Sukses

15 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami, Lakukan Olahraga Sederhana

Cara menambah tinggi badan secara alami ini bisa dilakukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tinggi badan yang ideal secara alami sudah pasti menjadi impian setiap orang. Jangan disamaratakan, tinggi badan ideal setiap orang berbeda-beda dan hanya bisa dihitung sesuai tinggi badan orang tuanya. Meski begitu, cara menambah tinggi badan secara alami bisa tetap dilakukan dengan maksimal.

Cara menambah tinggi badan secara alami ini bisa dilakukan dengan mengandalkan olahraga sederhana. Bisa juga dengan mengandalkan asupan gizi seimbang setiap harinya. Jadi, mulailah perhatikan tinggi badan idealmu dan penuhi kebutuhan untuk mengoptimalkan pertumbuhanmu.

Alih-alih menggunakan suplemen dan alat peninggi badan, cara menambah tinggi badan secara alami jauh lebih aman. Memang membutuhkan lebih banyak kesabaran, tetapi hasilnya jauh lebih maksimal. Cara ini juga efektif digunakan untuk memulai gaya hidup lebih sehat. Tinggi badan bisa maksimal dan tubuh bisa sehat dengan ideal.

Berikut Liputan6.com ulas cara menambah tinggi badan secara alami dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Cukup Minum Air

Air mineral merupakan air minum yang mengandung mineral yang mudah larut dan bisa dengan cepat dicerna oleh tubuh. Jadi, tidak heran jika cara menambah tinggi badan secara alami dengan cukup minum air putih bisa diandalkan. Misalnya saja dengan minum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Tubuh mengandung banyak racun yang perlu dikeluarkan, dan air membantu proses ini. Saat tubuh bebas dari racun dan memiliki metabolisme yang baik, pertumbuhan tinggi badan dapat meningkat dengan cepat.

Kandungan air mineral yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh membuat air mineral sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan dengan cepat.

Konsumsi Kalsium Tinggi

Mengkonsumsi makanan mengandung kalsium tinggi termasuk cara menambah tinggi badan secara alami. Selain makanan konsumsi susu juga bisa diandalkan. Makanan ini misalnya saja seperti, biji-bijian, sarden, salmon, keju, yogurt, almond, kacang, dan lentil.

Selain makanan, cobalah mengonsumsi susu. Susu dikenal memiliki kalsium yang tinggi juga proteinnya. Pada saat Anda hendak membeli produk susu, pastikan susu tersebut juga mengandung vitamin D. Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Kalsium bisa bantu lancarkan pertumbuhan tulang anak dan cegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Konsumsi susu sebanyak 2 kali sehari saat sarapan pagi dan malam menjelang tidur. Kebiasaan ini akan membantu mempercepat proses pertumbuhan tinggi badan.

Nutrisi Tercukupi

Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi termasuk cara menambah tinggi badan secara alami. Terutama makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin. Misalnya saja seperti mengonsumsi blueberry, goji berries, sawi, dan biji chia.

Sedangkan makanan seimbang yang kaya kalsium, vitamin D, fosfor, yodium, dan magnesium juga penting untuk dipenuhi. Untuk asupan lemak trans dan lemak jenuh harus dibatasi. Mengonsumsinya justru akan membuat penyerapan nutrisi terjadi lebih lama.

3 dari 6 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Istirahat Cukup

Pada saat tubuh sedang beristirahat atau tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan (HGH). Hal inilah yang membuat cara menambah tinggi badan secara alami dengan istirahat cukup perlu dilakukan. Paling tidak, pastikan waktu tidurmu sudah 8 jam sehari. Tidur yang teratur, akan memperlancar produksi hormon pertumbuhan. Tidur juga akan membantu proses regenerasi sel dan jaringan tubuh.

Posisi Tidur Benar

Posisi tidur yang salah akan membuat pertumbuhan tulang dan postur tubuh menjadi tidak benar. Bahkan bisa membuat tulang melengkung dan postur tubuh bungkuk. Cara menambah tinggi badan secara alami dengan posisi ini cukup mudah dilakukan. Pastikan saja posisi tidurmu terlentang. Tubuh menghadap atas, kaki lurus tanpa memeluk guling, dan tidak menggunakan bantal terlalu tinggi.

