Sukses

8 Penyebab Bercak Cokelat pada Wanita, Kenali Gejalanya

Jangan sepelekan bercak cokelat yang muncul.

Liputan6.com, Jakarta Bercak atau keputihan pada wanita merupakan kondisi yang sangat umum. Keputihan sering terjadi hampir setiap hari. Biasanya, keputihan akan bertekstur tipis dan bening atau putih. Namun, keputihan bisa disebut bercak ketika berwarna cokelat.

Bercak cokelat pada wanita bisa disebabkan banyak hal. Bercak cokelat sebelum menstruasi biasanya tidak berbahaya, dan ada banyak kemungkinan penyebabnya. Terkadang, ini bisa mengindikasikan kehamilan atau perimenopause.

Lebih jarang, kondisi ini bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang mendasarinya. Selain itu, ada beberapa penyebab bercak cokelat lainnya yang bisa menandakan adanya sebuah masalah. Kondisi ini bisa terjadi pada usia berapapun.

Berikut penyebab bercak cokelat pada wanita, dirangkum dari Medical News Today, Selasa(5/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kehamilan

Keluarnya cairan berwarna merah muda atau coklat atau bercak sebelum menstruasi mungkin merupakan tanda awal kehamilan. Tidak semua orang hamil akan mengalami gejala ini, tetapi beberapa mengalaminya.

Keluarnya cairan ini disebabkan oleh pendarahan implantasi yang dapat terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi masuk ke dalam lapisan rahim. Pendarahan implantasi dapat terjadi 1 hingga 2 minggu setelah sel telur dibuahi.

Siapa pun yang sedang hamil dan mengalami keputihan berwarna coklat tua harus berbicara dengan dokter. Namun, keputihan selama kehamilan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini mungkin mengindikasikan kehamilan ektopik atau keguguran.

3 dari 9 halaman

Menstruasi, ovulasi, tes papsmear

Selain kehamilan, bercak cokelat bisa disebabkan oleh darah tua yang meninggalkan rahim beberapa hari setelah akhir menstruasi. Bercak cokelat juga biasa muncul saat menstruasi dimulai, di mana alirannya sangat ringan.

Selain itu, ovulasi juga bisa meninggalkan bercak cokelat kemerahan. Penyebab lain dari bercak cokelat adalah reaksi terhadap pemeriksaan papsmear, dan reaksi saat berhubungan seksual.

4 dari 9 halaman

Mendekati masa menopause

Menopause bukanlah masalah kesehatan tetapi transisi alami. Selama menopause, berbagai perubahan fisik dan mental dapat terjadi, ini menyebabkan gejala. Beberapa di antaranya dimulai sebelum menopause, dan beberapa berlanjut setelahnya. Bagi orang-orang berusia 40-an atau 50-an, bercak cokelat sebelum menstruasi mungkin merupakan tanda perimenopause.

Perimenopause adalah masa transisi sebelum menopause saat menstruasi berhenti. Gejala lain mungkin termasuk perubahan suasana hati, hot flushes, keringat malam, kesulitan tidur, dan kekeringan vagina.

5 dari 9 halaman

Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi pada serviks dan rahim yang dapat menyebabkan keluarnya cairan berwarna coklat. Kondisi ini dapat memengaruhi rahim, atau rahim, saluran tuba, ovarium, atau kombinasi keduanya.

Gejala lain mungkin termasuk nyeri di panggul dan perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seks, demam, keputihan yang berbau, dan sensasi terbakar saat buang air kecil. Penyakit radang panggul sering kali berasal dari infeksi menular seksual yang tidak diobati atau infeksi ginekologi lainnya.

6 dari 9 halaman

Infeksi menular seksual (IMS)

Keputihan sebelum haid dapat mengindikasikan infeksi menular seksual, seperti gonore atau klamidia. Gejala lain mungkin termasuk sensasi terbakar saat buang air kecil, keluarnya bau, dan nyeri saat berhubungan seks. Tidak semua orang dengan kondisi ini mengalami gejala, itulah mengapa penting bagi semua orang yang aktif secara seksual untuk dites secara teratur.

Beberapa IMS tidak berbahaya, tetapi yang lainnya dapat menyebabkan komplikasi parah jika dibiarkan tanpa pengobatan. IMS menyebar terutama melalui hubungan seksual, termasuk seks vaginal, anal dan oral. Beberapa IMS juga dapat ditularkan melalui sarana non-seksual seperti melalui darah atau produk darah.

Banyak IMS — termasuk sifilis, hepatitis B, HIV, klamidia, gonore, herpes, dan HPV — juga dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan dan persalinan.

7 dari 9 halaman

Benda asing

Bercak cokelat yang berbau tidak sedap dapat terjadi jika benda asing tertinggal di vagina secara tidak sengaja. Objek yang dapat menyebabkan ini mungkin termasuk tampon, kondom, spons kontrasepsi vagina, diafragma, atau penutup serviks, dan cincin kontrasepsi. Siapa pun yang melihat keluarnya cairan berwarna coklat dengan bau harus segera menemui dokter.

8 dari 9 halaman

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik, secara luas dikenal sebagai PCOS, adalah kelainan sistem endokrin yang menyerang wanita di tahun-tahun reproduksinya. PCOS adalah ketidakseimbangan hormonal. PCOS adalah salah satu kelainan endokrin hormonal paling umum yang menyerang 8-20 persen wanita.

Ini dapat menyebabkan keluarnya cairan berwarna coklat dari perdarahan ringan yang tidak teratur. Gejala lain bisa meliputi menstruasi tidak teratur, berhenti menstruasi, menstruasi yang sangat berat, rambut berlebih di wajah atau tubuh, jerawat atau kulit berminyak, nyeri panggul, kesulitan hamil, dan bercak kulit gelap dan berubah warna.

9 dari 9 halaman

Kanker serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks - bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Human papillomavirus (HPV) menjadi penyebab mayoritas kasus kanker serviks.

Bercak cokelat mungkin merupakan gejala kanker serviks, tetapi ini sangat jarang terjadi. Pada tahap awal kanker serviks, seseorang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Ini membuat wanita harus menjalani tes smear serviks secara teratur.

Jika penyebab keputihan adalah kanker serviks, gejala lain mungkin termasuk nyeri saat berhubungan seks, pendarahan setelah berhubungan seks, menstruasi yang lebih berat atau lebih lama, dan pendarahan di antara periode menstruasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini