Sukses

20 Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi, Mulai Perhatikan

Penyebab gigi ngilu dipengaruhi oleh kebersihan dan kesehatan area mulut.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gigi ngilu bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi. Gigi ngilu pun bisa dipicu karena perawatan gigi yang sedang dijalani. Penderita gigi ngilu biasanya akan mengeluhkan kondisi gigi yang sulit diajak kompromi untuk makan dan minum dengan nyaman.

Gigi adalah salah satu organ yang penting dalam proses pencernaan, tanpa gigi makanan tidak bisa dicerna dengan baik dalam saluran pencernaan. Maka menghindari penyebab gigi ngilu yang sering terjadi sangat penting dilakoni. Gigi yang mengalami masalah seperti ngilu merupakan bentuk peringatan tubuh bahwa ada yang tidak beres dengan gigi.

Beberapa penyebab gigi ngilu yang sering terjadi memang bisa dihindari, tetapi banyak di antaranya sulit dikendalikan oleh diri sendiri. Penyebab gigi ngilu yang dimaksudkan adalah masalah penurunan gusi, infeksi, mahkota retak, dan masih banyak lagi.

Pelajari lebih jauh tentang penyebab gigi ngilu yang sering terjadi agar lebih memahami. Berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Rabu (17/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Suhu Ekstrem

Sensitivitas gigi disebabkan oleh enamel gigi yang aus atau saraf yang terbuka di gigi. Ketika kamu makan atau minum sesuatu dengan suhu yang sangat rendah atau tinggi, kamu mungkin merasakan rasa ngilu yang tiba-tiba dan tajam.

Suhu ekstrem dari makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Paparan pada panas ekstrem atau dingin bisa membuat gigi lebih sensitif dan lebih berisiko menimbulkan ngilu berkepanjangan.

Menyikat Kuat

Kadang-kadang sensitivitas gigi berasal dari menyikat dengan terlalu kuat. Menyikat gigi yang kuat dapat menjadi penyebab gigi ngilu yang sering terjadi karena merusak lapisan pelindung gigi dan mengekspos dentin gigi. Ketika tabung ini terpapar suhu ekstrem atau makanan yang asam atau lengket, sensitivitas dan ketidaknyamanan gigi dapat terjadi.

Perawatan Gigi

Efek prosedur perawatan gigi merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Beberapa orang yang melakukan perawatan seperti memutihkan gigi (bleaching), mencabut gigi dan lainnya kerap merasakan ngilu saat melakukan prosedur perawatan tersebut.

Tetapi, pada umumnya, rasa ngilu tersebut akan berangsur hilang. Apabila dalam waktu 4 hingga 6 minggu rasa ngilu tersebut masih ada, maka segera periksakan kembali pada dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mahkota Gigi Retak

Kondisi mahkota gigi yang retak merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering terjadi dan meningkatkan sesitivitas di gigi. Meskipun gigi yang retak hanya sedikit atau bahkan tak kasat mata, rasa sakit tetap dapat muncul, terutama saat makan atau minum.

3 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Asam Lambung

Sakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat menyebabkan asam lambung mengalir ke mulut (refluks). Sifat asam ini dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi ngilu.

Agar bisa menghindari penyebab gigi ngilu yang sering terjadi ini, mulai hindari kebiasaan yang memicu asam lambung naik. Perbaiki pola makan dan terapkan kebiasaan hidup lebih sehat.

Soda

Soda dapat menimbulkan erosi pada lapisan terluar gigi. Ini penyebab gigi ngilu yang sering terjadi, membuatnya lebih sensitif dan mudah ngilu. Erosi ini menyebakan pengikisan yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan gigi berlubang.

Jika kamu ingin tetap mengonsumsi minuman bersoda, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Minum soda dengan cepat dan berkumur setelahnya dapat mencegah pengikisan enamel gigi yang menyebakan gigi sensitif.

Penurunan Gusi

Gusi adalah jaringan berwarna merah muda yang menutupi tulang dan mengelilingi akar gigi untuk membantu melindungi ujung saraf gigi. Seiring bertambahnya usia, jaringan gusi sering mulai mengalami penurunan atau yang disebut resesi gusi.

Resesi ini membuat akar gigi terekspos, sehingga Anda lebih rentan terhadap penyakit gusi dan infeksi gigi. Jika gigi Anda tiba-tiba terasa lebih sensitif daripada sebelumnya, resesi gusilah yang berperan menjadi penyebab gigi ngilu.

4 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Menggertak Gigi

Sering menggemeretakkan gigi merupakan penyebab gigi ngilu yang sering terjadi dan dapat menjadikannya ngilu berkepanjangan. Menggemeretakkan gigi bisa merusak enamel dan mengganggu dentin, atau lapisan tengah gigi, yang berisi tabung berlubang yang mengarah ke saraf. Stres tinggi dan kurang tidur dapat meningkatkan kebiasaan menggemeretakkan gigi.

