Sukses

14 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat, Aman dan Mudah

Menambah tinggi badan bisa dilakukan dengan cara sederhana

Liputan6.com, Jakarta Cara menambah tinggi badan dengan cepat dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana. Beberapa faktor berkontribusi terhadap tinggi keseluruhan. Diperkirakan bahwa faktor genetik menyumbang 60 hingga 80 persen dari ketinggian akhir. Faktor lingkungan, seperti nutrisi dan olahraga, biasanya merupakan persentase sisanya.

Cara menambah tinggi badan dengan cepat paling tepat dilakukan mulai dari usia 1 tahun hingga masa pubertas. Pertumbuhan dikendalikan oleh hormon seperti hormon pertumbuhan manusia (HGH), hormon tiroid, dan hormon seks. Cara menambah tinggi badan dengan cepat harus memerhatikan faktor-faktor penting ini.

Ada banyak cara menambah tinggi badan dengan cepat. Beberapa cara menambah tinggi badan dengan cepat ini sangat mudah dilakukan. Cara menambah tinggi badan dengan cepat harus dilakukan secara rutin. Berikut cara menambah tinggi badan dengan cepat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(5/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Mengontrol Gaya Hidup

Konsumsi makanan tinggi kalsium

Kalsium diperlukan untuk membangun kepadatan tulang. Manusia membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. 99% Kalsium tubuh ada di tulang dan gigi. Kalsium sangat penting untuk pengembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Kalsium tersedia secara alami di banyak makanan seperti susu dan produk olahannya, buah, sayur, daging, dan ikan.

Perbanyak minum air mineral

Air adalah hal penting lainnya dalam cara menambah tinggi badan dengan cepat. Air sangat penting bagi tubuh. Tubuh mengandung banyak racun yang perlu dikeluarkan, dan air membantu proses ini. Saat tubuh bebas dari racun dan memiliki metabolisme yang baik, pertumbuhan tinggi badan dapat meningkat dengan cepat. Kandungan air mineral yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh membuat air mineral sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan dengan cepat.

3 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan

Tidur cukup

Tubuh melepaskan HGH saat tidur, hormon yang mendukung pertumbuhan. Produksi hormon ini dan lainnya dapat menurun jika seseorang kurang tidur. Tidur yang cukup sangat diperlukan. Ini karena hormon pertumbuhan melakukan tugasnya menebalkan dan memperpanjang tulang selama tidur nyenyak.

Konsumsi suplemen

Suplemen bisa menjadi solusi untuk menambah tinggi badan dengan cepat. Namun, penting untuk mengonsultasikan penggunaan suplemen ini pada dokter. Misalnya, jika kamu memiliki kondisi yang memengaruhi produksi hormon pertumbuhan (HGH), dokter dapat merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

4 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan

Perhatikan posisi tidur

Posisi tidur yang benar juga penting untuk pertumbuhan yang tepat. Beberapa posisi tidur yang salah justru malah membuat badan bungkuk dan menghambat pertumbuhan tulang. Posisi tidur yang baik untuk penambahan tinggi badan menghadap ke atas dengan posisi terlentang tanpa memeluk guling.

Rutin lakukan peregangan

Peregangan atau stretching adalah salah satu cara mudah untuk menambah tinggi badan. Olahraga sangat penting untuk mendapatkan tinggi badan yang baik karena pertumbuhan dirangsang ketika tubuh diregangkan. Tujuan dari peregangan adalah agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman. Latihan ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Melakukan peregangan setelah bangun tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan. Ada banyak gerakan peregangan sederhana yang bisa dilakukan setiap hari.

5 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Olahraga

Berenang

Saat berenang otot secara otomatis akan mengalami pergerakan, sehingga dapat memacu pertumbuhan tulang dengan cepat. Berenang untuk anak dan remaja menjadi cara menambah tinggi badan dengan cepat. Berenang merangsang pelepasan hormon pertumbuhan oleh kelenjar hipofisis yang mempromosikan peningkatan tinggi badan. Berenang secara rutin merangsang produksi laktat dan nitrat oksida dalam tubuh, dua komponen yang merangsang sekresi hormon pertumbuhan.

Lompat Tali

Saat melakukan lompat tali, tubuh meregangkan tulang belakang dan otot-otot punggung. ekukan lutut secara konstan saat melompat menyebabkan otot betis mengembang secara vertikal. lompat tali juga menambah massa tulang dengan membuatnya lebih panjang. Lakukan kegiatan lompat tali selama 15 menit setiap hari agar tinggi bertambah dengan cepat.

6 dari 8 halaman

Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Lainnya

Menendang

Menendang mampu membuat otot dan tulang tertarik sehingga merangsang pertumbuhan tulang kaki dengan cepat. Lakukan gerakan menendang ke depan secara bergantian kaki kanan dan kiri.

Yoga

Selain berolahraga secara teratur, berlatih yoga juga membantu menjaga postur tubuh yang baik. Postur tubuh yang tegak mendukung perkembangan keseluruhan tubuh termasuk tinggi badan. Posisi yoga yang berbeda membuat tubuh lebih lentur dan merangsang hormon pertumbuhan. Pose yoga yang bisa mendukung pertumbuhan tulan adalah tadasana, pose kobra, Downward Dog, pose segitiga, Shoulder Stand, dan masih banyak lagi.

7 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan

Menerapkan postur tubuh yang baik

Postur yang buruk dapat membuat kamu terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Seiring waktu, postur tubuh yang buruk seperti membungkuk juga dapar memengaruhi tinggi badan. Mengetahui bagaimana caranya berdiri, duduk, dan tidur adalah kuncinya.

Tetap aktif

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat. Gerakan aktif ini memperkuat otot dan tulang, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Anak dan remaja harus berolahraga setidaknya satu jam sehari.

8 dari 8 halaman

Cara Menambah Tinggi Badan Lainnya

Makan makanan dengan gizi seimbang

Diet dan nutrisi yang tepat memainkan peran penting dalam meningkatkan tinggi badan. Tubuh harus dapat menyerap vitamin, mineral, dan nutrisi untuk memasukkannya ke dalam sistem pertumbuhan. Makanan seimbang yang kaya akan kalsium, vitamin D, fosfor, yodium, dan magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tinggi badan. Asupan lemak trans dan lemak jenuh harus dibatasi karena sulit dicerna dan mengganggu penyerapan nutrisi. Vitamin D juga meningkatkan kesehatan tulang. Sumber vitamin D yang umum termasuk tuna, susu yang diperkaya, dan kuning telur.

Mendapatkan sinar matahari cukup

Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D yang paling penting. Sinar matahari yang dibutuhkan, terutama pada pagi atau sore hari, bisa sangat bermanfaat karena radiasi ultraviolet berada pada titik terendah selama waktu ini. Vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk memungkinkan usus menstimulasi dan menyerap kalsium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.