Melompat

Sama halnya dengan menendang, melompat juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki Anda. Gerakan melompat akan menstimulasi otot-otot kaki sehingga akan menjadikan tubuh lebih tinggi.

Cara menambah tinggi badan secara alami:

- Lakukan gerakan melompat setiap hari selama 15 menit.

- Cukup melompat-lompat saja.

- Bisa juga melakukannya setiap bagun tidur di pagi hari.

4 dari 6 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Yoga

Yoga adalah gerakan yang melatih tubuh dengan cara meregangkan tubuh. Gerakan peregangan pada yoga, efektif digunakan sebagai cara menambah tinggi badan secara alami.

Postur tubuh yang tegak mendukung perkembangan keseluruhan tubuh termasuk tinggi badan. Posisi yoga yang berbeda membuat tubuh lebih lentur dan merangsang hormon pertumbuhan.

Pose yoga yang bisa mendukung pertumbuhan tulan adalah tadasana, pose kobra, Downward Dog, pose segitiga, Shoulder Stand, dan masih banyak lagi.

Tegap

Orang-orang seringkali secara tidak sadar melakukan postur tubuh yang salah. Misalnya saja saat berjalan dengan membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk. Posisi yang tidak benar ini akan mengganggu pertumbuhan tulang. Jika ingin menambah tinggi badan dianjurkan untuk menjaga postur tubuh tetap tegap baik pada saat berdiri, berjalan, maupun duduk. Cara menambah tinggi badan secara alami ini terbilang cukup efektif.

Hidup Sehat

Menghentikan dan tidak melakukan kebiasaan yang tidak sehat bisa dijadikan cara menambah tinggi badan secara alami. Misalnya saja seperti minum minuman yang mengandung alkohol, merokok, sering makan junkfood. Kebiasaan-kebiasaan ini justr akan menghambat pertumbuhan tinggi badan dengan maksimal.

5 dari 6 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Sinar Matahari

Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang paling penting. Sinar matahari yang dibutuhkan, terutama pada pagi atau sore hari, bisa sangat bermanfaat karena radiasi ultraviolet berada pada titik terendah selama waktu ini. Vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk memungkinkan usus menstimulasi dan menyerap kalsium.

Stretching

Stretching atau peregangan adalah latihan fisik yang mudah. Tujuannya agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman. Latihan ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Melakukan peregangan setelah bangun tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan dalam 1 minggu yang efektif.

Cara menambah tinggi badan secara alami:

- Lakukanlah peregangan secara berurutan mulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah.

- Jangan melakukan peregangan secara tidak berurutan (acak) (atas - bawah - atas - bawah).

- Jika melakukan peregangan secara acak, bisa menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur dan bisa menyebabkan rasa mual dan pusing.

Berenang

Melakukan olahraga berenang telah lama dipercaya bisa digunakan sebagai cara menambah tinggi badan secara alami. Karena dengan berenang, semua otot-otot pada tubuh akan digerakkan dan dilatih, sehingga bisa membantu untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan Anda. Hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi, dengan melakukan olahraga berenang. Cobalah untuk berenang setidaknya sekali dalam seminggu.

6 dari 6 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Menendang

Melakukan gerakan menendang. Gerakan menendang akan membuat otot serta tulang bisa merasakan sensasi ditarik yang akan merangsang pertumbuhan tulang kaki. Tujuannya agar lebih panjang dan tentu saja menjadi lebih tinggi.

Lakukan saja gerakan menendang ke depan secara bergantian kaki kanan dan kiri. Bisa juga kombinasikan dengan gerakan lain seperti futsal saat menendang bola. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang diminati oleh banyak orang.  Latihan ini dikenal sebagai salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah menambah tinggi badan secara alami.

Cara menambah tinggi badan secara alami dengan bersepeda bisa dengan mengatur tinggi kursinya. Atur ketinggian kursi sepeda dan biarkan jari kaki bersentuhan dengan pedal sepeda. Ini akan menarik tulang-tulang untuk tetap tumbuh.

Lompat Tali

Lompat tali bisa dimanfaatkan sebagai cara menambah tinggi badan secara alami. Lompat tali dapat membantu memaksimalkan tubuh agar program meninggikan badan menjadi lebih efektif. Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulasi sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Lakukan setiap hari selama 15 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.