Sukses

8 Tips Membeli HP Baru yang Berkualitas, Perhatikan Spesifikasi

Tips membeli HP baru bisa dilakukan dengan memperhatikan deskripsi dari spesifikasi dan tampilannya.

Liputan6.com, Jakarta Tips membeli HP baru perlu kamu perhatikan agar tepat dalam memilih. Smartphone Android ataupun iPhone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk kamu pertimbangkan. Apalagi, saat ini vendor smartphone makin gencar memberikan invoasi terbaru.

Kamu tentunya dituntut untuk mengenali HP yang kamu inginkan sebelum membelinya. Persoalan spesifikasi, harga, desain, dan berbagai faktor lainnya harus diteliti terlebih dahulu. Memilih sesuai kebutuhan akan sangat penting dilakukan, jika kamu tidak ingin rugi.

Tips membeli HP baru bisa dilakukan dengan memperhatikan deskripsi dari spesifikasi dan tampilannya. Kamu bisa melihatnya di internet terlebih dahulu sebelum membeli smartphone baru.

Selain itu, menonton dan melihat konten review  smartphone di media sosial hingga YouTube menjadi salah satu cara mudah dan sangat efektif untuk mengenali bagus atau tidaknya sebuah produk smartphone.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021) tentang tips membeli HP baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Membeli HP Baru yang Berkualitas

Tentukan Budget dan Cek Harga

Salah satu tips membeli HP baru yang paling penting tentunya menentukan budget dan membandingkan harga. Harga HP yang beragam dengan berbagai fitur dan fungsi yang ditawarkan tentunya harus sesuai dengan budget yang kamu miliki. Langsung cari smartphone dengan harga sesuai budget yang kamu miliki agar tidak kelamaan bimbang.

Kamu bisa membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya agar mendapatkan harga terbaik. Hal ini disebabkan karena tidak menutup kemungkinan ada toko yang menjual smartphone yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah untuk menarik pelanggan. Jadi, tak perlu terburu-buru dalam membeli HP baru.

Kualitas Kamera

Tips membeli HP baru selanjutnya adalah memperhatikan kualitas kamera. Sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan berbagai macam fitur dan megapiksel yang fantastis untuk menarik perhatian pengguna.

Namun sebaiknya terlalu fokus kepada angka megapiksel yang tercantum di lembar teknis yang terpasang di samping produk penjualan toko. Hal ini disebabkan karena besarnya megapiksel tidak memberikan informasi lengkap dan penting tentang kemampuan kamera smartphone itu ketika mengambil gambar.

Sebaiknya, baca berbagai artikel review tentang kemampuan kamera smartphone yang ingin kamu beli, sehingga tahu dengan jelas seperti apa kualitasnya.

3 dari 5 halaman

Tips Membeli HP Baru yang Berkualitas

Desain dan Fungsi

Tips membeli HP baru berikutnya adalah memilih desain yang kamu suka, namun perhatikan juga fitur-fiturnya.Beberapa orang mungkin lebih suka bentuk atau bahan bodi smartphone yang berbeda dari yang lainnya, namun hal penting yang bisa jadi pertimbangan adalah kelengkapan fitur perangkat.

Salah satu fitur tersebut adalah port 3,5mm audiojack dan microSD. Banyak vendor smartphone menghilangkan fitur itu dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, pertimbangkan semua hal berdasarkan fungsi dan fitur yang mungkin dibutuhkan saat membeli smartphone tersebut.

Perhatikan Ukuran Layar

Masih terkait dengan desain, ukuran layar sekarang ini menjadi salah satu hal yang banyak diperhatikan orang saat akan membeli HP. Hal ini disebabkan karena smartphone semakin merambah pada berbagai aktivitas manusia.

Bagi kamu yang sering menikmati konten hiburan dan bermain game di smartphone, ukuran layar adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan. Biasanya, ukuran layar sebesar 5,7 inci sudah cukup menikmati beragam layanan video-on-demand (VOD) dan bermain game saat dalam perjalanan.

4 dari 5 halaman

Tips Membeli HP Baru yang Berkualitas

Prosesor

Prosesor merupakan komponen terpenting di dalam smartphone. Layaknya otak di dalam tubuh manusia, prosesor merupakan pusat kendali seluruh fungsi komponen di dalam smartphone kamu.

Berhubung sebagian besar smartphone saat ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, hal yang satu ini sudah pasti menjadi pilihan. Walau begitu, Huawei dengan prosesor Kirin-nya mampu menawarkan performa yang setara dengan Snapdragon.

Tips membeli HP baru dalam hal  prosesor ini, sebaiknya kamu membeli prosesor dari seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400. Untuk Snapdragon 600, merupakan chipset kelas menengah yang sudah banyak digunakan oleh banyak smartphone. Snapdragon seri 400 juga masih sangat bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

RAM

Komponen penting lain yang bakal mendukung performa smartphone adalah RAM. Perlu dicatat, secepat apapun prosesor yang digunakan smartphone tidak akan berfungsi optimal bila tidak didukung kapasitar RAM yang memadai.

Melihat perkembangan aplikasi, gim, dan fungsi smartphone yang semakin beragam, memilih RAM minimal 4GB tentu menjadi pilihan tepat.

5 dari 5 halaman

Tips Membeli HP Baru yang Berkualitas

Kapasitas Ruang Penyimpanan (Storage)

Saat ini, smartphone yang dirilis oleh vendor telah dibekali dengan beragam opsi ruang penyimpanan. Ada yang 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya. Tips membeli HP baru ini tentunya harus diperhatian sesuai kebutuhan kamu.

Apalagi, ada sejumlah smartphone yang tidak lagi menghadirkan slot memori card untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan di smartphone. Bila terpaksa untuk memilih yang tidak memiliki slot MicroSD, pastikan untuk memilih smartphone dengan kapasitas memori minimal 64GB.

Kapasitas Baterai

Memperhatikan kapasitas baterai merupakan salah satu tips membeli HP baru yang tak kalah penting. Baterai berkapasitas besar tidak hanya ada di perangkat unggulan. Buktinya sejumlah vendor mulai menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai besar.

Sekarang ini, smartphone dengan kapasitas baterai di atas 3.000mAh sudah menjadi standar ponsel pintar dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan, bagi kamu yang suka main game, perlu membeli baterai dengan kapasitas 4000mAH.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kecepatan pengisian daya pada smartphone. Tentunya akan percuma kapasitas baterai yang besar jika mengisi dayanya juga sangat lama.

Itulah beberapa tips membeli HP baru yang perlu kamu perhatikan. Sebaiknya kamu memperbanyak referensi sebelum membeli smartphone, terutama dari review orang-orang yang pernah membelinya. Kamu bisa melihatnya terutama di YouTube, Instagram, TikTok, dan media sosial lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini