Sukses

12 Manfaat Senam Zumba di Rumah, Hilangkan Stres

Senam zumba bisa jadi pilihan aerobik yang tidak membosankan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat senam zumba tak hanya baik untuk kebugaran. Zumba adalah bentuk latihan aerobik terbaik yang bisa melatih seluruh tubuh. Zumba mengombinasikan latihan aerobik dengan irama musik cepat yang menyenangkan.

Manfaat senam zumba makin populer beberapa tahun terakhir. Jika kamu bosan dengan senam biasa, senam zumba mungki bisa kamu pertimbangkan. Manfaat senam zumba ini bisa jadi pilihan untuk berolahraga di dalam ruangan. Kamu bisa mendapat manfaat senam zumba setiap harinya.

Manfaat senam zumba ini bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Sudah banyak video atau tutorial yang akan memandumu untuk melakukan senam zumba di rumah. Manfaat senam zumba dinilai efektif membakar kalori, membentuk tubuh, dan melatih keselarasan.

Berikut manfaat senam zumba yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Membangun daya tahan

Satu studi menemukan bahwa setelah 12 minggu program Zumba, peserta menunjukkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah sistolik dengan peningkatan kinerjanya. Kelas standar satu jam Zumba membuat tubuh terbiasa dengan olahraga dan pengeluaran energi yang berkelanjutan. Ini dapat membuat berolahraga lebih mudah, lebih menyenangkan, dan membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan.

Kuatkan otot

Zumba melibatkan banyak gerakan lengan yang berbeda yang memperkuat otot-otot di lengan, bahu, dada, dan punggung atas. Zumba juga melibatkan melibatkan inti untuk membangun otot perut yang lebih kuat. Memiliki otot inti yang kuat penting untuk mempertahankan postur tubuh yang sehat.

Tarian zumba yang melibatkan kaki juga berfungsi untuk melatih betis, bokong, paha belakang, dan semua otot lainnya di kaki. Olahraga ini adalah cara yang baik untuk mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot.

3 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Turunkan berat badan

Latihan yang sangat menyenangkan ini menggabungkan banyak rutinitas yang akan meningkatkan sistem metabolisme. Ini dapat membantu proses penurunan berat badan. American Council on Exercise merekomendasikan bahwa individu membakar 300 kalori per latihan untuk mempromosikan penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Bakar lemak tubuh

Zumba sangat bagus untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Ini karena senam ini secara teratur mengubah kecepatan dan irama, membuat tubuh berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dengan menghabiskan banyak energi. Energi yang dikeluarkan ini berasal dari kalori dalam tubuh serta cadangan lemak tubuh. Rata-rata orang dapat membakar 600 hingga 1.000 kalori dalam satu jam tunggal kelas Zumba.

4 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Stabilkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan sekelompok wanita yang kelebihan berat badan menemukan bahwa setelah program kebugaran Zumba 12 minggu, para peserta mengalami penurunan tekanan darah dan peningkatan yang signifikan dalam berat badan. Studi 2015 lainnya menemukan penurunan tekanan darah pada peserta setelah total mengikuti 17 kali kelas Zumba.

Sehatkan jantung

Manfaat senam zumba menjadi latihan yang efisien dalam meningkatkan kapasitas aerobik, ukuran kebugaran kardiovaskular. Manfaat senam zumba dapat melatih jantung yang penting bagi sistem kardiovaskular. Ini berguna untuk mengontrol gula darah dan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Selain itu, senam zumba juga merupakan latihan bagus untuk paru-paru. Ini dapat melatih paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen.

5 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Melatih koordinasi tubuh

Zumba dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik. Zumba adalah jenis latihan yang menggabungkan tarian, jadi tubuh harus dapat mengoordinasikan semua bagian tubuh untuk melakukan gerakan berbeda tiap iramanya. Ini dapat melatih koordinasi paru-paru, jantung, tulang, dan otot tubuh.

Meningkatkan kelenturan tubuh

Gerakan zumba membuat tubuh tetap fleksibel dan mempertahankan rentang gerak yang baik. Zumba melibatkan banyak gerakan, postur, dan posisi dansa yang berbeda. Semuanya mengharuskan anggota tubuh untuk bergerak. Ini membuat sendi tetap lentur. Sendi yang lentur mengurangi risiko cedera otot dan persendian.

6 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Bentuk postur tubuh

Gerakan-gerakan yang terlibat dalam zumba mampu menggerapkkan kelompok otot yang unik dan membiasakan sendi untuk tetap bergerak. Ini dapat mengurangi ketegangan tubuh dan meningkatkan postur dan fleksibilitas dalam jangka panjang.

Tingkatkan kepercayaan diri

Zumba adalah latihan yang dikombinasikan dengan ekspresi diri, perayaan, dan eksplorasi tubuh sendiri. Dengan menari dan meningkatkan kesehatan fisik, senam zumba bisa membuatmu lebih nyaman dengan tubuh. Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mendorongmu untuk terus berlatih lagi.

7 dari 7 halaman

Manfaat Senam Zumba di Rumah

Atasi stres dan kecemasan

Zumba adalah latihan yang sempurna untuk menghilangkan stres seharian. Mengubah perhatian untuk menari dan menjauh dari kesibukan sehari-hari, adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Metabolisme yang baik juga mendukung peningkatan kesehatan mental.

Tingkatkan suasana hati

Zumba bisa membantu pelepasan endorfin dan neurotransmiter yang dapat meningkatkan suasana hati. Setiap kali berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang memicu perasaan positif di seluruh tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.