسِلَ لَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Artinya: Apa saja di antara rahmat Allah yang dianugerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskannya setelah itu. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

QS. Al Araf ayat 96

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Artinya: Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

Ya Razzaq yang juga asmaul husna yang kerap disandingkan dengan Ya Fattah sebagai zikir memohon kelancaran rezeki juga dijelaskan dalam Al-Quran. Ar Razaq memiliki arti Allah Maha Pemberi Rezeki. Rezeki tidak hanya berupa uang dan hal yang bersifat kebendaan lainnya. Contohnya nikmat sehat dan kemudahan ketika menyelesaikan berbagai urusan juga merupakan rezeki yang patut disyukuri. Berikut penjelasan tentang Ya Razzaq dalam Al-Qur’an.

QS. Adz Dzariyat ayat 58 

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya: Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

QS. Hud ayat 6

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

 

3 dari 3 halaman

Bacaan Zikir Memohon Kelancaran Rezeki Lainnya

Dalam hadist Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Sekiranya kamu sekalian bertawakal kepada Allah SWT dengan sebenar-benar ketakwaan, niscaya Allah SWT akan mencurahkan rezeki-Nya kepada kalian seperti seekor burung yang diberi rezeki pada waktu berangkat pagi hari saat perutnya kosong dan sekembalinya di sore hari saat perutnya dalam keadaan kenyang." (HR. Turmudzi No. 2266)

Dalam buku Doa Mengundang Rezeki Sukses dalam Hidup, Berkah dalam Usaha oleh Islah Susmian, dijelaskan bahwa ada beberapa zikir yang dapat dibaca untuk melancarkan rezeki. Sama seperti zikir Ya Fattah Ya Razzaq kalimat zikir pembuka rezeki dapat dibaca setelah melaksanakan salat fardu. Berikut zikir pembuka rezeki lainnya.

1. La Ilaha Illallah Al Malikul Haqqul Mubin

Membaca dzikir la Ilaha Ilallan Al Malikul Haqqul Mubin setidaknya 100 kali dalam sehari dapat melapangkan rezeki. Dalam sebuah riwayat hadits Rasulullah SAW, mengatakan. 

“Barangsiapa membaca La ilaha illalla al malikul haqqul mubin setiap hari, maka akan aman dari kefakiran dan menjadi penyejuk dari rasa takut dalam kubur." (HR. Al Mutaghfiri)

2. La Haula wa La Quwwata Illabillahil ‘aliyyil Adzhim

Membaca dzikir la haula wa la quwwata illabillahil ‘aliyyil adzim juga memiliki keutamaan mampu mendatangkan rezeki. Zikir ini juga diajarkan oleh Rasulullah melalui sebuah hadis berikut. 

"Barangsiapa yang lambat datang rezekinya, banyaklah mengucapkan la haula wa la quwwata illabillahil ‘aliyyil adzhim.” (HR. At Tabrani)

3. Subhanallahi Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

Membaca dzikir subhanallahi wabihamdihi subhanallahil adzim mempunyai keutamaan mendatangkan rezeki disebutkan dalam sebuah hadits, 

"Dari setiap kalimat subhanallahi wabihamdihi subhanallahil adzim seorang malaikat yang bertasbih kepada Allah Ta’ala sampai hari kiamat, maka rezeki pahalanya diberikan untukmu." (HR. Al Mustagfiri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.