Pemutih Gigi

Banyak produsen menambahkan bahan kimia pemutih gigi ke formula pasta gigi. Beberapa orang bisa lebih sensitif pada bahan ini. Bahan pemutih tak hanya ditemukan pada pasta gigi, tetapi strip pemutih atau lainnya.

Produk ini merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Rasa sakit pada gigi yang disebabkan oleh pemutihan gigi seringkali bersifat sementara dan biasanya akan mereda jika berhenti menggunakannya. Menghindari pemakaiannya lebih dianjurkan.

Tambalan Gigi

Penyebab gigi ngilu yang sering terjadi dan tak disadari yaitu rusaknya tambalan gigi. Pada umumnya, seseorang yang tambalan giginya rusak akan merasakan ngilu pada gigi di satu area.

Area tersebut biasanya di sekitar tambalan gigi yang rusak tersebut. Apabila tambalan gigi Anda rusak, maka segeralah untuk ke dokter gigi. Jangan membiarkan tambalan rusak tersebut karena dapat memicu infeksi hingga membuat masalah yang lebih serius.

5 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Es Batu

Bagi sebagian orang, mengunyah es batu adalah cara ampuh mengatasi dehidrasi atau rasa pedas. Namun, melakukannya terlalu sering dapat menjadi penyebab gigi ngilu.

Seiring berjalannya waktu, mengunyah es batu bisa mengikis enamel gigi. Ketika enamel terkikis, gigi bisa menjadi sangat sensitif terhadap zat panas dan dingin.

Asam

Makanan dan minuman bersifat asam seperti jus jeruk, tomat, buah dan yogurt merupakan penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Jika jalur saraf terpapar makanan asam, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ngilu.

Paparan yang sering terhadap makanan asam dapat mengikis enamel. Ini menyebakan gigi menjadi lebih sensitif. Mengonsumsi makanan asam dalam jangka panjang juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Pada tahap awal, kerusakan ini bisa saja hanya di sisi atau puncak email gigi tanpa diketahui selama beberapa waktu. Namun, setelah pembusukan mulai berkembang menjadi infeksi, Anda mungkin mulai mengalami rasa sakit pada gigi.

6 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Sikat Gigi Salah

Menggunakan jenis sikat gigi yang salah merupakan penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Menggunakan sikat gigi yang kasar dapat merusak lapisan pelindung gigi. Solusi paling sederhana adalah beralih ke sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut. Pastikan juga untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Penumpukan Plak

Penumpukan plak yang berlebihan dapat menyebabkan enamel gigi aus. Penumpukan ini merupakan penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Ini karena gigi kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel.

Plak tidak hanya menggerogoti gigi tetapi juga gusi yang menyebabkan sensitivitas pada keduanya. Untuk mengurangi penumpukan plak, lakukan rutinitas perawatan mulut yang baik yang meliputi penyikatan dan flossing secara menyeluruh.

Enamel Terkikis

Adanya hipersensitivitas dentin menyebabkan mereka yang mengalaminya merasa tidak nyaman ketika makan atau minum. Kepekaan semacam ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang sangat asam atau menyikat gigi terlalu keras.

Penyebab gigi ngilu yang sering terjadi ini membuat enamel yang melapisi dan melindungi gigi terkikis sedikit demi sedikit. Hal ini tentu dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan menusuk, terutama saat menggigit makanan.

 

7 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Terjadi

Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis akan membuat kamu berisiko lebih tinggi memiliki gigi berlubang. Bakteri penyebab gigi berlubang akan menikmati sisa-sisa makanan dan menghasilkan asam yang mengikis lapisan luar gigi. Kondisi ini dapat makin parah jika kamu tidak rutin membersihkan gigi dan merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering terjadi.

Tusuk Gigi

Tusuk gigi sering digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Sayangnya, jika digunakan tidak dengan sangat hati-hati, tusuk gigi justru dapat melukai jaringan gusi yang menyebabkan penurunan gusi.

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab gigi ngilu yang sering terjadi. Kebiasaan tersebut dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada gigi, sehingga lapisan enamel berpotensi mengalami kerusakan.

Infeksi Gusi

Penyakit gusi atau disebut penyakit periodontal dapat menyerang lebih dari 47 persen orang dewasa di atas usia 30 tahun. Pada tahap awal, penyakit ini disebut gingivitis.

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa mereka menderita kondisi ini. Munculnya gigi dan gusi yang sensitif tersebut bisa menjadi tanda adanya penyakit gusi.

Obat Kumur

Obat kumur biasanya digunakan sesudah menggosok gigi. Pada umumnya, penggunaan obat kumur bertujuan agar gigi lebih bersih. Tetapi, penggunaan obat kumur secara berlebihan tidak baik dilakukan dan merupakan penyebab gigi ngilu yang sering terjadi.

Menggunakan obat kumur secara berlebihan dapat membuat gigi menjadi sensitif sehingga dapat memicu terjadinya ngilu pada gigi. Apabila Anda ingin menggunakan obat kumur, hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol dan bersifat asam. Selain itu, ikuti petunjuk penggunaan atau saran dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.