Sukses

10 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Alami

Jerawat punggung bisa diatasi dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat biasanya muncul di wajah dan leher. Namun, dalam beberapa kasus, jerawat juga sering muncul di punggung. Ada banyak faktor penyebab jerawat di punggung muncul.

Sama seperti wajah, punggung juga memiliki kelenjar minyak yang menghasilkan sebum. Ketika sebum menumpuk bersama dengan bakteri dan sel-sel mati, ia menyumbat pori-pori dan meradang. Keparahan jerawat punggung bisa berbeda-beda.

Jerawat punggung ringan bisa menimbulkan bintik dan komedo. Terkadang, jerawat yang parah bisa menghasilkan lebih banyak bintik dan kista. Kebersihan adalah faktor yang paling berperan dalam timbulnya jerawat punggung. Maka dari itu sangat penting menjaga kebersihan tubuh.

Selain itu, ada beberapa cara sederhana mengatasi jerawat di punggung. Cara ini bisa membantu mengatasi jerawat punggung secara alami. Berikut 10 cara mengatasi jerawat punggung yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Minggu (30/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mengatasi jerawat punggung

Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat. Lidah buaya juga memiliki efek anti jerawat yang bisa mencegah jerawat berkembang. Ambil satu sendok teh gel lidah buaya dari daunnya. Aplikasikan pada punggung yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, termasuk asam laurat. Asam laurat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang memerangi bakteri penyebab jerawat. Ambil satu sendok makan minyak kelapa murni di telapak tangan. Pijat secara merata di punggung sebelum mandi. Diamkan minyak selama 30 menit sebelum dibilas. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

3 dari 6 halaman

Cara mengatasi jerawat punggung

Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Oatmeal bisa membantu meringankan peradangan akibat jerawat. Tuang satu atau dua cangkir oatmeal ke dalam bak berisi air. Berendamlah di bak mandi oatmeal selama sekitar 20 hingga 30 menit. Mandi oatmeal setiap hari dapat membantu mengurangi jerawat punggung seiring waktu.

Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri baik yang hidup di usus. Yogurt bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Yogurt plain bisa dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yogurt juga bisa dioleskan pada area punggung yang berjerawat.

4 dari 6 halaman

Cara mengatasi jerawat punggung

Teh hijau

Teh hijau bermanfaat untuk mengobati jerawat baik diminum atau diaplikasikan pada kulit. Ini berkat kandungan polifenol yang mengurangi sekresi sebum dan jerawat. Tambahkan satu sendok teh teh hijau ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 5 sampai 7 menit dan saring. Setelah teh agak dingin, celupkan kapas ke dalamnya. Terapkan dengan lembut di punggung yang berjerawat. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan kemudian bersihkan dengan air. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari. Untuk manfaat tambahan, teh hijau juga bisa diminum secara rutin.

Madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba alami yang dapat membantu mengurangi jerawat. Madu mentah sangat membantu dalam mengobati jerawat yang meradang dan berisi nanah. Ambil sedikit madu mentah dan oleskan ke seluruh punggung. Biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

5 dari 6 halaman

Cara mengatasi jerawat punggung

Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengobati lesi jerawat. Campur dua sendok teh bubuk kunyit dan sedikit air untuk membentuk pasta kental. Oleskan pasta ke punggung secara merata. Biarkan selama 20 hingga 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan sekali sehari.

Scrub gula

Tekstur gula bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit dengan lembut. Pengelupasan dapat membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati di pori-pori yang mungkin menyebabkan jerawat punggung. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa atau zaitun ke dalam setengah cangkir gula. Gunakan campuran tersebut sebagai scrub untuk eksfoliasi punggung dengan lembut saat mandi. Lakukan ini sekali sehari atau setiap dua hari sekali. Scrub ini tidak boleh digunakan saat kulit sedang meradang karena dapat menimbulkan iritasi.

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi jerawat punggung

Air lemon

Air lemon memiliki sifat bakterisidal dan anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar area yang terkena jerawat. Namun, karena air lemon bersifat asam, air lemon tidak boleh digunakan saat kulit sedang iritasi. Peras jus dari setengah buah lemon. Rendam kapas di dalamnya dan oleskan ke lesi jerawat. Lemon juga bisa digosokkan langsung ke seluruh punggung. Diampkan air lemon selama sekitar 30 menit dan bersihkan. Lakukan sekali sehari.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk jerawat. Cuka sari apel juga bisa mengurangi peradangan jerawat dan menenangkan lesi jerawat.Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air. Aduk rata dan rendam bola kapas di dalamnya. Tepuk-tepuk bola kapas dengan lembut ke seluruh punggung. Konsentrasikan pada area yang rawan berjerawat. Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas. Sama seperti air lemon, cuka sari apel bersifat asam, jadi hati-hati saat menggunakannya di kulit yang sedang iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.