Sukses

6 Cara Memasak Daging Bebek agar Empuk dan Tak Bau Amis, Simak Manfaatnya

Agar bebek jadi empuk dan tak bau amis, ketahui cara memasaknya yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi daging bebek memang nikmat, apalagi jika cara masaknya dilakukan dengan benar. Sebab daging bebek terkenal dengan tekstur yang cukup alot, terutama jika dibandingkan dengan daging ayam.

Maka dari itu, perlu untuk mempraktikkan bagaimana cara memasak daging bebek agar empuk. Anda tidak perlu khawatir, cara memasak daging bebek agar empuk sangat mudah dilakukan. Hanya diperlukan beberapa bahan tertentu yang bisa membantu proses pengempukan daging. Bahannya juga mudah ditemukan disekitar Anda.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara memasak daging bebek agar empuk yang praktis dan efektif untuk dilakukan, Rabu (21/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pilih Daging Bebek Segar

Cara memasak daging bebek agar empuk justru dimulai dari pemilihan daging itu sendiri. Ada baiknya, pilih daging bebek yang tidak terlalu muda dan belum terlampau tua. Sebab daging dengan kriteria tersebut memiliki tekstur yang kenyal dan nikmat untuk disantap.

Untuk memilih daging bebek yang tepat, ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan. Pertama, kulit dari daging bebek tersebut masih memiliki warna putih. Kemudian, kaki bebek masih lunak dan mudah untuk ditekuk. Sedangkan pada bagian dada, cenderung berisi dan yang terakhir tidak memiliki bau amis yang menyengat.

3 dari 8 halaman

2. Bersihkan dan Potong Daging

Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci daging bebek. Selain itu, usahakan mencabut seluruh bulu bebek hingga bersih. Jangan lupa untuk potong daging menjadi beberapa bagian. Hal ini untuk memudahkan proses pemasakan bebek agar cepat empuk.

Apabila tidak ingin timbul bau yang amis setelah proses pemasakan, maka pisahkan bagian jeroan dan bagian pantat bebek. Sebab bagian-bagian tersebut mengandung banyak minyak dan bisa memicu bau amis.

4 dari 8 halaman

3. Lumuri dengan Air Jeruk Nipis

Selanjutnya, agar bau amis pada bebek semakin menghilang, lumuri daging dengan air jeruk nipis. Lalu diamkan kira-kira selama 30 menit dan cuci kembali sampai benar-benar bersih. Aroma wangi yang dihasilkan jeruk nipis sangat berguna untuk menetralkan aroma amis pada daging bebek.

5 dari 8 halaman

4. Manfaatkan Daun Pepaya

Cara memasak daging bebek agar empuk selanjutnya, dengan memanfaatkan penggunaan daun pepaya. Mungkin daun pepaya sudah layaknya bahan yang wajib digunakan dalam mengempukkan berbagai jenis daging.

Kemampuan daun pepaya untuk mengempukkan daging ini, tidak lain karena kandungan enzim papain yang terdapat di dalamnya. Cara memanfaatkan daun pepaya untuk mengempukkan daging bebek sangat mudah, yaitu dengan meremas daun pepaya sampai keluar getahnya. Kemudian lumuri daging bebek dengan daun pepaya dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, jangan lupa untuk cuci daging bebek sampai bersih.

6 dari 8 halaman

5. Rebus dengan Rempah dan Garam

Menambahkan rempah seperti jahe, lengkuas, dan kunyit ke dalam rebusan daging bebek, merupakan cara memasak daging bebek agar empuk yang cukup efektif. Selain itu, penambahan garam juga bisa membuat daging bebek menjadi lebih gurih. Proses perebusan bisa menggunakan api sedang selama 1 hingga 2 jam.

7 dari 8 halaman

6. Diamkan Daging Semalaman

Setelah direbus, cara memasak daging bebek agar empuk selanjutnya dengan mendiamkan semalaman. Simpan daging bebek rebus di kulkas atau panci tertutup dan jangan dibuka jika belum ingin diolah.

8 dari 8 halaman

Manfaat Daging Bebek

Selain rasa daging bebek yang nikmat, terdapat berbagai manfaat daging bebek yang bisa didapatkan tubuh. Sebab daging bebek adalah sumber makanan yang cukup padat nutrisi. Di dalamnya terdapat berbagai jenis vitamin, mineral, antioksidan, serta nutrisi baik bagi tubuh lain.

Selain itu, daging bebek juga punya kandungan protein cukup tinggi. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram daging bebek, sudah memenuhi sekitar 22-23 % kebutuhan protein harian tubuh. Berikut berbagai manfaatnya:

1. Sumber Protein bagi Tubuh

Manfaat daging bebek yang pertama didapatkan dari proteinnya. Protein dalam daging bebek merupakan jenis protein berkualitas tinggi. Terdapat berbagai macam jenis asam amino esensial dan non-esensial di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan.

 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bebek mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Tapi manfaat daging bebek ini bisa didapatkan dengan maksimal, jika daging diolah dengan cara yang tepat.

 

3. Jaga Kesehatan Tulang

Manfaat daging bebek selanjutnya, bisa menjaga kesehatan tulang. Tapi bukan berarti hanya dengan konsumsi daging bebek dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian. Perlu tambahan asupan sumber kalsium lain agar lebih tercukupi.

 

4. Jaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Daging bebek berguna untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Sebab kelenjar tiroid membutuhkan selenium agar terjaga kesehatannya. Kelenjar tiroid merupakan tempat produksi berbagai hormon yang penting untuk proses pertumbuhan, perkembangan, serta metabolisme tubuh.

 

5. Jaga Daya Tahan Tubuh

Daging bebek juga memiliki kandungan selenium, di mana merupakan jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel serta meredakan peradangan. Kandungan selenium tersebut menjadi kunci penting yang menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

6. Tingkatkan Massa Otot

Bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet tinggi protein dan ingin meningkatkan massa otot, daging bebek menjadi solusinya. Sebab daging bebek tinggi protein yang baik bagi tubuh. Kandungan protein tersebut bisa membantu terpenuhinya kebutuhan protein dan nutrisi penting lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini