Sukses

Blog adalah Jurnal Pribadi di Internet, Berikut Cara Membuatnya yang Mudah

Blog adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web.

Liputan6.com, Jakarta Blog adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses semua pengguna internet, sesuai dengan isi atau tulisan dari pengguna blog tersebut.

Blog biasanya dikelola oleh individu atau seorang penulis tunggal. Namun, ada pula blog yang dikelola oleh beberapa orang ataupun beberapa penulis. Fungsinya pun beragam, mulai dari sebagai sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. 

Blog adalah wadah bagi orang-orang untuk menampilkan tulisan-tulisannya. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan tulisan terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, walaupun tidak selamanya demikian.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/8/2021) tentang blog adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blog adalah

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Sementara itu, orang orang yang membuat blog disebut sebagai bloger.

Blog adalah jenis situs web di mana konten disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Blog adalah situs web yang biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok kecil orang untuk menyajikan informasi tertentu. Konten blog sering disebut sebagai entri atau “posting blog”.

Kamu juga mungkin mengenal istilah komunitas blogger, yang merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain-lain.

Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

3 dari 4 halaman

Sejarah Blog

Aktivitas blogging mulai dikenal pada pertengahan 90-an. Dahulu, blog adalah wadah sebagai pengganti buku harian atau jurnal online. Pada saat itu, pengguna internet sudah menjalankan halaman web pribadi di mana mereka menerbitkan pembaruan rutin tentang kehidupan pribadi, pemikiran, dan komentar sosial mereka.

Istilah web log pertama kali digunakan pada akhir tahun 90-an, yang kemudian menjadi 'weblog', lalu 'we blog', dan akhirnya hanya 'blog'. Pada tahun 1999, situs web blogging populer Blogger.com diluncurkan, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003.

Salah satu penyedia situs blog adalah Blogger yang memiliki subdomain blogspot.com. Blogspot adalah tempat banyak orang di seluruh dunia berbagi informasi dalam bentuk blog. Blogspot adalah penyedia layanan blog gratis yang bisa diakses siapa saja.

Blogspot adalah jenis blog yang sederhana dan mudah dikelola bagi pemula. Saat ini Blogspot adalah layanan yang dikelola oleh Google. Tak ayal, Blogspot adalah andalan banyak orang untuk mengelola blog-nya. Bermain Blogspot adalah pilihan bagus bagi kamu yang suka menuangkan ide atau pengalaman dalam bentuk tulisan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Blog

Saat ini sudah banyak situs untuk mendaftar blog. Menariknya membuat blog  tidak dipungut biaya alias gratis. Beberapa situs penyedia blog gratis yang bisa kamu gunakan di antaranya Blogger, Medium, Tumblr, WordPress hingga Wix.com.

Bagi kamu yang ingin memulai blogging, Blogspot adalah pilihan mudah untuk belajar. Cara membuat Blogspot juga terbilang praktis dan mudah. Membuat Blogspot bisa dilakukan di PC atau di ponsel sekalipun. Kamu cukup memiliki email atau akun Google untuk bisa membuat Blogspot.

Cara membuat blog adalah sebagai berikut:

1. Buka halaman browser. pada PC atau laptop kemudian ketikkan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun Blogspot. Cukup masukkan alamat Gmailmu karena blogspot langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akum gmail.

4. Setelah masuk pada akun blogger.com, kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog. Jika kamu tidak ingin melengkapinya, kamu bisa mengisinya di lain kesempatan.

5. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.

6. Selanjutnya pilih alamat blog sesuai keinginan. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, jika kamu ingin domain gratis, kamu bisa menolak pembelian domain dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.

7. Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

8. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.