Sukses

10 Makanan Ringan Khas Singapura yang Mendunia

Makanan ringan khas Singapura memiliki daya tarik dari segi rasa dan penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Singapura tak hanya menarik dari sisi destinasi wisata. Negara yang memiliki Theme Park Universal Studio ini pun menarik dari sisi makanan ringan khas Singapura. Makanan ringan ini terdiri dari olahan jagung, ikan, mi, cokelat, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain terbuat dari berbagai macam bahan olahan, makanan ringan khas Singapura juga memiliki daya tarik dari segi rasa dan penampilan. Tak heran jika makanan-makanan ini mulai mendunia dan semakin banyak dicari wisatawan dari berbagai mancanegara.

Jika menilik dari segi kehalalan, sebagian besar makanan ringan khas Singapura memang belum bersertifikasi. Meski begitu, banyak pula perusahaan yang menuturkan makanan produksinya tak diolah dengan daging babi, minyak babi, dan alkohol.

Berikut Liputan6.com ulas makanan ringan khas Singapura dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Ringan Khas Singapura

Garrett Popcorn

Garrett Popcorn merupakan makanan ringan khas Singapura. Meski khas Singapura, garret popcorn mudah ditemukan di Indonesia. Harganya memang relatif mahal, tetapi rasanya dijamin bikin ketagihan. Garret popcorn bukan makanan ringan khas yang asli berasal dari Singapura.

Makanan ringan ini asalnya dari Chicago, Amerika Serikat. Sempat pula mendapat claim sebagai makanan yang tidak halal karena tak memiliki sertifikasi. Namun pihak perusahaan Garret menuturkan proses pembuatan garret popron tak menggunakan alkohol, lemak babi, dan daging babi.

Garret popron yang paling laris adalah rasa keju dan karamel. Padahal ada banyak varian rasa yang juga tersedia. mulai dari almond, strawberry, dan matcha. Di Singapura, garret popron bisa ditemukan di Orchard Road, Vivo City, CityLink Mall, Wisma Atria Shopping Center, dan di Changi International Airport.

Royal Pudding

Royal pudding adalah makanan ringan khas Singapura yang wajib dicicipi dan dibawa pulang. Makanan ringan ini dikenam dengan toples kecil nan imut sekali. Rasanya juga manis, legit, dan sangat lezat.

Ada tiga varian rasa yang ditawarkan. Mulai dari Our Royal Pudding Original, Our Yuzu Royal Pudding, dan Our Lychee Rose Royal Pudding. Untuk bisa mendapatkannya, makanan ringan ini dijual di Paris Baguette Café, Wisma Atria, Orchard Road.

3 dari 5 halaman

Makanan Ringan Khas Singapura

Cokelat Merlion

Berkunjung ke Singapura tak lengkap rasanya tanpa mencicipi cokelat merlion. Makanan ringan khas Singapura ini memiliki bentuk yang mirip sekali ikon negaranya. Cokelat manis yang berbentuk seperti monster ikan kepala singa.

Jika harus menyebutkan penganan apa yang dimiliki oleh setiap negara, maka cokelat adalah jawabannya. Begitupun dengan Singapura, kamu bisa dengan mudah menemukan aneka cokelat di sini.

Namun, salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah Cokelat Merlion. Penamaan tersebut pun berangkat dari bentuk cokelat ini yakni menyerupai ikon Singapura yaitu kepala singa.

Pasta Laksa

Pasta laksa adalah olahan mi yang berisi udang, ebi, dan fishcake. Di Singapura, pasta laksa termasuk makanan ringan khas Singapura yang banyak dicari wisatawan dari berbagai mancanegara. Kuahnya gurih, kental, dan memiliki tekstur mirip kari Indonesia.

Makanan ringan khas Singapura ini awal mulanya berasal dari China. Tepatnya dibawa oleh pedagang dari China yang hendak berdagang di Singapura. Tak heran ketika mencicipinya, rasa pasta laksa mirip perpaduan masakan China dan Asia.

4 dari 5 halaman

Makanan Ringan Khas Singapura

Bakkwa

Bakkwa merupakan salah satu makanan ringan khas Singapura yang wajib dicicipi ketika tengah berkunjung ke sana. Bakkwa mirip dengan dendeng Indonesia. Makanan ringan ini sangat populer di Singapura.

Meski menurut sejarah, bakkwa sebenarnya asli dari Fujian, China. Di China, Bakkwa disebut dendeng China. Memiliki cita rasa yang asin dan manis. Terbuat daging sapi, kambing, dan babi yang melalui proses pengawetan daging khas China.

Sementara untuk Bakkwa Singapura, proses pembuatannya sedikit berbeda. Tidak lagi melalui pengawetan, melainkan menggunakan teknik pemanggangan di atas bara api yang membuatnya memiliki aroma asap yang sedap. Untuk bumbunya masih sama, gula, garam, dan kecap asin.

Cheezy Fish

Ada juga kombinasi rasa keju dan ikan yang tak kalah lezat. Dibuat dari ikan yang segar dan diolah dengan sangat tepat, maka tekstur kesegaran ikan tetap terjaga. Ditambah keju membuat rasa baru yang patut Anda coba.

Curry Puff

Jika dilihat sekilas, curry puff sangat mirip seperti pastel di Indonesia. Namun, ada yang berbeda dari curry puff khas Singapura, yaitu kulit dan isiannya. Curry puff ala Singapura biasanya memiliki kulit berlayer seperti puff pastry. Lalu, isian curry puff adalah daging, ayam, atau ikan yang diolah bersama bumbu kari. Rasa bumbu yang kaya rempah inilah yang membuat banyak orang ketagihan.

5 dari 5 halaman

Makanan Ringan Khas Singapura

Squid Head

Camilan yang satu ini terbuat dari cumi-cumi. Cumi goreng ini tak sekedar cumi yang digoreng biasa. Sebelum digoreng, cumi-cumi ini dibalur tepung. Balutan tepung yang tipis pada cumi membuatnya terasa lebih renyah dan spesial. Menikmati cumi-cumi dengan cara ini pasti lebih fun!

Fish Ball

Fish ball atau bakso ikan juga menjadi camilan favorit khas Singapura. Tak hanya lezat disajikan bersama kuah, fish ball juga enak dimakan sebagai camilan. Ada beberapa pilihan fish ball, terbuat dari daging ikan, cumi, dan udang. Fish ball ini berbeda karena memiliki aroma seafood segar dan tekstur yang empuk.

Siomay

Mungkin Anda sering menemukan siomay di Indonesia. Namun ada yang berbeda dari siomay khas Singapura. Setelah dikukus, siomay digoreng, sehingga menghasilkan permukaan yang renyah. Paduan renyah ini cocok dengan kelembutan siomay di dalamnya. Rasa asli seafood atau daging ayamnya pun sangat terasa. It’s so juicy!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.